window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mengenal Toyota All New Corolla Cross Hybrid

Dhoni · 20 Sep, 2020 12:00

Seperti yang telah diketahui, Toyota All New Corolla Cross hadir dalam dua pilihan yakni All New Corolla Cross 1.8 versi Gasoline dan All New Corolla Cross Hybrid Electric Vehicle (HEV). Khusus untuk All New Corolla Hybrid Electric Vehicle (HEV) sebagai produk yang telah menggunakan teknologi elektrifikasi, merupakan produk ke 7 dalam keluarga Toyota di Indonesia.

Mengenal Toyota All New Corolla Cross Hybrid 01

Kelebihan All New Corolla Cross Hybrid

Kehadiran Toyota HEV diawali melalui produk Toyota Prius HEV yang dilanjutkan Camry HEV, Alphard HEV, Corolla Altis HEV, C-HR HEV, dan Prius PHEV. Teknologi HEV tentunya ramah lingkungan, tercatat emisi gas buang yang dihasilkan Toyota All New Corolla Cross Hybrid hanya 98g/km. Lebih rendah 52g/km dari versi bensin.

HEV merupakan kendaraan dengan menggunakan dua tenaga yang berasal dari mesin berbahan bakar bensin dan motor listrik sehingga lebih efisien. Saat kendaraan bergerak dalam Mode EV (Electric Vehicle), bensin tidak akan terkonsumsi setetes pun. Tanpa gas buang, maka membuat kendaraan HEV lebih ramah lingkungan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Teknologi HEV dari Toyota pun telah teruji pada 2014 dengan menjuarai Kejuaraan Ketahanan Dunia FIA.

Performa All New Corolla  Cross Hybrid

Toyota All New Corolla Cross Hybrid yang masuk dalam segmen SUV  mengandalkan mesin HEV dengan kode 2ZR-FXE. Mesin 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i berkapasitas 1.798 cc sanggup menghasilkan power maksimum yang dapat mencapai 98 Ps dan torsi 14,5 Kgm.

Mengenal Toyota All New Corolla Cross Hybrid 01

Sementara tenaga dari motor listrik pada All New Corolla Cross HEV memiliki tenaga maksimal mencapai 72 Ps dengan torsi sebesar 16,6 Kgm. Power unit ini lebih efisien dan emisi CO2-nya juga lebih rendah dari varian bermesin bensin. Secara total power yang dihasilkan 170 Ps dengan torsi mencapai 305 Nm.

Mesin HEV berkode 2ZR-FXE memiliki rasio kompresi lebih besar yakni 13:1, rasio kompresi ini membuat ruang bakar lebih sempit sehingga konsumsi bahan bakar lebih ekonomis. Dari hasil uji coba versi New European Driving Cycle, Toyota All New Corolla Cross Hybrid mengkonsumsi bahan bakar a liter untuk menempuh jarak 23,25 kilometer.

Konsumsi bahan bakar yang irit tentu menjadi benefit bagi pengendara, namun performa yang dihasilkan tidak kalah dengan varian bermesin bensin. Bahkan sanggup menggungguli pesaingnya.

Khusus pada All New Corolla Cross HEV, pengemudi dapat memilih mode dalam berkendara atau advanced drive mode sehingga gaya mengemudi dapat disesuaikan seperti ECO, Sport atau EV.

Interior Elegan dan Mewah

Kesan mewah dan elegan terlihat pada interior All New Corolla Cross, beragam fitur tersedia dalam kabin seperti steering switch, AC digital dual zone, panel instrumen disandingkan dengan MID 4,2 inchi, head unit 9 inchi IPS display dilengkapi sarana radio, Bluetooth, NFC, Miracast, dan voice command, moonroof, dan rain sensor di balik kaca depan yang membuat wiper bekerja secara otomatis.

Mengenal Toyota All New Corolla Cross Hybrid 02

Pada konsol tengah terdapat illuminating console yang menawan, lingkar kemudi berdisain elegan dengan terdapat dengan berbagai tombol untuk mengatur entertaiment dan lainnya. Pada Toyota All New Corolla Cross telah mengadopsi sistem AC dual zone dengan fungsi otomatis.

Disain kabin Toyota All New Corolla Cross yang dapat menampung lima penumpang, memiliki ruang yang luas. Pergerakan kaki sangat bebas begitu pula dengan ruang kepala terasa begitu luas. Tercatat bagian head clearance sejauh 105 mm di depan dan 87 mm di belakang

Pengaturan posisi duduk tersedia dalam mode electric 6 arah menjadi poin tambahan bagi mobil seharga 497,8 juta yang didatangkan secara utuh atau CBU dari Thailand.

Ekterior Elegan & Agresif

Tongkrongan Toyota All New Corolla Cross terlihat elegan dan agresif dalam melakukan manuver. Memiliki radius putar 5,2 meter untuk mobil berdimensi 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm serta ground clearance setinggi 165 mm.

All New Corolla Cross Hybrid menggunakan Toyota New Global Architecture C-segment (TNGA-C) dengan tujuan membuat sasis Corolla Cross lebih rigid serta memberikan peredaman sistem suspensi yang lebih empuk.

Mengenal Toyota All New Corolla Cross Hybrid 03

Pada tipe Hybrid telah menggunakan disain sharp headlamp dengan bentuk lebih ramping dan aksen biru di bawah lampu.

Automatic power back door yang dilengkapi kick sensor, fitur satu ini dapat membantu pengemudi maupun penumpang membuka pintu belakang tanpa harus menyentuh handle. Cukup posisikan kaki di bawah sensor maka pintu akan terbuka secara otomatis sehingga mempermudah saat tangan membawa barang.

Khusus All New Corolla Cross hybrid menggunakan lampu utama berupa sharp headlamp design dengan bentuk lebih ramping dan terdapat aksen biru tepat di bawah lampu. Tambahan lainnya yaitu smart entry untuk buka-tutup pintu mobil tanpa perlu menyentuh kunci dan auto fold mirror.

Mengenal Toyota All New Corolla Cross Hybrid 04

Pengemudi maupun penumpang dapat merasakan suasana yang luas berkat pandangan yang tak terbatas ke bagian luar kendaraan berkat fitur power moonroof. Desain gril depan tampak tebal berbentuk double trapezoid pada kisi-kisinya. Ada juga rain sensor, lampu kabut dengan LED membuat pandangan pengemudi lebih terang ke depan. Lalu terpasang pelek dua warna berukuran 18 inci.

Keselamatan Prioritas Utama

Keselamatan dan keamanan pengemudi maupun penumpang dipastikan menjadi prioritas utama oleh Toyota. Fitur keselamatan aktif dan pasif yang terdapat di Toyota All New Corolla Cross meliputi rem ABS+EBD, 3 point seatbelt with pretensioner and force limiter, 7airbags, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS).

Mengenal Toyota All New Corolla Cross Hybrid 05

Untuk memberikan kenyamanan dalam berkendara, Toyota All New Corolla Cross telah disematkan sensor parkir di depan dan belakang hingga kamera parkir di belakang serta ditambah immobilizer dan alarm.

Kesimpulan

Dengan berbagai fitur andalan hingga penggunaan platform Toyota New Global Architecture C-segment (TNGA-C), tentu menjadi kelebihan pengguna untuk melibas berbagai medan di perkotaan maupun jalan di pedesaan.

Dengan konsumsi bahan bakar yang irit dan memiliki gas buang rendah, Toyota All New Corolla Cross Hybrid layak menjadi kendaraan keluarga. Terlebih sistem keselamatan yang menjadi bagian prioritas, nyaman tanpa melupakan unsur keamanan

 

 

 

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Corolla Cross Hybrid GR Sport 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil