Harga Toyota Fortuner Bensin 2005 Kemahalan? Suzuki XL-7 Gen 1 Cuma Rp70 Jutaan

Jauh sebelum Suzuki Indomobil Sales merilis XL7 pada tahun 2020 lalu, pihaknya sempat merilis SUV yang namanya mirip di tahun 2003. Ya, mobil dengan nama XL-7 ini adalah SUV yang cukup berbeda dengan XL7 sekarang. Berbekal mesin V6, Suzuki XL-7 bisa kalian jadikan alternatif SUV 7-seater yang terjangkau daripada beli Toyota Fortuner bensin generasi pertama.

Apa sebabnya? Ini karena harga bekas dari Suzuki XL-7 relatif terjangkau, berkisar antara Rp70-90 jutaan. Bandingkan dengan Toyota Fortuner bensin 2.7 generasi pertama, harganya cukup stabil pada kisaran Rp130-160 jutaan. Artinya, dengan harga yang nyaris separuhnya, kita bisa tetap memiliki SUV medium 7-seater.

Baca juga:

Harga Cuma Beda Sejutaan, Mending Beli Suzuki XL7 Alpha AT Daripada Honda BR-V S MT 2022

Mobil Matic vs Manual Suzuki XL7, Mana yang Lebih Murah Biaya Perawatannya?

Selain Suzuki XL-7, Ini Mobil Suzuki Penggerak RWD Lainnya yang ada di Indonesia

Bicara spesifikasi keduanya pun ada kemiripan dari sisi output tenaga dan sama-sama memakai penggerak roda belakang. Mesin Suzuki XL-7 sanggup memproduksi daya 160 ps sedangkan Fortuner 2.7 mampu mengeluarkan tenaga maksimal mencapai 158 PS. 

Dengan kubikasi yang lebih kecil, tenaga dari Suzuki XL-7 2.5 liter ini beda tipis dengan Fortuner 2.7 liter. Konfigurasi mesin V6 di XL-7 membuat produksi daya lebih optimal. Itu saja kelebihannya? 

Oh tentu tidak dong, kali ini kita akan membahas sosok Suzuki XL-7 ini, yang sejatinya merupakan Suzuki Vitara/Grand Escudo versi long chassis. 

Beda Konsep Antara Suzuki XL7 2021 dan Suzuki XL-7 2003

Suzuki XL-7 masuk dalam kategori Medium SUV.Mobil ini sebenarnya merupakan versi panjang dari Suzuki Vitara atau Suzuki Escudo generasi kedua (FT/GT) dan sudah ada sejak 1998. Dimensinya lebih panjang sekitar 45 cm dibanding Suzuki Vitara/Grand Escudo, sehingga bisa mengakomodasi untuk 3 baris kursi. 

Dimensi Suzuki XL-7 mencapai 4.575 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.740 mm. Ukurannya jelas lebih besar daripada Suzuki XL7 modern yang pakai basis Ertiga dengan dimensi panjang 4.445 mm, lebar 1.775 mm, dan tinggi 1.700 mm.

Agak disayangkan karena populasi Suzuki Grand Escudo XL-7 ini relatif sedikit dibandingkan Suzuki Grand Escudo/Vitara biasa. Alasannya tak lain karena mesin besar yang dinilai cukup boros sehingga membuat mobil ini tak banyak yang meminatinya. Bila melihat sejarahnya, Suzuki XL-7 ini secara global dihadirkan sebagai penantang dari Mitsubishi Pajero bermesin V6 3.0 liter. 

Namun, Suzuki Grand Escudo XL-7 baru dirilis di Indonesia pada 19 Juli 2003 dalam acara 12th Gaikindo Auto Expo yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat. Jadi, ada selisih sekitar 5 tahunan dari peluncuran unit pre facelift di global dan versi facelift yang akhirnya masuk Indonesia. 

Kiprah Suzuki Grand Escudo XL-7 ini cukup singkat karena kurang laris di Indonesia, cuma dijual sampai 2006 saja. 

Mesin Gahar Suzuki XL-7 Generasi Pertama, Paling Besar Hingga Sekarang

Suzuki Grand Escudo XL-7 di Indonesia memakai kode H25A, yaitu V6 2.493 cc DOHC Multi Point Injection. Tenaga yang dihasilkan 160 PS pada putaran 6.500 rpm serta torsi maksimal 213 Nm pada 3.500 rpm. Semuanya disalurkan ke roda belakang melalui pilihan transmisi otomatis 4-percepatan atau manual 5-percepatan.

Mesin ini cuma untuk pasar Indonesia, karena untuk Vitara/Escudo long chassis di negara lain memakai mesin dengan kode H27A alias V6 2.700 cc. 

Bicara efisiensi bahan bakar dari Suzuki XL-7 ini juga bukan jadi nilai plus.  Konsumsi bahan bakar dalam kota berkisar antara 5-7 km/liter dan berkendara luar kota kisaran 8-10 km/liter. Benar-benar jadi sahabat Pertamina! 

suspensi Suzuki Grand Escudo XL-7 menggunakan McPherson strut & coil spring (depan) dan 5-link coil rigid axle (belakang). Velg yang digunakan yaitu alloy berdiameter 16 inci yang dibalut ban 235/60R16. Kombinasi tadi membuat ayunan suspensi Suzuki Grand Escudo XL-7 tergolong empuk alias ayunan suspensinya lembut.

Itu tadi soal kedigdayaan mesinnya, bagaimana dengan fitur dan kondisi interior Suzuki XL-7 ini? Apakah cukup mewah bila dibandingkan dengan Fortuner 2.7 yang lebih muda? 

Berusia Sekitar 17 Tahun, Interior dan Fitur Suzuki XL-7 Nggak Ketinggalan Zaman

Kita patut apresiasi pada Suzuki yang cukup totalitas dalam menggarap tipe flagshipnya ini. Sebab, dengan usia mobil menginjak 17 tahun penampilan interiornya belum terkesan kuno. 

Mungkin kalah stylish dengan model yang hadir setelahnya, tapi Suzuki XL-7 tetap memiliki wibawa tersendiri. Terdapat garnish dengan wood panel di bagian dashboard dan sekeliling konsol tengah. Desain tuas transmisi otomatisnya pun tergolong modern dan masih banyak mobil keluaran terbaru yang pakai styling seperti ini. 

Hal yang kurang keren hanyalah pada pewarnaan setir dengan aksen abu-abu khas mobil 90-an. Kalau sudah cukup berumur maka sangat terlihat usang dan pudar. Padahal kalau pakai warna hitam dengan paduan wood panel akan lebih terasa kesan mahal.

Fitur hiburannya juga mulai ketinggalan zaman karena masih memakai head unit 2DIN biasa dengan koneksi aux, bukan layar sentuh seperti mobil kekinian. Kamu cuma bisa memutar radio dan CD untuk menemani perjalanan. 

Itulah mengapa banyak pemilik atau pengguna XL-7 lantas mengganti dengan head unit layar sentuh aftermarket supaya makin berkelas. Hal ini tak lepas karena interiornya dilengkapi 4 speaker yang tersebar di dalam mobil. 

Interior Suzuki XL-7 cukup cozy dan nyaman dengan aksen krem sebagai warna utama pada door trim dan jok kulit. Karena konsepnya sebagai mobil kelas atas maka XL-7 sudah menyediakan 3 buah power socket 12V.

Toyota Fortuner 2.7, Cocok Jadi Land Cruiser Versi Lite?

Beberapa waktu lalu kita pernah membahas sosok Toyota Fortuner bensin 2.7 sehingga kali ini kita hanya akan membandingkan beberapa poin yang jadi keunggulannya. 

Toyota Fortuner dibekali mesin berkapasitas 2.7 liter yang sudah terkenal ketangguhannya. Untuk pengembangannya, Fortuner menggunakan platform pick up Toyota Hilux. Dengan basis platform IMV, maka membuat Fortuner ini memiliki DNA off road yang kuat.

Memakai basis 'mobil tambang', Fortuner bensin dibekali mesin berkode 2TR-FE dikenal minim masalah dan punya reputasi sebagai mesin badak. Mesin berkubikasi 2.694 cc tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 158 Ps dan torsi puncaknya adalah 241 Nm. Tenaganya kalah dari Suzuki XL-7 karena mesinnya inline 4-silinder. 

Transmisi yang digunakannya menggunakan transmisi otomatis konvensional 4 percepatan dengan torque converter. Transmisi buatan Aisin Warner berkode AW30-43LS terkenal tangguh dan tahan disiksa. 

Kelebihan Toyota Fortuner 2.7, Interior Mewah Walau Fiturnya Belum Terlalu Modern

Untuk ukuran mobil lawas, Fortuner sebenarnya masih cukup modern. Bahkan fiturnya bisa kita bilang canggih pada saat mobil ini baru meluncur. Terdapat head unit 2DIN yang dulu jadi barang mewah khas tahun 2000-an. 

Head unit bawaannya serupa dengan yang digunakan oleh Suzuki XL-7 yaitu masih berupa radio dan cd player. Memang, kalau sekarang ketinggalan zaman. 

Hal menarik lainnya yaitu pengaturan AC nya sudah menggunakan sistem digital. Belum banyak mobil sejenis di saat itu yang pengaturannya pencet tombol. Bahkan untuk Suzuki XL-7 yang jadi alternatif model, pengaturan AC-nya masih manual dengan putar knob.

Kesimpulan

Dengan karakter tenaga yang lebih besar dan sama-sama pakai penggerak roda belakang, Suzuki XL-7 lebih unggul secara spesifikasi dibandingkan Fortuner. Kenyamanannya juga lebih oke karena Suzuki XL-7 adalah SUV monokok. 

Kelebihan dari Fortuner jelas pada platform dengan ladder frame yang lebih tangguh di medan off road. Fitur interiornya sedikit lebih unggul karena telah memakai AC digital yang tak dimiliki Suzuki XL-7. 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki XL7

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0

Rp 243,00 Juta
Rp 4,95 Juta/bln

14.811 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE GR 1.0

Rp 234,00 Juta
Rp 4,77 Juta/bln

16.422 km

2 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5

Rp 253,00 Juta
Rp 5,15 Juta/bln

14.366 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Suzuki XL7 Pesaing Xpander Cross yang Sekarang Jadi Hybrid!

Is the SUZUKI XL7 just a muscular ERTIGA? Full REVIEW and DRIVE IMPRESSIONS!!

New 2021 Toyota Fortuner facelift: more power and a new Legender variant

All New 2021 Toyota Fortuner Australia version!

ALL NEW FORTUNER 2021 Toyota - ADS

TOYOTA FORTUNER 2021 LEGENDER 2.4

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    XL7 vs Rush
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    XL7 vs Raize
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    XL7 vs Almaz
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    XL7 vs Terios
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    XL7 vs Rocky
Suzuki XL7
Lihat