Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Pembuktian Honda CR-V Hybrid dan Volvo EM90 yang Melawan Toyota Alphard

Top 5 artikel sepekan di Autofun Indonesia dihuni oleh tema yang cukup beragam.

Baca juga: Top 5 Artikel Autofun Sepekan: NETA V yang Mulai Menarik sampai Isuzu MU-X Pakai ADAS Masuk Indonesia

1. Test Drive All New Honda CR-V e:HEV 2023: Sesuai Harga dan Ekspektasi?

Kami menguji teknologinya

All New Honda CR-V 2023 sudah diluncurkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, Agustus lalu. 

Sejak peluncurannya, Medium SUV ini kerap menjadi perbincangan di kalangan konsumen dan pecinta otomotif. 

Tidak hanya karena tampilannya yang kian atraktif dan hadir varian CR-V Hybrid, tetapi juga mahar yang harus dikeluarkan jika Anda tertarik untuk meminangnya.

Di GIIAS 2023 lalu, HPM menawarkan jagoan mereka dengan banderol Rp 739,9 juta untuk CR-V 1.5 Turbo (non-hybrid) dan Rp 799,9 juta untuk Honda CR-V RS e:HEV alias varian hybrid-nya. 

Dengan bujet yang serupa, Anda sudah bisa meminang sebuah SUV Premium Eropa bekas yang usianya belum sampai 5 tahun.

Tetapi, apakah harga All New Honda CR-V 2023 ini benar-benar terlalu mahal atau sebanding dengan rentetan gubahan yang telah dilakukan pabrikan Jepang itu?

2. 30 Mobil Terlaris di Indonesia Oktober 2023, Toyota Kijang Innova Terus Melesat

Innova Zenix dan Innova Reborn jadi mobil terlaris di Indonesia

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) telah merilis data penjualan Oktober 2023, Toyota Kijang Innova kembali jadi mobil terlaris di Indonesia.

Ya, Toyota Kijang Innova masih bertahan di posisi puncak wholesales (penjualan pabrik ke dealer) secara nasional selama empat bulan berturut-turut, dan torehan Oktober 2023 mencapai 7.171 unit.

Jumlah tersebut mengalami kenaikan 10,5 persen dibandingkan periode September 2023 yang diketahui terjual 6.486 unit. 

Perlu dicatat, penjualan Toyota Kijang Innova ini merupakan gabungan dari Zenix dan juga Reborn (generasi sebelumnya yang masih diproduksi) yang masing-masing laku 4.452 unit dan 2.719 unit.

Sementara di ranking kedua ternyata Honda Brio dengan penjualan di bulan ke-10 tembus 6.109 unit atau naik 4,8 persen dari bulan sebulannya yaitu 5.739 unit. 

Adapun Toyota Avanza berada di tempat ketiga, dengan perolehan mencapai 5.278 unit, dan jumlah ini naik 32,7 persen jika dibandingkan September 2023 yang tercatat hanya 3.975 unit.

Baca juga: Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Isuzu MU-X Menarik daripada Pajero atau Fortuner dan Zenix Lebih Irit dari Innova Diesel

3. Volvo EM90 Resmi Dirilis, Toyota Alphard Tak Lagi Terlihat Mewah

Pertama kali Volvo hadirkan MPV premium bertenaga listrik

Volvo EM90 akhirnya resmi diperkenalkan ke dunia, inilah mobil full electric pertama Volvo yang berjenis MPV Premium.

Sebenarnya ini bukan model yang baru-baru banget dari pabrikan Swedia itu, karena sebenarnya Volvo EM90 MPV adalah sebuah rebadge dari Zeekr 009 yang merupakan MPV listrik berbasis baterai (BEV) buatan Geely dan diproduksi di China.

Meski beda benua, antara Geely dan Volvo memang sudah berkongsi, dan Volvo mencoba melebarkan pangsa pasarnya dengan menawarkan sebuah mobil listrik berbentuk MPV mewah yang memang cukup disukai di kawasan Asia.

Bukan cuma sosoknya yang menawan, namun Volvo juga memanfaatkan kemampuan teknologi dari Zeekr 009.

Alhasil MPV ini dilengkapi baterai 116 kWh dan terhubung dengan motor electric sehingga sanggup memproduksi daya puncak sebesar 200 kW (272 PS).

Kemampuan akselerasi mobil ini dari posisi diam hingga kecepatan 100 k/jam hanya 8,3 detik, dan baterainya diklaim bisa memberikan jangkauan hingga 738 km sekali cas.

4. 5 Keunggulan Isuzu MU-X 2023 yang Bikin Toyota Fortuner Terlihat Cupu

Isuzu MU-X opsi menarik SUV ladder frame di Indonesia

Isuzu MU-X 2023 telah mencuri perhatian di pasar otomotif dengan peningkatan fitur dan teknologi yang signifikan dibandingkan pendahulunya.

Namun sayangnya, penjualan SUV 7 penumpang ini seakan tertutup kedigdayaan dua rivalnya yaitu Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Padahal sesama SUV dengan sasis tangga, ada sejumlah keunggulan Isuzu MU-X 2023 yang bisa melebihi dua rivalnya tadi.

Apalagi belum lama ini ramai beredar sejumlah foto yang memperlihatkan MU-X tapi dengan penampilan yang cukup berbeda.

Meski belum ada keterangan resmi dari pihak PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) tentang MU-X varian baru tersebut, namun tidak ada salahnya kita lihat apa saja keunggulan Isuzu MU-X 2023 ini.

5. Kelebihan dan Kekurangan Opel Blazer, SUV Tangguh Cuma Rp25 Jutaan!

Pilihan SUV murah (Foto: Wikipedia)

Hegemoni kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) di Tanah Air mulai bisa dirasakan di era 90-an.

Pada saat itu juga, tahun 1996 General Motors Buana Indonesia (GMBI) memperkenalkan Opel Blazer sebagai SUV tangguh sekaligus agresif yang memiliki kesan nyaman khas mobil Eropa.

Sebagai suksesor Chevrolet Trooper sekaligus pesaing erat Nissan Terrano, saat itu Blazer diproduksi di pabrik GMBI yang bermarkas di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat, dengan harga baru yang ditawarkan Rp72 juta OTR Jakarta.

Sebagai informasi, dalam pengembangannya Opel ini melibatkan tiga negara sekaligus. 

Diantaranya; Jerman sebagai negara asalnya, Asutralia selaku negara yang memproduksi mesin di dalam pabrik Holden, dan Chevrolet pabrikan otomotif asal Amerika yang mendesain bagian luar serta dalamnya.

Namun sayang, kiprah Opel Blazer di Tanah Air harus terhenti pada September 2002.

Selanjutnya eksistensi mobil ini sendiri diteruskan oleh Chevrolet Blazer yang mana hanya mampu bertahan hingga 2005.

Baca juga: Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Keunggulan Mitsubishi Xforce sampai Rencana Suzuki Grand Vitara 7 Seater

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda CR-V

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

CR-V Baru Makin Banyak Fitur, Jadi Hybrid Pula!

Tes Lengkap Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige 2021 | Test Drive

Haval H6 HEV 2021: Lawan Berat Honda CR-V dan Wuling Almaz! | First Look

MG HS i-SMART Magnify, Pesaing Wuling Almaz RS yang Tak Kalah Keren, Honda CR V Mana Bisa?

2021 Honda CR-V Touring | 360 Walkaround

All New 2021 Isuzu MU X!

ALL-NEW 2021 ISUZU MU-X, INTERIOR, EXTERIOR DETAILS

Setelah lama dinanti, Mitsubishi Xforce akhirnya secara resmi diserahkan kepada pemilik, mulai Minggu (19/11/2023). Penyerahan Xforce ini dilakukan secara meriah melalui acara Special Delivery Ceremony oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI), kepada sejumlah perwakilan konsumen yang digelar di wilayah Kelapa Gading, Jakarta Utara. Menurut Direktur Sales & Marketing Division PT MMKSI, Tetsuhiro Tsuchida, acara Special Delivery Ceremony sengaja digelar secara khusus bagi para konsumen
Honda Accord e:HEV 2023 sebagai mobil hybrid yang pernah tampil di GIIAS tahun ini, diprediksi adalah mobil baru Honda yang akan segera dirilis. Ya, PT Honda Prospect Motor (HPM) dipastikan bakal merilis satu lagi mobil hybrid dalam waktu dekat. Model ini berati akan menjadi mobil hybrid Honda kedua setelah sebelumnya HPM juga secara resmi meluncurkan All New Honda CR-V e:HEV di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, Agustus lalu. Rencana akan dijualnya satu lagi model
Chery Omoda 5 EV dan Chery Tiggo 8 Pro Max dipastikan hadir di Indonesia tahun depan, keduanya bakal menyapa bertepatan dengan pameran otomotif yang berlangsung di Tanah Air. Demikian di tegaskan Harry Kamora, Vice President PT Chery Sales Indonesia (CSI) saat ditemui di Jakarta, Minggu (19/11/2023). Menurut dia, Chery Omoda 5 EV akan hadir lebih dulu, disusul Chery Tiggo 8 Pro Max kemudian yang bakal jadi jagoan baru bagi penjualan Chery Indonesia. "Omoda 5 EV pasti, Tiggo 8 Pro Max juga pasti
Toyota Kijang Innova dan Toyota Avanza jadi mobil MPV atau Multi Purpose Vehicle yang terlaris di Indonesia pada Oktober 2023. Menurut catatan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan kakak-adik ini masing-masing tercatat 7.171 unit untuk Kijang Innova dan 5.278 unit untuk Avanza. Tingginya penjualan kedua mobil ini selain nama besar yang sudah melekat, selera masyarakat akan sebuah mobil MPV memang masih cukup besar di Tanah Air. Baca juga: 20 Merek Mobil Terlaris di
Ajang balap One Make Race (OMR) Honda Brio Speed Challenge (HBSC) dan Honda City Hatchback RS Speed Challenge (HCHSC) tahun 2023 memasuki putaran keenam alias final di ajang ISSOM 2023 yang digelar, Minggu, 19 November 2023. Di kesempatan ini pula diumumkan siapa yang berhak menjadi juara umum dari balapan yang digelar oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) itu. Adalah Junus Danuatmojo berhasil keluar sebagai juara umum Honda Brio Speed Challenge 2023, sementara Rio SB berhasil keluar sebagai juara

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Honda CR-V
Lihat