window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Daftar Mobil Baru Honda 2021, Mampukah Honda Kembalikan Reputasi CR-V Dari Gempuran Merek China?

Yongki Sanjaya · 4 Nov, 2020 18:00

Daftar Mobil Baru Honda 2021, Mampukah Honda Kembalikan Reputasi CR-V Dari Gempuran Merek China? 01

Honda CR-V tinggal menunggu waktu peluncuran pada 2021 mendatang.

Pandemi Covid-19 menyebar luas di Indonesia, sejak bulan Maret 2020. Semenjak adanya pandemi, Honda sama sekali belum meluncurkan mobil baru. Padahal, merek-merek lainnya telah memperkenalkan mobil baru secara online melalui tayangan streaming.

Dari sekian banyak model, isu yang paling santer berhembus ialah soal Honda Jazz generasi terbaru. Hatchback ini sudah melakoni debut di Tokyo Motor Show yang kemudian hadir di Singapura. Selain itu, ada juga Honda City dan New Honda CR-V yang sudah meluncur di beberapa negara tetangga.

Hampir setahun terakhir, Honda terlihat adem ayem tanpa peluncuran produk. Padahal, merek lain begitu gencar merilis model baru secara online. Bukan tidak mungkin, tahun depan Honda membalas dengan sporadis melalui peluncuran banyak model untuk kembali merebut hegemoninya.

Artikel ini sifatnya masih dugaan atau prediksi saja. Untuk peluncuran mobil baru tahun 2021, Honda masih akan melihat permintaan pasar otomotif di Indonesia. Berikut ini adalah prediksi mobil baru Honda yang akan meluncur tahun 2021 mendatang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Prediksi Mobil Baru Honda: Honda City 2021 dengan Honda Sensing

Daftar Mobil Baru Honda 2021, Mampukah Honda Kembalikan Reputasi CR-V Dari Gempuran Merek China? 01

Honda City untuk pertama kalinya di dunia didukung fitur rem parkir elektrik dan Honda Sensing.

Honda City tinggal menunggu waktu untuk masuk ke Indonesia, diprediksi meluncur pada 2021. Pasalnya, sedan compact ini telah meluncur di empat negara yaitu Thailand, Malaysia, India dan Filipina.

Honda City kali ini mengisi generasi kelima, dan telah masuk pasar India pada awal 2020 lalu. Untuk versi India selain mesin diesel 1.500 cc, Honda City juga dapat mesin baru yaitu bensin 1.500 cc naturally aspirated tenaga 121 PS dan torsi 145 Nm, serta sudah berteknologi DOHC.

Secara desain, Honda City terbaru mendapatkan pembaharuan dengan fascia dan bagian belakang baru yang lebih agresif. Khusus untuk pasar Filipina yaitu kehadiran varian RS CVT di mobil ini yang menjadi model tertinggi City. 

Fitur Honda City cukup canggih bila melihat versi Malaysia. Terdapat Honda Lanewatch, serta untuk pertama kalinya di dunia bakal dapat rem parkir elektrik dan Honda Sensing. Apabila fitur ini masuk Indonesia, Honda City akan jadi sedan kompak yang cukup canggih, melebihi Toyota Vios sebagai rival utamanya.

Honda Malaysia juga masih menyediakan mesin bensin 1.500 cc biasa dengan spek seperti versi India pada tipe di bawah RS. Melihat spesifikasi yang ada, Honda City versi India atau Malaysia bermesin 1.500 cc bensin yang kemungkinan akan masuk ke Indonesia.

Artinya, secara spesifikasi Honda City 2021 versi Indonesia akan didukung mesin yang menghasilkan tenaga maksimal hingga 121ps pada 6.600 rpm dan torsi maksimal 145 Nm pada 4.300 rpm. Terdapat pilihan transmisi manual 6 kecepatan dan CVT.

Apabila Honda City yang akan masuk ke Indonesia memakai spesifikasi mirip dengan Malaysia, membuat citra sedan kompak ini lebih prestisius. Bukan tidak mungkin, pamor Toyota Vios bisa semakin surut. Terlebih, Vios juga sempat terkenal sebagai mobil taksi melalui varian Limo.

Honda CR-V 2021 Masuk Indonesia, Bawa Fitur Kekinian

Daftar Mobil Baru Honda 2021, Mampukah Honda Kembalikan Reputasi CR-V Dari Gempuran Merek China? 02

Honda CR-V 2021 menawarkan update infotainment system 7 inci yang kompatibel dengan Apple Car Play serta Android Auto, AC digital otomatis, wireless mobile charger, sistem navigasi,

Satu model legendaris Honda yang kemungkinan besar akan masuk ke Indonesia pada 2021 yaitu Honda CR-V. Pasalnya, medium SUV ini sudah meluncur di beberapa negara tetangga, termasuk Filipina beberapa waktu lalu.

Honda CR-V 2021 mendapat minor update berupa beberapa aksen baru di eksteriornya, antara lain bumper depan yang didesain ulang, grille hitam baru dengan aksen chrome, velg 18 inci baru dan penambahan roof rail.

Untuk fitur kenyamanan, Honda CR-V menawarkan update infotainment system 7 inci yang kompatibel dengan Apple Car Play serta Android Auto, AC digital otomatis, wireless mobile charger, sistem navigasi, kemudian kursi elektrik delapan arah untuk pengemudi dan empat arah buat penumpang. Adanya fitur wireless charging untuk ponsel membuat CR-V menjadi SUV kekinian yang praktis untuk gaya hidup modern.

Namun secara spesifikasi, CR-V untuk pasar Filipina punya mesin yang beda dengan Indonesia. CR-V versi Filipina mendapat opsi mesin 1.600 cc i-DTEC Diesel Turbo menghasilkan 120 ps dan torsi 300 nm dengan transmisi otomatis 9 percepatan. Mesin diesel ini serupa dengan New CR-V versi Thailand.

Opsi berikutnya adalah mesin bensin 2.000 cc i-VTEC menghasilkan 154 ps dan torsi sebesar 189 nm yang menyalurkan tenaganya melalui transmisi CVT. Pilihan mesin ini sedikit berbeda dengan yang dipasarkan di Indonesia. Honda CR-V versi Indonesia memiliki mesin 1.5L VTEC Turbo dengan tenaga 190 hp, dan 2.0L i-VTEC.

Prediksi Mobil Baru Honda: Generasi Keempat Honda Jazz

Daftar Mobil Baru Honda 2021, Mampukah Honda Kembalikan Reputasi CR-V Dari Gempuran Merek China? 03

Saat ajang Tokyo Motor Show pada tahun lalu, Honda Motor Corporation memperkenalkan sosok Honda Jazz terbaru. Desainnya berbeda jauh dari versi sekarang dengan gaya membulat seperti telur. Model serupa ini juga telah hadir di Singapura beberapa waktu lalu.

Paras hatchback jagoan Honda berubah total memasuki generasi keempat. Honda Jazz hadir dengan konsep “emotional value" dan tetap mengedepankan konfigurasi kabin ultra seat yang luas sebagai salah satu ciri khasnya.

Honda Jazz terbaru ini punya tampilan luar yang membulat sehingga parasnya cenderung imut. Garis desainnya berbeda total dari generasi yang ada sekarang dengan gaya agresif. Interiornya semakin nyaman dengan rancangan baru.

Soal pilihan mesin, Jazz versi Jepang juga beda jauh dengan Indonesia. Di sana hanya tersedia antara mesin kecil 1,0 liter turbo atau 1,5 liter hybrid. 

Menurut jadwal, Honda Jazz generasi terbaru mulai dijual ke pasar Jepang pada awal tahun depan. Artinya, hatchback ini masih agak lama untuk bisa meluncur di pasar Indonesia.

Melihat bocoran yang beredar di luar negeri, nantinya Jazz untuk pasar luar Jepang hadir dengan desain berbeda dari yang diluncurkan pada Tokyo Motor Show.

Kita bisa berharap Honda Jazz tetap memakai mesin bensin 1.5 liter. Mesin ini sudah dipakai pada Honda City di Malaysia dan India. Soal desain, mungkin jadi kontroversi dan ini perlu dipikirkan juga oleh Honda apakah memakai desain ala JDM atau membuat desain baru untuk pasar global.

Kesimpulan

Sejauh ini, sudah tiga model Honda yang sudah meluncur di Asia Tenggara. Ketiganya pun hanya menunggu waktu untuk masuk ke Indonesia. Mungkin sedikit terlambat, tapi peluncuran model ikonik seperti Honda CR-V dengan penambahan fitur bisa menjaga konsumen setianya supaya tidak berpaling ke merek sebelah.

Patut kita akui kalau brand Honda ini terkenal cukup mahal, dan built quality tidak sekokoh dahulu. Namun, strategi menghadirkan facelift yang kaya fitur canggih bisa menjaga reputasi Honda sebagai merek Jepang yang cukup premium.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda CR-V 2023 Upcoming

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil