Review Pemilik: Jual Toyota Innova dan Beli Suzuki XL7, "Meski Pengendaraannya Biasa Saja, Namun Hemat BBM dan Nyaman!"

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Suzuki XL7, dan artikel ini dari situs Vietnam, ini tidak mencerminkan pendapat AutoFun.

Hardi


Dibanding Toyota Innova 2012 yang pernah dia miliki, Pak Hardi menilai Suzuki XL7 baru memiliki fitur lebih canggih dalam berbagai aspek, kecuali mesinnya.

Pak Hardi yang seorang freelancer baru saja memiliki Suzuki XL7 dan telah menyelesaikan perjalanan panjang bersama dengan mobil ini. Pak Hardi bahkan menghabiskan 8 hari 7 malam dengan total jarak 3.333 km dengan mobil Suzuki XL7-nya ini. Dengan pengalamannya kali ini, Pak Hardi dapat menilai dan membandingkan mobil Suzuki XL7 dengan Toyota Innova yang dia pakai sebelumnya.

Q1: Halo, Pak Hardi. Sangat gembira Anda menerima wawancara kami. Kami tahu Anda memiliki Suzuki XL7, apakah ini merupakan mobil pertama Anda?

Bukan. Sejak dulu, saya dan keluarga dapat kesempatan mengendarai berbagai tipe mobil, mulai sedan, MPV, Pick-up seperti Chevrolet Captiva, Nissan Sunny, Ford Ranger Wildtrak, Hyundai Accent, dan Toyota Innova. Setiap mobil yang saya pakai, hanya untuk jangka waktu tertentu dan semuanya memiliki pengalaman yang cukup menarik. Sekarang mobil saya adalah Suzuki XL7 ini.

Q2: Sebelumnya Anda pakai Toyota Innova. Mengapa Anda beralih ke Suzuki XL7? 

Saat pertama kali lihat Suzuki XL7, saya langsung terkesan dengan mobil ini karena tampilannya yang tangguh ala SUV. Gaya desain baru Suzuki XL7 juga masih cocok untuk wanita. Ini menunjukkan pragmatisme orang Jepang.

Selain itu, meskipun ukurannya tidak terlalu besar, namun Suzuki XL7 tetap menjamin ruang interior yang lapang dengan tata letak kabin yang wajar, kepraktisannya juga baik. Selain itu desain keseluruhan di dalam mobil cukup harmonis dan keren.

Sebelum membeli mobil ini, saya sempat berkonsultasi mengenai mesinnya. Meskipun saya tahu bahwa mesin 1.5L itu kurang kuat, tetapi saya merasa itu masih cocok karena saya tidak akan mengendarai mobil seperti anak muda yang gemar ngebut. Jadi, menurut saya Suzuki XL7 itu cukup praktis. Tentu saja, apabila dibekali dengan mesin yang jauh lebih kuat dan nyaman untuk dikendarai, ini akan jauh lebih bagus. Meskipun itu akan menaikkan biaya bahan bakar dan juga harga mobil, namun hal itu masih bisa diterima.

Mengenai Toyota Innova, usia mobil itu sudah tua. Mobil itu sudah saya beli sejak tahun 2012, jadi saya ingin mengganti ke mobil yang lebih baru.

Q3: Untuk kebutuhan apa Anda membeli Suzuki XL7? Seberapa sering pakainya?

Saya membeli Suzuki XL7 terutama untuk kegiatan sehari-hari saya bekerja di dalam kota dan mengantar anak-anak saya ke sekolah. Kadang-kadang saya memakainya untuk perjalanan jauh dengan keluarga saya dan terakhir perjalanan menghabiskan waktu 8 hari 7 malam dengan menempuh jarak 3.333 km pergi-pulang.

Q4: Setelah menempuh perjalanan yang begitu jauh, Anda semakin mengerti mengenai mobil ini, terutama tentang kekurangan dari Suzuki XL7 yang Anda katakan mesinnya kurang kuat. Jadi bagaimana Anda menilai performa dan kenyamanan Suzuki XL7 selama perjalanan terakhir?

Saya adalah orang yang suka mengeksplorasi dan mengalami hal-hal baru, jadi saya suka bepergian. Apalagi perjalanan dengan mobil juga menarik, memiliki pengalaman yang tak terlupakan. Hal ini juga membuat saya lebih mengenal Suzuki XL7 ini.

Memang benar, saat menempuh jarak jauh, Suzuki XL7 masih memiliki kekurangan. Suzuki XL7 tidak memiliki fitur cruise control, sehingga cukup melelahkan saat melakukan perjalanan jarak jauh. Kadang-kadang saat jalan kosong, saya ingin "sedikit" istirahat untuk mengurangi kelelahan, tetapi mobil ini tidak memiliki cruise control, sehingga saya harus terus menginjak pedal gas seperti biasa.

Selain itu, karena performanya yang juga kurang kuat, dengan mobil ini terasa sulit untuk menyalip mobil pada kecepatan 50-70 km/jam di jalu luar kota. Rasanya sungguh tidak nyaman, apalagi jika ada mobil yang lebih pelan di depan. Dalam hal ini, Toyota Innova 2012 lama yang saya sudah pakai 9 tahun masih terasa lebih baik dari Suzuki XL7 untuk menyalip mobil lain pada kecepatan yang sama. 

Namun dalam hal lain, Suzuki XL7 cukup stabil, setir memiliki feedback yang baik. Apalagi mobil ini juga memiliki tambahan fitur Electronic Stability Control, sehingga saat menikung lebih aman dibandingkan Toyota Innova lama.

Saat mengemudi Suzuki XL7 di jalanan pegunungan, Suzuki XL7 memiliki fitur overdrive yang membantu mobil berjalan di gear lebih rendah untuk dorongan yang lebih baik. Suzuki XL7 cukup baik meskipun harus berjalan di gear rendah, bahkan masih bisa mendaki dengan penumpang penuh, walaupun suara mesinnya terdengar cukup keras.

Q5: Jadi, menurut Anda Suzuki XL7 lebih lemah dibandingkan dengan Toyota Innova, namun terasa lebih aman. Apakah Anda dapat menyebutkan kelebihan dan kekurangan lain dari Suzuki XL7 dibandingkan dengan Toyota Innova 2012 yang Anda pakai sebelumnya?

Kelebihan paling jelas dari Suzuki XL7 adalah harga barunya yang jauh lebih murah. Desain mobil ini lebih cantik dan lebih praktis dibandingkan dengan Toyota Innova. Selain itu, mobil ini juga menambahkan sejumlah fitur keselamatan, yang menenangkan.

Dalam hal peredaman suara, Suzuki XL7 juga mengungguli Toyota Innova. Saya sangat menyukai hal ini pada Suzuki XL7.

Selain itu, konsumsi bahan bakar Suzuki XL7 jauh lebih irit dibandingkan Toyota Innova. Mesinnya lebih kecil sehingga lebih irit. Menurut pengamatan saya, saya menemukan bahwa Toyota Innova sejauh ini masih menggunakan mesin lama, meskipun teknologinya semakin baik, namun masih sulit untuk dapat sehemat Suzuki XL7.

Dalam hal kenyamanan, Suzuki XL7 memiliki semua yang saya butuhkan. Mulai dari head unit dengan layar besar, koneksi yang luas, pengaturan AC otomatis, serta 7 kursi yang besar. Dibandingkan Toyota Innova, Suzuki XL7 tidak kalah dalam hal kenyamanan.

Secara umum Suzuki XL7 merupakan mobil yang murah, cantik, praktis, dan lapang, walaupun harus mengorbankan performa. Memang rasanya tidak mungkin ada mobil yang memenuhi 3 kriteria: "keren, kuat, dan murah". Yang terpenting adalah apakah mobil tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak. Suzuki XL7 memenuhi kebutuhan keluarga saya dan juga diri saya sendiri dengan baik, jadi tidak banyak yang bisa dikeluhkan tentang mobil ini.

Terima kasih telah berbagi Pak Hardi! Semoga Anda dapat terus menikmati perjalanan bersama Suzuki XL7.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Saya dan mobil saya. Kolom ini menerbitkan cerita tentang review pemilik dari penggemar mobil kami. Apakah Anda ingin berbagi...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki XL7

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0

Rp 243,00 Juta
Rp 4,95 Juta/bln

14.811 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE GR 1.0

Rp 234,00 Juta
Rp 4,77 Juta/bln

16.422 km

2 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota KIJANG INNOVA V 2.0

Rp 390,00 Juta
Rp 7,95 Juta/bln

10.962 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Suzuki XL7 Pesaing Xpander Cross yang Sekarang Jadi Hybrid!

Is the SUZUKI XL7 just a muscular ERTIGA? Full REVIEW and DRIVE IMPRESSIONS!!

Kijang Innova Elektrik Akhirnya Mobil Wajib Orang Kaya Butuh Colokan Listrik

Toyota Kijang Innova 50th Limited Edition, Bakal Jadi Barang Langka

Pesaing Kijang innova ! Mobil MPV Keluarga Mewah serasa Toyota Alphard Kia carnival 2021

FORD RANGER FX4 FULL REVIEW AND DRIVE IMPRESSIONS!

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    XL7 vs Rush
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    XL7 vs Raize
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    XL7 vs Almaz
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    XL7 vs Terios
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    XL7 vs Rocky
Suzuki XL7
Lihat