window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Volvo EM90 Resmi Dirilis, Toyota Alphard Tak Lagi Terlihat Mewah

Prasetyo · 13 Nov, 2023 19:01

volvo em90

Volvo EM90 akhirnya resmi diperkenalkan ke dunia, inilah mobil full electric pertama Volvo yang berjenis MPV Premium.

Sebenarnya ini bukan model yang baru-baru banget dari pabrikan Swedia itu, karena sebenarnya Volvo EM90 MPV adalah sebuah rebadge dari Zeekr 009 yang merupakan MPV listrik berbasis baterai (BEV) buatan Geely dan diproduksi di China.

Meski beda benua, antara Geely dan Volvo memang sudah berkongsi, dan Volvo mencoba melebrkan pangsa pasarnya dengan menawarkan sebuah mobil listrik berbentuk MPV mewah yang memang cukup disukai di kawasan Asia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

volvo em90

Volvo resmi masuk segmen MPV Premium

Meski hanya berubah logo, namun Volvo punya cara sendiri untuk menawarkan sebuah produk yang terlihat premium dan bercitarasa Swedia seperti halnya apa yang sudah selama ini mereka lakukan.

"Dengan EM90, kami membawa warisan dan kepemimpinan Volvo Cars dalam bidang keselamatan ke dalam segmen MPV listrik baru yang menarik.

Hal ini memungkinkan kami memanfaatkan permintaan pasar baru yang belum pernah kami jelajahi sebelumnya dan memperluas daya tarik merek Volvo ke lebih banyak orang," kata Jim Rowan, CEO Volvo Cars melalui keterangan tertulisnya, Senin (13/11/2023).

Baca juga: Viral Mobil Volvo Tabrak Rumah Tapi Tetap Utuh, Netizen Malah Komentar Begini

Volvo EM90 Bawa Tampilan Khas Mobil Listrik Volvo

volvo em90

MPV premium bertenaga full electric

Lebih lanjut Jim Rowan menjelaskan jika desain eksterior dan interior EM90 berusaha menghadirkan standar gaya baru dari sebuah mobil MPV.

Lihat saja bagaimana di bagian depan mobil ini tampil dengan identitas khas EV Volvo melalui lampu "Thor Hammer" yang bisa langsung dikenali saat mobil ini melaju.

Ditambah lagi logo Volvo pada bagian gril tertutup yang bisa berpendar terang, kabarnya juga menjadi yang pertama kali diterapkan pabrikan berjuluk Tank Swedia ttersebut.

volvo em90

Lampu ala Palu Thor dan gril yang menyala

Tak cuma itu, bagian gril mobil ini juga punya detil corak yang menarik yang terinspirasi gedung pencakar langit dan seni imersif mutakhir dari kota-kota modern di Eropa.

Kemudian Volvo juga memikirkan detil lainnya dari desian eksterior mobil ini, termasuk lekuk foglamp housing dan air intake, serta velgnya yang diberi pilihan 19 inci atu 20 inci.

Di bagian belakang, lampunya berdiri tegak yang diberi aksen strip logam dan identitas VOLVO membentuk kesan elegan mobil tersebut.

Baca juga: Tiruan Toyota Alphard Weiao Boma Resmi Dijual, Fitur Kosongan Harga Mulai Rp83 Jutaan

Kabin dengan Headunit 15,4 Inci

volvo em90

Layout kokpitnya

Aura mewah Volvo EM90 bukan hanya menonjol dari bagian luar, namun juga ketika masuk ke dalamnya bisa menemukan sebuah ruang prival yang menenangkan pikiran para pemiliknya di sepanjang perjalanan.

Untuk area kokpit disediakan setir multi spoke yang sudah tersemat berbagai tombol untuk pengaturan kemudi dan juga akses ke meter cluster maupun headunit.

Layout dasbor dibuat rata  dan berundak dua tanpa ada lekukan berlebih, namun di begian tengahnya ada monitor 15,4 inci yang terlihat sangat intimidatif bagi siapapun yang baru kali pertama memasuki kabin EM90.

volvo em90

Monitor plafon juga 15,4 inci

Dilengkapi dengan kekuatan komputasi yang disediakan oleh Snapdragon® Cockpit Platforms dari Qualcomm Technologies sebagai standar dan konektivitas 5G, EM90 menghadirkan pengalaman digital yang luar biasa bagi seluruh penumpangnya.

Biar kebutuhan mengakses menu dan konektifitas makin mudah, Volvo juga menyediakan sistem perintah suara (voice command) yang interaktif dengan kejernihan suara seindah alam Skandinavia.

Tema alam yang seurpa juga dijadikan wallpaper pada headunit tersebut, dan buat penumpang belakang tersemat pula satu lagi monitor 15,4 inci di plafon dengan sistem lipat.

Perangkat digital ini bisa dipakai untuk hiburan selama perjalanan sampai video call ketika harus meeting dengan para pimpinan perusahaan yang tak boleh terlewat karena sudah memiliki kemampuan koneksi dengan ponsel.

volvo em90

Jok bari kedua juga dilengkapi meja lipat dan sadaran kaki

Jangan khawatir soal kualitas audio dan video dari layar entertainment tersebut, sebab audio system dari Bowers & Wilkins dengan total 21 sepakers telah tertanam di seluruh ruang kabin Volvo EM90 yang bisa berubah jadi area bioskop atau konser pribadi bagi Anda saat berpergian.

Tentu saja, sebelum itu Volvo telah memberikan sistem isolasi suara terbaik dan teknologi peredam kebisingan seperti yang telah mereka lakukan pada model-model Premium lainnya.

Satu hal lagi yang menarik dari sistem perintah suara di mobil ini, sleian untuk mengakses berbagai fitur dan kemampuan lain di headunit, ternyata jga bisa untuk mengubah posisi jok, membuka tutup kaca jendela, mengatur AC dan ambient light di kabin kendaraan tersebut.

Baca juga: Toyota Alphard dan Vellfire 2023 Udah Ada Sekennya, Harga 2X Lebih Mahal!

Sekali Ngecas, Baterainya Bisa Melaju Jakarta-Tuban

volvo em90

Baterainya punya daya jelajah 738 km

Bukan cuma sosoknya yang menawan, namun Volvo juga memanfaatkan kemampuan teknologi dari Zeekr 009.

Alhasil MPV ini dilengkapi baterai 116 kWh dan terhubung dengan motor electric sehingga sanggup memproduksi daya puncak sebesar 200 kW (272 PS).

Kemampuan akselerasi mobil ini dari posisi diam hingga kecepatan 100 k/jam hanya 8,3 detik, dan baterainya diklaim bisa memberikan jangkauan hingga 738 km sekali cas.

volvo em90

Tuas transmisinya pun terlihat mewah

Jika baterai kehabisan daya listrik, maka menggunakan fasilitas fast charging saat mengisi kondisi 10% menuju 80% hanya butuh kurang dari 30 menit.

Dengan kemampuan jelajah sejauh itu, kira-kira Anda bisa berkendara dari Jakarta menuju Tuban, Jawa Timur, tanpa perlu ngecas baterai lagi.

Baca juga: Toyota Alphard Bakal Gak Laku, Volvo Segera Rilis MPV Mewah

Lawan Berat Toyota Alphard hingga Lexus LM

volvo em90

Pengaturan jok hingga buka tutup panoramic roof bisa dengan perintah suara

Saat ini Volvo EM90 sudah diperkenalkan ke publik di China, dan pabrikan mulai membuka keran pre-order untuk mobil mewah ini.

Sayangnya belum diumumkan berapa harga Volvo EM90, namun kalau mengacu pada Zeekr 009 yang dibanderol kisaran Rp1,2 miliar, maka rasanya harga EM90 juta tak akan jauh dari itu.

Tentu saja kehadiran MPV listrik dari Volvo ini bisa jadi pesaing serius Toyota Alphard hingga Lexus LM yang selama ini menguasa pasar MPV premium.

@autofun.indonesia Harganya sampai Rp 1,42 Miliar, seberapa mewah Maxus Mifa 9? #maxus #mifa9 #mobilcina #giias2023 #mobilbaru #reviewmobil ♬ Smooth jazz with a nice groove(935050) - tosuya

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Volvo XC90 T5 Momentum

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia