First Drive Toyota GR Yaris: Sensasi Mendebarkan Saat Menjinakkan Si Hatchback Seksi Pelahap Medan Reli

Toyota GR Yaris.

Si mungil yang susah dijinakkan. Itu lah kalimat yang pantas menggambarkan Toyota GR Yaris, hatchback berperforma buas yang belum lama ini dijual di Indonesia. Bagi yang berminat, siapkan kocek Rp 850 juta untuk bisa membawa pulang mobil baru itu. 

Tapi Anda harus berkecil hati. Sebab 126 unit yang disiapkan Toyota-Astra Motor (TAM) sudah ludes dipesan. Keran pemesan resmi dibuka sejak Maret, namun karena membeludak pabrikan terpaksa menyetop para konsumen yang mau memesannya satu bulan kemudian. 

Tampak belakang Toyota GR Yaris.

Baca Juga: Cuma Datangkan 126 Unit Toyota GR Yaris, Mobil Ini Bakal Jadi Barang Langka

Sebagai solusi bisa manfaatkan importir umum untuk mendapatkannya. Itu pun kalau stok di Jepang masih ada. Sebab prinsipal memproduksi Toyota GR Yaris terbatas hanya 25 ribu unit, untuk disuplai ke seluruh dunia. Meskipun sudah ada pernyataan bakal menambah produksi lagi, tapi tidak dalam waktu singkat.

Indonesia termasuk yang istimewa karena bisa dapat jatah lebih dari 100 unit. Menurut Direktur Pemasaran PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, negara lain di Asia Tenggara hanya kebagian suplai unit di bawah 100. "Kemudian di Australia karena demand mobil ini besar, yang masuk sekitar 2.500 unit," katanya.

Harga Toyota GR Yaris di Indonesia Rp 850 juta.

Selain hadir dalam edisi terbatas, banyak yang mendambakan Toyota GR Yaris karena merupakan produk spesial. Kenapa? Karena merupakan mobil yang sengaja dihadirkan khusus bagi para pecinta Toyota, untuk merasakan sensasi dan performa Toyota Yaris yang turun di kejuaran reli dunia atau WRC

Mobil dikembangkan dan dibangun oleh Toyota Gazoo Racing, menggunakan DNA mobil reli Toyota Yaris yang dikemudikan Esapekka Lappi dan Jari Matti Latvala di WRC, sebelum sekarang menggantikan Tommi Makinen sebagai petinggi Toyota Gazoo Racing. 

Toyota GR Yaris dikembangkan dengan DNA reli.

Si Seksi yang Memikat Siapa Saja yang Melihatnya

Siapa yang tahan godaan Toyota GR Yaris yang punya lekukan bodi seksi ini. Mobil 3 pintu tersebut, khususnya pada bagian buritannya punya bentuk desain panel bodi demi aerodinamika. Atapnya dibuat menggunakan material karbon dan lebih rendah 95 mm dari Yaris biasa untuk meningkatkan daya tekan ke bawah. 

Untuk itu ada ubahan lagi pada panel pintu bagasinya. Kemudian bumper ikut direvisi. Selebihnya untuk housing lampu, cover spion, sampai antena shark tetap dipertahankan, agar tidak menghilangkan identitasnya sebagai Yaris. Namun bisa lebih dikenal sebagai Yaris yang doyan ngebut. 

Toyota GR Yaris pakai mesin 1.600, cc 3-silinder, dan berpenggerak AWD.

Secara dimensi Toyota GR Yaris punya panjang 3.995 mm, lebar 1.805 mm, tinggi 1.455 mm, dan jarak sumbu rodanya 2.560 mm. Dan ternyata meskipun pakai platform yang sama, ubahan tadi membuatnya lebih besar dari versi reguler. Termasuk ada ubahan jarak wheelbase, lebih panjang 10 mm dari Yaris biasa. 

Baca Juga: Toyota Indonesia Bakal Undi Siapa yang Beruntung Dapat GR Yaris 2021

Asiknya Menjinakkan Toyota 'WRC' GR Yaris

Saat menjajal mobil ini. Pertama kali masuk ke kabin, sebenarnya tak begitu neko-neko. Dalam artian tak dipenuhi aksen-asken nyeleneh khas mobil varian sporty. Desain dashboard pun apa adanya, tetap punya head unit layar sentuh yang menurut kami bakal kurang berfungsi karena mobil ini berorientasi pada keasyikan berkendara. 

Interior Toyota GR Yaris.

Meski begitu, identitas GR tetap bisa dilihat di beberapa bagian interior mobil. Juga ditambahkan jahitan merah biar mempertegas kesan sporty. Ada juga emblem khusus yang bertuliskan: 'GR WRC Designed For FIA World Rally Championship'. Nah begitu duduk di jok Toyota GR Yaris, desain kursinya dibuat bucket seat layaknya mobil balap. Tapi tetap empuk agar kenyamanan terjaga. Sandaran sampingnya juga sukses menahan paha dan lengan tetap pada posisi.

Desain lingkar kemudi Toyota GR Yaris.

Panel meter mobil juga kombinasi analog dan digital. Khususnya pada cluster speedometer, kami suka angka kecepatannya yang banyak. Sehingga DNA mobil balapnya makin berasa. Ditambah pedalnya dipasangkan plate krom. 

Oh iya, Toyota GR Yaris ini hanya diproduksi dalam versi transmisi manual. Di belakangnya ada tuas rem tangan, jadi kalau mau diajak ngepot-ngepotan di lintasan bukan perkara yang sulit... khususnya bagi yang sudah mahir melakukannya.  

Dalam kondisi idling, raungan mesin 1.600 cc turbo yang dihasilkan dari knalpot khusus tak begitu masuk ke kabin mobil. Namun saat gas diinjak dalam nih, letupan suara knalpotnya terdengar. Sejurus kemudian suaranya langsung memecah keheningan kabin.

Speedometer Toyota GR Yaris masih tampil konvensional

Profil mesin Toyota GR Yaris berkapasitas isi silinder 1.618 cc, berkonfigurasi 3-silinder segaris, DOHC 4-katup, dengan turbocharger. Di atas kertas menjanjikan tenaga hingga 261 PS pada 6.500 rpm dan torsi puncak 360 Nm yang diraih pada putaran mesin 3.000 hingga 4.600 rpm. 

Penyaluran tenaganya menggunakan semua penggerak roda alias all wheel drive (AWD). Melihat output mesinnya tergolong buas, melebihi kemampuan Peugeot 208 GT dan Ford Fiesta ST. Jadi sudah barang tentu, butuh kemampuan ekstra buat menjinakkan hatchback berperforma ini. Lalu sebuas apa? 

Emblem spesial di Toyota GR Yaris.

Pertama dari feeling kopling, yang ternyata menurut kami keras. Entah mungkin unit yang kami gunakan memang diatur sedemikian rupa. Alhasil untuk melepasnya harus dilakukan perlahan supaya distribusi tenaga mesin Toyota GR Yaris tidak terputus. 

Dan benar saja. Beberapa tester yang terdiri dari awak media dan vlogger, saat menjajalnya beberapa waktu lalu di arena drifting Edutown BSD, Tangerang, tampak mengalami mesin mati. "Memang begitu karakternya, jadi harus lembut mengemudikannya," ujar pebalap Toyota Team Indonesia (TTI), Demas Agil.

Toyota GR Yaris yang masuk ke Indonesia melalui TAM hanya 126 unit.

Sayangnya lintasan uji coba tak terlalu panjang sehingga baru berjalan sekitar 60 meter, dan baru ganti gigi ke 2, kami harus berbelok U, karena memang arenanya yang terbatas. Pada beberapa tikungan U, kami diperbolehkan memelintir si Toyota GR Yaris, namun apa daya, rasanya sulit membuang buritan si mobil. 

Padahal pada sistem penggeraknya terdapat teknologi untuk memutus tenaga saat rem tangan ditarik, persis seperti di reli supaya mobil bisa ngepot. Tapi tetap sulit dilakukan. Kemungkinan karena belum beradaptasi dengan mobil. Maklum baru pertama kali menjajalnya.

Toyota GR Yaris bersaing dengan Ford Fiesta ST atau Peugeot 208 GT.

Pengetesan kemudian dilakukan pada lintasan lurus sekitar sekitar 100 meter. Nah di sini kami coba pacu Toyota GR Yaris. Akselerasinya instan dan responsif, gas dinjak sedikit langsung ngacir. Pantas saja lari mobil reli semuanya gesit. 

Walaupun kencan kami dengan terbilang singkat, gala test drive ini bisa sedikit membuktikan bagaimana performa mobil reli yang sesungguhnya dalam bentuk legal street. Sebab selain menjajalnya langsung, kami juga diajak merasakan handlingnya kala mobil dibawa drift oleh para pebalap TTI. Hasilnya meksipun dalam keadaan standar pabrikan, mobil ini mampu menari indah membuat lintasan trek membara karena asap dari gesekan ban. 

Toyota GR Yaris punya lekuk bodi yang 'seksi'.

Bila ada kesempatan pengetesan yang lebih komprehensif dan lengkap, kami akan ulas lagi bagaimana performa asli dari Toyota GR Yaris, si mungil yang susah dijinakkan.  

Baca Juga: Galeri Foto: Pembuktian Kelincahan Toyota GR Yaris Di Lintasan Drifting Edutown Arena

 

 

 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota GR Yaris

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 178,00 Juta
Rp 3,63 Juta/bln

5.503 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 149,00 Juta
Rp 3,04 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 152,00 Juta
Rp 3,10 Juta/bln

15.855 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

16.096 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Nyoba TSS Paket Lengkap di Mobil Manual | Tes Drive GR Yaris Dalam Kota

Nyoba TSS Paket Lengkap di Mobil Manual Tes Drive GR Yaris Dalam Kota

Ngulik Hal Unik di GR Yaris, Gak Bakal Nemu di Toyota Lokal

Balapan Pake GR Yaris di Sirkuit Test Drive

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil
Toyota GR Yaris
Lihat