window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Lebih Murah Dibanding Daihatsu Rocky, Ini Keunggulan Daihatsu Sirion Untuk Kaum Hawa

Dito · 3 Jun, 2021 09:30

Daihatsu Sirion terbaru

Hadirnya Daihatsu Rocky di Indonesia memberi angin segar untuk para pecinta SUV dengan desain gagah. Memang secara desain, Daihatsu Rocky menargetkan pria, meskipun sah-sah saja bila wanita mengendarainya. Namun bila ingin tampilan yang lebih cantik, Daihatsu Sirion bisa menjadi alternatif menarik.

Bergaya hatchback, Daihatsu Sirion mempunyai beberapa keunggulan yang tidak kalah dari Daihatsu Rocky. Keunggulan pertama jelas harga yang lebih murah.

Desain Daihatsu Sirion

Desain Daihatsu Sirion lebih cantik cocok untuk wanita

Saat ini harganya berkisar Rp 201 juta hingga Rp 216 juta. Sementara Daihatsu Rocky mulai dari 214 juta hingga Rp 236 juta. Bahkan untuk yang sekelasnya, Daihatsu Sirion lebih murah dari para kompetitor yakni Toyota Yaris dan Honda Jazz.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga : Duel Biaya Perawatan Daihatsu Sirion dan Honda Jazz, Mana yang Lebih Murah?

Dimensi compact dan desain yang keren

Keunggulan lain Daihatsu Sirion dari Rocky ialah dimensi yang lebih compact. Hatchback andalan Daihatsu ini mempunyai panjang 3.895 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.525 mm. Berbeda dengan Daihatsu Rocky yang sedikit lebih besar dengan panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm dan tinggi 1.635 mm.

tampak samping Daihatsu Sirion

Dimensi yang lebih compact membuatnya lincah di jalan perkotaan

Dimensi yang lebih compact tersebut tentu cocok untuk kaum Hawa untuk menemani aktivitas sehari-hari. Kapasitas penumpang pun sama-sama menampung 5 orang termasuk pengemudi dengan ruang bagasi yang cukup luas.

Penyegaran yang dilakukan Daihatsu pada awal tahun 2020 lalu membuat tampilannya terlihat lebih modis. Tidak memalukan untuk dipakai ketika bertemu teman-teman arisan atau berbelanja bersama si kecil.

Interior jok Daihatsu Sirion

Daihatsu Sirion total menampung 5 orang

Pergerakan yang lebih gesit

Secara performa, Daihatsu Rocky lebih baik dari Sirion. Daihatsu Rocky dibekali mesin 3-silinder 1.000 cc Turbo yang menghasilkan tenaga 97,9 PS di 6.000 rpm dan torsi 149 Nm pada 2.400-4.000 rpm.

Baca juga : Nggak Sangka, Fitur Daihatsu Sirion Tipe Ini Ngalahin Toyota Yaris dan Honda Jazz!

Sementara Daihatsu Sirion meski memiliki kapasitas mesin lebih besar yakni 1.300 cc, tenaga maksimum justru lebih rendah yakni 95 PS di 6.000 rpm dan torsi hanya 119 Nm pada 4.200 rpm. Namun Daihatsu Sirion lebih lincah untuk mengarungi perkotaan.

Mesin Daihatsu Sirion

Mesin Daihatsu Sirion punya performa cukup dan irit BBM

Perpaduan transmisi otomatis konvensional 4-percepatan pada Daihatsu Sirion membuat akselerasi bisa lebih lincah. Sementara Daihatsu Rocky yang mengandalkan CVT perlu momentum yang umum terjadi pada jenis transmisi ini.

Terlebih ukuran bodi yang lebih compact mendukung untuk melintasi jalan perkotaan yang padat. Sehingga untuk wanita yang mungkin baru belajar mengemudi atau first time buyer sangat cocok dengan Daihatsu Sirion.

Dasbor Daihatsu Sirion

Tampilan dasbor Daihatsu Sirion yang terlihat modern

Efisiensi BBM Daihatsu Sirion juga tidak kalah irit. Bila Daihatsu Rocky diklaim bisa mencapai 18 km/liter, Sirion justru bisa mencatatkan angka konsumsi hingga 20 km/liter. Terntu angka tersebut dengan rute luar kota atau jalan bebas hambatan denga kecepatan stabil 90 km/jam.

Baca juga : 5 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Meminang Daihatsu All New Sirion 2020

Padahal dari sisi spesifikasi, mesin Daihatsu Sirion lebih besar kapasitasnya yakni 1.300 cc. Namun berkat perpaduan transmisi ditambah desain yang lebih aerodinamis membuatnya bisa mencapai titik optimal efisiensi BBM.

Bagasi daihatsu Sirion

Bagasi Daihatsu Sirion cukup besar untuk membawa belanjaan misalnya

Fitur tidak kalah melimpah dari Daihatsu Rocky

Soal fitur, Daihatsu Rocky sebagai produk baru mempunyai banyak kelebihan fitur dibanding Daihatsu Sirion. Tetapi bukan berarti mobil perkotaan ini miskin fitur.

Fitur engine start/stop button dengan keyless entry menjadi standar pada Daihatsu Sirion. Begitu juga kamera mundur, sensor di depan dan belakang yang memudahkan pengemudi saat parkir. Dalam hal sensor parkir, Daihatsu Sirion unggul dari Rocky yang hanya punya satu sisi yakni di belakang saja.

Airbags Daihatsu Sirion

Jumlah airbags Daihatsu Sirion berjumlah 4 titik

Sementara fitur keamanan, Daihatsu Sirion tidak kalah banyak. Mulai dari Anti-Lock Brake System (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD), sampai Vehicle Stability Control (VSC). Bahkan Daihatsu Sirion memiliki fitur yang tidak dimiliki Daihatsu Rocky yakni Traction Control (TRC).

Baca juga : Ini Beda Daihatsu Sirion Baru dengan yang Lama, Berikut Spesifikasi Lengkapnya

Keunggulan fitur juga terdapat pada jumlah airbag yang tersebar di dalam kabin Daihatsu Sirion. Bila Daihatsu Rocky hanya dua yakni di depan, Daihatsu Sirion memiliki empat airbag. Selain di depan, juga ada di samping yang membuat mobil jauh lebih aman ketika terjadi musibah.

Kabin Daihatsu Sirion

Kabin Daihatsu Sirion terlihat luas dan nyaman

Kesimpulan

Daihatsu Sirion menjadi opsi menarik untuk para pengemudi wanita yang lebih senang dengan desain manis bukan gagah serta nyaman. Beberapa keunggulan fitur sepert sensor parkir depan membuat lebih aman ketika parkir paralel.

Dimensi yang lebih compact juga menjadi kelebihan tepat untuk kaum hawa. Baik untuk melintasi jalanan perkotaaan yang padat maupun saat parkir terasa lebih mudah dan tidak khawatir tersenggol mobil lain.

Baca juga : Perbandingan Konsumsi BBM Daihatsu Sirion dan Suzuki Ignis, Adu City Car Paling Irit

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Sirion X CVT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil