Deretan Mobil Yang Gagal Laku di Indonesia. Gara-Gara Kemahalan Hingga Punya Dashboard Aneh

Penjualan mobil di Indonesia masih tergolong menarik untuk para produsen otomotif. Tetapi ada saja produk yang gagal laku di Indonesia karena berbagai faktor. Mobil apa saja yang gagal laku di Indonesia?

Selama ini mobil-mobil yang laris di pasaran umumnya model MPV. Mulai dari Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga dan sejenisnya.

Namun dibalik mobil laris tersebut ada beberapa mobil dari pabrikan ternama yang gagal laku. Padahal mobil ini tidak kalah menarik baik dari sisi rasa berkendara maupun fitur yang berlimpah.

Daihatsu Sirion

Sebagai city car andalan Daihatsu, Sirion terakhir kali dijual hanya ada satu varian dengan harga berkisar Rp 200 jutaan. Dua tahun lalu hatchback ini mendapat penyegaran dari sisi eksterior dan fitur hiburan.

Tampilannya lebih keren dengan tambahan aerokita di depan dan di samping. Mobil yang menyasar jiwa muda ini juga mempunyai fitur hiburan yang mumpuni.

Baca juga : Lebih Murah Dibanding Daihatsu Rocky, Ini Keunggulan Daihatsu Sirion Untuk Kaum Hawa

Seperti layar sentuh sebesar 7 inci yang sudah memiliki fitur Mirror Link. Cukup sambungkan dengan smartphone maka bisa menikmati musik dari gadget selama perjalanan.

Mesin yang digunakan juga paling bertenaga dibanding rival sekelasnya. Berkapasitas 1.329 cc dengan teknologi VVT-i membuatnya mampu mengeluarkan tenaga maksimum 93,7 PS. Sementara torsi puncaknya mencapai 119 Nm.

Sayangnya Daihatsu Sirion gagal laku karena beberapa faktor. Salah satunya ialah belum diproduksi di Indonesia melainkan masih diimpor dari Malaysia.

Baca juga : 5 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Meminang Daihatsu All New Sirion 2020

Ditambah fitur-fitur yang ada di Indonesia banyak dipangkas dibandingkan versi negara tetangga tersebut. Harganya pun kalah saing dengan para rivalnya.

Toyota Etios Valco

Merek Toyota tidak menjamin suatu produk bisa diterima di pasaran. Seperti yang terjadi pada Toyota Etios Valco, hanya 4 tahun bertahan di industri otomotif Indonesia.

Padahal mobil ini mempunyai rasa berkendara yang fun to drive. Terlebih performa yang diberikan tergolong cukup untuk sebuah small hatchback.

Dibekali mesin 3NR-FE DOHC 4-silinder, kapasitasnya mencepai 1.197 cc. Tenaga maksimumnya mencapai 80 PS di 5.600 rpm dengan torsi puncak 104 Nm pada 3.100 rpm.

Setidaknya ada 2 alasan mengapa Toyota Etios Valco gagal laku. Pertama ialah desain interior yang aneh. Seperti meter cluster yang terletak di tengah dasbor.

Meski ini baik untuk visibilitas pengemudi tetapi secara penampilan bukan banyak selera orang. Ditambah letak kisi-kisi AC yang ditumpuk sebelah kiri head unit membuatnya terlihat aneh.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Toyota Etios Valco, Lebih Fun To Drive dari Agya-Ayla!

Alasan lainnya ialah material interior yang digunakan tergolong murahan dan terasa kosong. Peredaman pun menjadi kurang baik karena suara dari luar masih terdengar berisik masuk ke kabin.

Namun faktor krusial yang membuat Toyota Etios Valco gagal laku ialah tidak adanya transmisi otomatis. Padahal animo saat pertama kali diluncurkan pada tahun 2013 cukup baik.

Ketika berjalan 2 hingga 3 tahun, Toyota hanya menambah varian namun tidak kunjung hadir tipe transmisi otomatis. Sehingga konsumen pun enggan memilih Toyota Etios Valco sebagai pilihan berkendara.

Honda City

Honda City boleh dikatakan gagal laku karena Toyota Vios yang menjadi rivalnya saat itu masih terjual cukup banyak. Lantas apa yang membuat Honda City gagal laku?

Baca juga : Komparasi Honda City Sedan 2022 vs Honda City Hathcback RS, Selisih Rp53 Juta Apa Lebih Menarik?

Alasan utama ialah harganya yang terlalu mahal. Selisihnya dengan Toyota Vios varian tertinggi saja mencapai Rp 9 jutaan.

Harga yang lebih mahal tersebut karena PT Honda Prospect Motor (HPM) saat itu masih mengimpornya secara utuh (CBU). Sehingga kalah dengan Toyota Vios yang sudah diproduksi lokal (CKD).

Terlebih HPM saat itu hanya menjual Honda City dalam satu varian saja, yakni New City E CVT. Tidak ada varian lain seperti transmisi manual misalnya.

KIA Picanto

Tidak hanya pabrikan Jepang yang merasakan pahitnya produk gagal laku di pasaran. KIA Picanto besutan produsen asal Korea Selatan ini juga gagal laku di Indonesia.

Padahal sebagai sebuah city car cukup mumpuni dan kompetitif di atas kertas. Namun ada beberapa kelemahan yang membuatnya kalah bersaing dengan para rivalnya.

Baca juga : Sempat Jadi Citycar Favorit, Kia Picanto 2021 Kini Tenggelam

Seperti head unit yang masih single din, sementara para rivalnya sudah ada yang layar sentuh atau minimal 2-DIN. Sehingga terasa kuno KIA Picanto ini.

Beberapa konsumen juga mengeluhkan peredaman kabin yang kurang senyap. Khususnya pada bagian ban yang masih terdengar berisik ketika berjalan kencang membuat kenyamanan berkurang.

Hal terakhir yang juga menjadi kendala KIA Picanto gagal laku adalah pedal kopling yang terasa keras. Dengan transmisi manual yang sama dengan rivalnya, pedal kopling KIA Picanto tergolong keras.

Hyundai i10

Dahulu pabrikan banyak berharap saat menjual produk city car. Salah satunya ialah Hyundai i10 yang diekpektasikan bisa menjadi senjata ampuh untuk meningkatkan penjualan mereka.

Padahal dari gaya desain eksterior cukup menarik. Ruang kabin pun terasa cukup luas untuk sebuah city car berkapasitas 5 penumpang.

Kemampuan mesinnya juga bisa diandalkan. Mesin Kappa dengan kapasitas 1.248 cc bisa mengeluarkan tenaga maksimum 69 PS pada 5.5500 rpm. Sedangkan torsi puncaknya mencapai 101 Nm di 4.500 rpm.

Sayangnya rasa berkendara kurang fun to drive. Rasa mengemudinya terasa kurang presisi antara setir dengan ban. Ada beberapa jeda tipis saat mobil berputar balik atau bermanuver tajam.

Selain itu material interior pada Hyundai i10 juga tidak semewah para rivalnya. Ada beberapa material yang kurang solid dan kokoh. Namun hal ini bisa saja diperbaiki dengan modifikasi kosmetik.

Baca juga : Layak Disebut Baby Palisade, Hyundai Alcazar Siap Meluncur di India Dengan Beragam Fitur Premium

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Sirion

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 178,00 Juta
Rp 3,63 Juta/bln

5.503 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Honda BRIO RS 1.2

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

17.289 km

2,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 188,00 Juta
Rp 3,83 Juta/bln

3.226 km

3,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 187,00 Juta
Rp 3,81 Juta/bln

16.906 km

3,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Memperkenalkan Daihatsu Sirion True Perfection Baru

Pameran Daihatsu Sirion yang Serba Baru

Lima Perbedaan Honda City Sedan dan City Hatchback | First Impression

ALL NEW 2020 Honda City

Hyundai Grand i10 Harganya Setara Mobil LCGC

Hyundai Grand i10 City Car 2022 Facelift

Kia Picanto Baru Dengan Desain Lebih Sporty

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Daihatsu Sirion
Lihat