Terkadang ada pula nomor rangka yang sudah pudar bahkan hilang karena karat, jika ragu baiknya jangan membeli unit dengan kondisi tersebut.
Hal ini dialami seorang teman yang membeli unit Vespa matic bekas secara online, dengan kondisi fisik mulus.
Unit diantarkan, lalu melakukan pelunasan dan baru sadar saat mendapati nomor rangkanya tertutup karat.
Namun penjual yang dihubungi meyakininya tidak ada masalah akan hal tersebut, dan akan dibantu proses surat-suratnya.
Kemudian saat proses balik nama dan cek fisik, nomor rangka tak terbaca pada kertas esek-esek.
Nomor rangka motor bebek ada yang di rangka tengah.
"Hasilnya ya kaya kertas dicoret-coret saja, gak ada muncul huruf atau angkanya sama sekali."
"Motor sempat ditahan karena diduga motor curian, akhirnya saya minta refund full kepenjualnya," katanya kesal.
Langkah Membeli Motor Bekas
Membeli motor bekas biasanya berawal dari jenis motor yang ingin dimiliki, apakah itu sport, bebek atau matic.
'
Kemudian melihat harga yang ditawarkan oleh penjualnya, apakah sesuai dengan budget yang dipersiapkan atau tidak.
Ada baiknya Anda menyisakan dana untuk perawatan motor bekas yang akan ditebus, setidaknya servis mesin dan ganti oli.
Setelah mencari unit yang sesuai dengan budget, perhatikan kondisi fisik motor, apakah ada bodi yang pecah.
Perhatikan juga model stripe bodinya, karena jika merupakan warna dan stripe langka, akan sulit untuk cari penggantinya.
Periksa juga kondisi mesin motor incaran, pastikan tak ada suara aneh dan mesin mudah dihidupkan.
Beli motor bekas jadi alternatif dengan harga lebih hemat.
Jika diperbolehkan, tak ada salahnya mencoba motor incaran, setidaknya untuk merasakan kinerja kaki-kaki.
Jika sudah merasa sreg, baru cocokan surat-surat kendaraan seperti STNK dan BPKB motor incaran.
Anda bisa mengikuti tahap-tahap yang telah kami paparkan di atas sebagai panduan.
Berbeda dengan unit motor baru, yang mana statusnya dari pabrikan dan pihak dealer yang melakukan cek fisik untuk proses surat-suratnya.
Rawat Nomor Rangka Motor
Dengan kondisi yang lebih mudah terkena kotoran dan air, nomor rangka motor lebih rawan rusak.
Bahkan ada pula nomor rangka bersentuhan dengan kabel atau selang-selang motor yang lambat laun bisa merusak.
Gesekan yang terus menerus bisa membuat nomor rangka pudar catnya, sehingga bisa membuatnya berkarat.
Nomor rangka kerap dipalsukan pedagang nakal.
Umumnya hal tersebut terjadi pada motor tipe sport, yang mana letak nomor rangkanya di area komstir.
Bagian ini kerap bergesekan dengan kabel-kabel motor, seperti kabel bodi, kabel kopling hingga kabel selang rem.
Untuk menjaga kondisi nomor rangka agar tetap awet dan aman, bisa dengan melapisi stiker bening.
Bisa pula menggunakan isolasi gel yang tebal, sehingga lebih tahan gesekan dan mudah dilepas saat hendak cek fisik lima tahunan.
Untuk motor matic atau bebek, yang mana letak nomor rangka berada di balik jok, dengan pengunci jok bisa lebih aman.
Tapi bukan berarti tak perlu dijaga ya, lakukan hal yang sama agar tak mudah terkena karat yang bisa merepotkan nantinya.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil