window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mengenal Teknologi E-Platform 3.0 dan 8 in 1 Powertrain dari BYD, Punya Fitur Pintar Biar Lebih Aman

Prasetyo · 23 Feb, 2024 17:10

teknologi e-platform 3.0 byd

Sebelum tertarik untuk membeli mobilnya, mungkin kalian harus mengenal dahulu teknologi E-Platform 3.0 BYD yang digunakan untuk semua mobil listrik BYD yang kini mulai dijual di Indonesia.

Seperti kita ketahui, BYD mulai menjajaki pasar domestik dengan tiga produk sekaligus, yakni BYD Dolphin, BYD Atto 3, dan BYD Seal.

Dan ketiga mobil listrik asal Tiongkok itu semuanya menggunakan teknologi E-Platform 2.0 yang juga diaplikasikan pada mobil-mobil BYD lainnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Lantas apa keunggulan teknologi E-Platform 3.0 BYD ini jika dibandingkan dengan mobil-mobil listrik lainnya?

Baca juga: Mau Kredit BYD Seal? Segini DP dan Cicilan Bulanannya

Menguak Keunggulan E-Platform 3.0

Teknologi E-Platform BYD Atto 3

BYD Atto 3

Untuk menjawab keraguan itu, Tatsuya Mikami, Chief Advisor, After Sales and Technical BYD Auto Japan jauh-jauh datang ke pameran IIMS (Indonesia International Motor Show) 2024 untuk menjelaskannya.

Menurut Mikami, ada sejumlah keuntungan mengapa BYD mengembangkan E-Platform 3.0 ini.

Teknologi E-Platform 3.0 BYD Memungkinkan Keleluasan Desain yang Lebih Baik

Mikami menjelaskan, ada setidaknya empat kelebihan dari E-Platform 3.0 yang sudah diaplikasikan pada mobil-mobil BYD termasuk Dolphin, Atto 3 dan Seal.

Berikut 4 keunggulan teknologi E-Platform BYD:

1. Safety

Pertama soal keselamatan atau Safety, karena platform ini sudah dirancang sedemikian rupa yang memungkinkan baterai, dalam hal ini BYD Blade Battery, bisa menempel dengan bodi.

Keunggulan penerapan sistem tersebut bisa berdampak BYD sanggup mengembangkan sebuah sistem lagi untuk membantu mengontrol tingkat suhu pada baterai, sekaligus menambah kekuatan (rigid) dari keseluruhan kendaraan tersebut.

2. Design

Keunggulan kedua dari platform racikan Build Your Dreams ini adalah memungkinkan pabrikan untuk membuat posisi baterai dan motor listrik sedikit lebih rendah.

Efeknya adalah, divisi desainer dari pabrikan ini diberi keleluasan untuk membentuk desain dari eksterior dan interior yang selain memperhitungkan estetika, juga kenyamanan dan keleluasan para penumpangnya.

Inilah yang tak heran membuat secara tampilan, mobil-mobil BYD terlihat menarik dan eksotik dan juga di area kabinnya tetap terasa lapang.

teknologi e-platform 3.0 byd

Posisi baterai bisa dibuat lebih rendah

3. Efficiency

Penerapan baterai yang lebih rendah di sistem E-Platform juga disebutkan oleh Mikami memungkinkan BYD untuk integrasi antara motor dan kontrol sistemnya secara satu kesatuan.

Dengan langkah ini membuat bobot keseluruhan mobil jadi lebih lebih ringan, belum lagi berat Blade Battery juga lebih ringan dan lebih tipis dibanding baterai tipe lain.

Sebagai contoh, ia menyebutkan, pada baterai pada BYD Dolphin yang memiliki 44,9 kWh beratnya hanya 1.250 kg.

Dengan baterai dan sistem platform yang lebih ringan tentunya akan meningkatkan efisiensi pemakaian daya baterai di mobil tersebut, yang nantinya berujung pada jarak tempuh menjadi semakin jauh.

4. Intelligence 

Penggunaan E-Platform 3.0 pada kendaraan ini memungkinkan terintegrasi berbagai kontrol sistem, sehingga bagi pengemudi ada seperti driving assistance system pribadi untuk memudahkan memantau kondisi kendaraan tersebut cukup dari satu alat yang mudah dibaca.

Mikami yang memiliki pengalaman di beberapa pabrikan otomotif lain sebelum bergabung ke BYD mengaku, jka sistem asisten pengemudi seperti ini tidak ditemui di kendaraan listrik merek lain.

Baca juga: Jadi Raja Mobil Listrik China, BYD Mau Buat Rekor Baru di Indonesia

E-Platform 3.0 Juga Membuat Baterai Lebih Aman

teknologi e-platform 3.0 byd

Pltform yang memungkinkan diaplikasikan Cell to Body Technology

Selain menggunakan teknologi E-Platform BYD juga mengaplikasikan sistem 8 in 1 Electric Powertrain. Apa itu?

Mikami menjelaskan sesuai namanya, ada delapan komponen berbeda yang memiliki tugas berbeda, tetapi terintegrasi dalam satu komponen.

Delapan komponen tersebut yaitu: 

  1. Junction Box
  2. BSM (Battery Management System) 
  3. DC-DC
  4. Transmision
  5. OBC (On Board Charger) 
  6. Motor Penggerak
  7. VCU (Vehicle Control Unit)
  8. MCU (Motor Control Unit)

Masing-masing dari komponen ini memiliki tugasnya masing-masing, yang pada intinya mengerucut untuk tugas memantau suhu dari baterai di kendaraan tersebut.

Misalnya untuk komponen OBC, akan bertugas memantau arus listrik ketika pengguna memasang charger AC (fast charging).

Kemudian di sistem 8 in 1 ini, BYD juga memiliki komponen lain yang dinamakan Thermal Management System.

teknologi e-platform 3.0 byd

Ketika baterai alami kenaikan suhu, maka Thermal Management System akan memerintahkan untuk melakukan pendinginan

Tugasnya mengatur suhu di baterai kapan harus diturunkan ketika baterai mulai alami peningkatan suhu, dan kapan baterai perlu untuk dihangatkan ke suhu ideal jika dirasa terlalu dingin misalnya akibat cuaca salju.

Sistem pemantau suhu baterai ini juga bukan pada Thermal Management System, namun di atas lapisan cell Blade Battery, juga disisipkan komponen Heat Exchanger.

Fungsinya memantau kestabilan arus listrik saat pemilik kendaraan melakukan charging, sehingga daya listrik yang masuk ke baterai akan tetap stabil yang membuat baterai tetap mampu menghasilkan performa lebih baik dengan usia pakai yang juga jadi lebih lama.

Nah komponen baterai ini juga dibekali teknologi Heat Pump yang tugasnya memberikan sinyal ke Thermal Management System ketika mendeteksi ada panas berlebih pada baterai saat melakukan pengisian daya (fast charging) berulang-ulang.

Teknologi pada baterai dengan sistem ini dianggap oleh Mikami telah terbukti sukses bisa mengantisipasi kerusakan akibat penyimpanan pada baterai, misalnya akibat perilaku pengguna yang terlalu sering ngecas baterai sampai 100 persen atau membiarkannya sampai habis 0 persen.

Baca juga: BYD Denza D9 Hadir di IIMS 2024, MPV Mewah Bertenaga Listrik Siap Lawan Alphard

e-platform 3.0 byd

Komponen pada Blade Battery BYD

Ia juga menyebutkan, untuk pengguna mobil listrik BYD yang mungkin mengalami kecelakaan dan kejadian itu merusak bagian baterai, maka disarankan melakukan penggantian baterai secara utuh, bukan cuma komponen cell baterai yang rusak saja yang diganti.

"Jika terjadi kecelakaan dan kondisinya mengenai bagian baterai, lalu muncul pertanyaan apakah bisa ganti bagian cell saja yang rusak, kita tidak merekomendasikan hal itu," tegas dia.

Hal tersebut lantaran pada baterai tadi terdiri dari sejumlah komponen yang terintegrasi satu dengan lainnya yang sudah dirancang dengan packing terbaik agar air atau debu tidak bisa masuk.

Namun lantaran BYD merupakan perusahaan berbasis teknologi, Mikami menyebutkan kalau teknologi E-Platform 3.0 BYD, sistem 8 in 1 Powertrain, termasuk Thermal Management System, hingga Blade Battery diproduksi secara in house di pabrik mereka.

"Sehingga kami bisa menciptakan komponen-komponen tersebut dengan ukurannya yang compact sesuai keinginan kami, dan juga karena semua ini diproduksi di dalam pabrik kita sendiri, maka kita bisa menekan harga produksinya," tukas Mikami.

@autofun.indonesia Rilis harga BYD bikin pusing banyak EV! #byd #iims2024 #iims #mobilbaru #mobillistrik #reviewmobil ♬ funk funky funk jazz(1447997) - Guitar House

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

ATTO 3 Standard 410 km

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia