window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Top 5 Artikel Autofun: NETA V yang Mulai Menarik sampai Isuzu MU-X Pakai ADAS Masuk Indonesia

Prasetyo · 13 Nov, 2023 08:01

Top 5 Artikel Autofun: NETA V yang Mulai Menarik sampai Isuzu MU-X Pakai ADAS Masuk Indonesia 01

Top 5 artikel Autofun sepekan kemarin datang dengan tema yang cukup beragam, karena ternyata masyarakat mulai melirik mobil listrik NETA V.

Ya, NETA yang hadir langsung sebagai pabrikan kendaraan elektrik (EV) sudah menawarakan produk pertamanya, NETA V di ajang GIIAS 2023.

Meski harganya lebih mahal dari Wuling Air ev, namun sepertinya mulai banyak yang penasaran tentang apa saja yang diunggulkan dari mobil listrik asal Tiongkok itu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tema berikutnya yang juga cukup banyak menarik adalah bocoran tentang hadirnya Isuzu MU-X varian tertinggi di Indonesia.

Meski belum resmi dijual, tetap penantang Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport ini rasanya sudah cukup banyak ditunggu.

Lalu ada juga informasi mengenai konsumsi BBM Toyota Rush yang sepertinya jadi salah satu alasan mengapa LSUV 7 penumpang itu selalu jadi yang terlaris di Indonesia meski belum berganti generasi.

Terakhir, ulasan mengenai Isuzu Panther yang rasanya sudah kurang cocok digunakan sebagai kendaraan pala Gen Z juga masih banyak pembacanya.

Nah biar lebih jelas, berikut kelima artikel yang Autofun yang paling banyak dibaca selama sepekan lalu.

1. NETA V Siap Goda Masyarakat Indonesia untuk Beralih ke Mobil Listrik

mobil listrik neta v

Mobil listrik NETA V

Resmi sudah mobil listrik NETA V dipasarkan di Indonesia, pasca PT NETA Auto Indonesia (NAI) mengumumkan harga mobil ini.

Harga mobil listrik NETA V Rp379 juta on the road Jakarta, nominalnya masih sama dengan harga pre order yang pernah diumumkan NETA Agustus lalu saat pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Mobil ini tersedia dalam 5 pilihan warna eksterior, yaitu Sakura Pink, Sky Blue, White Storm, Moonlight Green, dan Midnight Gray yang terlihat casual tapi juga trendy.

NETA V dibekali motor listrik tunggal yang diletakan di depan dengan menghasilkan tenaga sebesar 70 kW (95 PS) serta torsi maksimum 150 Nm. 

Untuk menggerakan motor listrik tersebut daya yang diterima mendapat asupan listrik dari baterai Lithium-ion (LFP) berkapasitas 40,7 kWh.

Menurut pengujian standar NEDC, baterai ini mampu menempuh perjalanan sejauh 384 Km, sementara untuk pengetesan CLTC, dalam kondisi baterai terisi penuh mobil ini dapat berjalan sejauh 401 km dalam sekali isi daya.

2. Isuzu MU-X Varian Tertinggi Diam-diam Masuk Indonesia, Spesifikasinya Bikin Toyota Fortuner Minder

isuzu mu-x

Penampakan Isuzu MU-X dengan tampilan yang "lain"

Generasi terbaru Isuzu MU-X diluncurkan di Indonesia melalui pagelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Saat itu MU-X hanya ditawarkan satu varian saja, yakni MU-X 4x4 yang difokuskan untuk segmen fleet guna mendukung kegiatan bisnis di bidang tambang, plantation, rental, serta oil dan gas sebagai kendaraan operasional. 

Namun baru-baru ini secara diam-diam PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menghadirkan MU-X dengan spek tinggi yang terlihat di salah satu dilernya.

Sekilas tampilan luar MU-X tipe tertinggi dengan MU-X yang sudah lebih dulu melantai di Tanah Air terlihat sama, yang mana pada fasadnya memiliki desain tajam, atraktif sekaligus agresif dengan grille World Cross Flow.

Untuk sistem pencahayaan tipe tertinggi dan terendahnya menggunakan Bi-LED dengan fitur Follow Me Home Headlamp dan Automatic High Beam.

Jika MU-X 4x4 gunakan velg 17 inci berkelir silver, tipe teratasnya menggunakan velg 20 inci two-tone model kipas yang terlihat lebih sporty.

Melihat spesifikasi di Thailand, untuk fitur keselamatan berkendara varian terbaru Isuzu MU-X yang tampil di salah satu diler di Indonesia dilengkapi fitur keselamatan pintar berupa Advanced Driver Assistance System (ADAS).

3. Segini Konsumsi BBM Toyota Rush dan Alasan kenapa Selalu Jadi SUV Terlaris di Indonesia

toyota rush

Apakah konsumsi BBM-nya lebih boros dari rivalnya yang FWD?

Sebagai LSUV berpenggerak roda belakang, tak sedikit orang menanyakan berapa konsumsi BBM Toyota Rush.

Hal ini dilakukan karena umumnya mobil dengan penggerak roda belakang disebut-sebut lebih boros bahan bakar ketimbang mobil berpenggerak roda depan.

Saat ini LSUV 7-seater di Indonesia dengan penggerak roda belakang hanya ada dua, yakni Toyota Rush dan saudara kembarnya Daihatsu Terios.

Para pesaing terdekatnya seperti Mitsubishi Xpander Cross, Honda BR-V dan Hyundai Stargazer X mengandalkan penggerak roda depan.

Menariknya, kini Rush sudah dilengkapi Idling Stop System alias IDS di semua variannya, fitur ini berfungsi untuk mengurangi konsumsi pemakaian bahan bakar yang tidak diperlukan serta menurunkan emisi gas buang.

4. Sebelum Beli Toyota Yaris Bakpao, Ketahui Perbedaan Tipe J, E dan S Biar Nggak Keliru

toyota yaris bakpao

Beda tipe beda harga juga

Toyota Yaris Bakpao dengan kode body NCP91 pertama kali diperkenalkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) di Tanah Air pada tahun 2006 yang diketahui sekaligus merupakan suksesor dari Toyota Starlet. 

Sebagai hatchback kompak pesaing utama Suzuki Swift, Honda Jazz, Ford Fiesta, Mazda2 dan juga Hyundai Grand i20, keberadaan generasi pertama Yaris di Indonesia diimport secara utuh dari Negeri Gajah Putih.

Terus dijajakan hingga tahun 2013, Toyota Yaris Bakpao tercatat telah mengalami dua kali penyegaran. Pertama tahun 2009 dan yang kedua, tiga tahun setelahnya.

Secara desain, Yaris Bakpao punya tampilan yang begitu ikonik. Seperti yang bisa dilihat khususnya di bagian ekterior, mobil ini punya bentuk yang membulat seperti bakpao, sekaligus terlihat dinamis.

Bicara mengenai variannya, generasi pertama Toyota Yaris ditawarkan dalam tiga tipe, yakni J, E dan S.

5. 3 Alasan Sebaiknya Tidak Memilih Isuzu Panther Bekas Buat di Kota Besar

isuzu panther

Apakah mobil ini udah gak cocok buat Gen Z?

Isuzu Panther bekas memang masih banyak peminatnya, tapi lebih cocok dipakai di daerah pelosok ketimbang di kota besar seperti Jakarta.

Isuzu Panther merupakan mobil legendaris yang begitu melekat di kalangan masyarakat Indonesia selain Toyota Kijang.

Namun sayangnya, sejak Februari 2021, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) telah menegaskan jika produksi dan penjualan Panther dihentikan selamanya.

Alasannya adalah mobil yang juga hadir dalam versi LMPV dan LSUV itu tak bisa memenuhi regulasi standar emisi gas buang Euro 4 untuk kendaraan bermotor mesin diesel di Indonesia.

Nah kalau Anda juga ada keinginan meminang mobil diesel tangguh dan kepincut Isuzu Panther, sebaiknya pikirkan lebih dulu beberapa hal berikut ini sebelum membelinya terutama jika Anda tinggal di kota besar seperti Jakarta.

@autofun.indonesia Hal-hal yang bikin Terios laris terus! Pengen tau cicilan dan review generasi terbarunya? Cek di akun @SEVA aja! #reviewmobil #terios #cicilanmobil #jelasdariawal ♬ Bad saxophone instrumental music - OSAMU IRIE

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Isuzu MU-X 4X4 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil