Bersaing Langsung dengan Kia Grand Sedona, Apa Keunggulan Kia Carnival 2021?

Yuki · 5 Des 2020 08:00

Hadir dengan nama Grand Sedona di tanah air, mobil ini hadir dengan tampilannya yang memiliki aura kelas atas. Dengan tampilan kerennya, mobil Kia Carnival atau Kia Grand Sedona ini membuat pengemudi yang mengemudinya menjadi stylish juga.

 

Selain gencar membuat mobil bertipe SUV ( Sport Utility Vehicle), Kia juga meluncurkan Kia Carnival yang merupakan salah satu mobil MPV (Multi Purpose Vehicle). Pabrikan otomotif asal Korea Selatan ini menyebut generasi baru Kia Carnival sebagai Grand Utility Vehicle alias sebutan baru untuk MPV flagship mereka.

Nah, penampilan generasi baru Kia Carnival ini masih belum diketahui publik. Namun, pada saat pengetesan pengendaraan mobil Carnival atau Grand Sedona ini, terdapat sedikit bocoran.

Dikatakan pada bagian depan Kia Carnival ini memiliki desain yang sama dengan Kia Seltos, yakni Tiger Nose yang merupakan desain khas dari Kia. Ada juga headlamp modern yang senada dengan garis bodi dan berteknologi DRL (daytime running lights). 

Pencahayaan dari mobil Kia Grand Sedona kini berbentuk kotak sipit yang memberi kesan tajam, menciptakan keseluruhan wajah Kia Carnival yang modern.

Dari bagian samping, siluet tarikan garis kotak membuat mobil Kia Grand Sedona ini terasa lebih luas dan dihiasi dengan garis yang tegas. Kemudian pilar A, B, C yang berwarna gelap ini terasa kontras dengan warna bodi. Ini membuat atap mobil Kia Carnival atau Kia Grand Sedona terlihat seperti mengambang.

Pada bagian interior Kia Carnival memiliki aura yang mewah dan berkarakter futuristik. Pada bagian kabin ini dibekali layar digital ganda, yakni panel instrumen dan head unit yang berukuran 12.3 inci yang dibingkai menyatu. Penumpang dapat mengontrol layar ini melalui tombol sentuh di sekitar dan panel kontrol yang ada di konsol tengah dashboard.

Ada fitur Rear Passenger View & Talk yang dibekali untuk mobil Kia Carnival atau Grand Sedona yang dapat digunakan penumpang depan tanpa perlu membalikkan untuk melihat penumpang belakang melalui layar infotainment. Adapun komunikasi keduanya juga mudah dikarenakan suara dari kedua sisi dikeraskan dengan speaker.

Kia Carnival atau Kia Grand Sedona memiliki dimensi yang lebih besar, yakni pertambahan panjang 40 mm, lebar 10 mm, dan tinggi 30 mm menjadi 5.155 x 1.995 x 1.130 mm (PxLxT). Ini membuat kabin dari mobil Kia Carnival tampak luas. Dengan kabin yang luas, maka penumpang yang ada di dalam mobil akan merasa nyaman.

Untuk bagasi dari Kia Carnival atau Grand Sedona ini juga terbilang luas. Jika jok baris ketiga dilipat, maka akan mendapat luas bagasi 627 liter kargo. Apabila jok barus kedua dan ketiga dilipat, maka bagasi mobil Grand Sedona akan menjadi 2905 liter. Ground Cleareance mobil juga bertambah tinggi 26 mm menjadi 640 mm. 

Unit tersedia dalam dua konfigurasi tempat duduk. Adapun delapan penumpang menjadi standar, sementara captain seat di tengah menjadi opsional.

Mobil Grand Sedona atau Kia Carnival dikatakan akan mengusung platform yang sama dengan Kia Sorento yang bertipe mobil SUV (Sport Utility Vehicle). Jika hal tersebut benar, maka ada kemungkinan mobil Kia Carnival akan memiliki mesin yang sama dengan Kia Sorento

Kia Sorento memiliki dua pilihan mesin. Yang pertama, Kia Sorento dibekali dengan mesin berkapasitas 2.5L turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 227 hp dan torsi maksimal 421 Nm.

Yang kedua, Kia Sorento dibekali dengan mesin bensin berkapasitas 1.6L dan motor listrik dengan baterai lithium-ion berkapasitas 1,5 kWh. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 227 hp dan torsi maksimal 350 Nm.

Nah, kembali lagi ke Kia Grand Sedona yang ada di Indonesia. Mobil Kia Carnival atau Grand Sedona dibekali dua pilihan mesin. Pilihan mesin pertama mobil Grand Sedona adalah mesin diesel berkapasitas 2.2L 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 200 dk dan torsi maksimal 441,6 Nm.

Pilihan mesin kedua dari mobil KIA Grand Sedona adalah mesin bensin berkapasitas 3.3L V6 yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 276 hp dan torsi maksimal 317 Nm. Mesin V6 3.3-liter bertenaga 276 hp yang sekarang digunakan Grand Sedona dikatakan akan dipensiunkan karena dianggap kurang efisien.

Fitur keselamatan dari mobil Kia Carnival atau Kia Grand Sedona pun terbilang lengkap seperti Lane Keeping Assist (LKA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Intelligent Speed Limit Assist (ISLA), Driver Attention Warning (DAW).

Selain itu, ada juga fitur keselamatan Kia Carnival lainnya seperti Blind-Spot View Monitor (BVM), High Beam Assist (HBA), Smart Cruise Control (SCC), Navigation-based SCC (NSCC), Lane Following Assist (LFA), Highway Driving Assist (HDA) dan Surround View Monitor (SVM). 

Termasuk juga Safe Exit Assist (SEA) yang dibekali untuk mobil Grand Sedona yang berfungsi untuk mengunci pintu samping ketika mendeteksi mobil datang dari samping atau belakang. Tujuannya mengantisipasi penumpang keluar atau terlempar dari mobil.

Ada juga tujuh kantung udara yang dibekali untuk mobil Kia Grand Sedona sebagai pelindung. Sementara pengendalian distabilkan Electronic Stability Control dan Vehicle Stability Management (VSM).

Untuk memudahkan dan meningkatkan keamanan saat parkir, mobil Kia Carnival juga dibekali dengan Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Rear View Monitor (RVM), dan Parking Distance Warning (PDW) depan-belakang.

Mobil Grand Utility Vehicle, Kia Carnival atau Kia Grand Sedona ini memiliki sejumlah fitur keselamatan dan keamanan yang cukup lengkap. Apalagi dengan dimensinya yang luas dan lapang, membuat mobil Kia Grand Sedona atau Kia Carnival menjadi salah satu pilihan yang cocok sebagai mobil keluarga.

Dikabarkan mobil Kia Carnival akan mulai mengaspal di Korea Selatan. Jadi, kita tunggu saja generasi terbaru dari MPV flagship mereka di Indonesia. Apakah akan mendapatkan penyambutan yang meriah dari penggemar di tanah air? 

Gambar atau sketsa dari Kia Carnival atau Grand Sedona ini sendiri tampak begitu mencolok. Kesan minivan dari dirinya digantikan dengan garis-garis tegas SUV modern dan diperkuat dengan lingkar roda besar dengan jari-jari perak berukuran besar.

Mobil Kia Carnival atau Grand Sedona generasi keempat ini direncanakan peluncurannya di akhir tahun 2020 dan mulai dijual pada tahun 2020. Mobil dengan eksterior dan interior yang wow. Ditambah lagi, mobil Kia Carnival ini juga dibekali dengan berbagai fitur menarik yang membuat penumpang mobil menjadi lebih aman. Kita tunggu saja ya peluncurannya.

Komentar

Mobil Terbaru