window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Jajal Yamaha WaveRunner, Mirip Yamaha NMax Buat di Air!

Ilham · 17 Okt, 2023 09:30

Yamaha WaveRunner

Yamaha WaveRunner VXR
  • Volume mesinnya mencapai 1.800 cc.
  • Posisi duduk mirip skuter Maxi Yamaha.

Tak sedikit yang menyebut jika naik skuter gambot, Maxi Yamaha seperti NMax dan XMax layaknya bermain personal watercraft, apalagi saat dipakai menerabas banjir.

Tapi apa benar begitu?

Nah, Autofun pun kedapatan menjajal personal watercraft. Buat yang bingung, bahasa awam personal watercraft adalah jetski, tapi merek tersebut sudah dipatenkan oleh Kawasaki.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Sehingga pabrikan lain perlu mencari nama lain dari personal watercraft, dan di Yamaha julukannya adalah WaveRunner.

Kali ini Autofun dan rekan media diajak mengikuti aktivitas Yamaha Marine Experience.

Tujuannya menjajal produk Yamaha Marine berupa Yamaha WaveRunner dan Yamaha Outboard Motor atau mesin tempel

Ini merupakan rangkaian kegiatan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di Lombok setelah mendapat kesempatan menonton langsung MotoGP di Mandalika akhir pekan lalu (15/10/2023).

yamaha nmax

Mesin tempel Yamaha.

Oiya, seluruh produk Yamaha Marine tersebut didistribusikan secara resmi di Indonesia oleh PT Karya Bahari Abadi (KBA Yamaha Marine). 

”Berkolaborasi dengan YIMM, kami ingin memberikan pengalaman berbeda untuk peserta saat menjelajah lautan bersama produk-produk Yamaha Marine,” kata Sulolipu Djamil Kobong, General Manager Product & Sales dari KBA Yamaha Marine.

Baca Juga: Serba-serbi Dibalik Layar MotoGP Indonesia 2023, Ada Apa Saja di Paddock Sirkuit Mandalika?

Posisi Duduk Mirip Maxi Yamaha

Berbagai line up Yamaha WaveRunner dihadirkan pada kegiatan yang berlangsung di area rekreasi Sunset Water Sport, Sengigi pada Senin (16/10/2023).

Jajal Yamaha WaveRunner, Mirip Yamaha NMax Buat di Air! 02

Kaki tetap bisa selonjor

Diantaranya WaveRunner FX Cruiser HO, VXR, EX Deluxe, EXR, EX Sport, dan EX yang disediakan oleh dealer Yamaha Marine di Lombok, Selecta Jaya Marine.

Autofun mendapat jatah tipe VXR yang bermesin 1.800 cc. Hal pertama yang dicoba adalah posisi duduknya yang memang mirip keluarga Maxi Yamaha seperti NMax dan XMax. 

Sebab ruang kaki leluasa untuk selonjoran sekali pun. Posisi setangnya pun melebar dengan penggunaan spidometer digital.

Jajal Yamaha WaveRunner, Mirip Yamaha NMax Buat di Air! 03

Line up Yamaha WaveRunner

Namun begitu melesat di air, tenaganya benar-benar berbeda. WaveRunner terasa sangat responsif dan meledak-ledak, malah mirip motor special engine.

Manuvernya pun ganas, tak heran jika kita bisa terhempas ke laut jika salah bermanuver. Karakter motor trail dan special engine juga mirip ketika WaveRunner melewati gelombang. 

Jajal Yamaha WaveRunner, Mirip Yamaha NMax Buat di Air! 04

Bisa diajak melompat layaknya motocross

Kita bisa dibawa seolah terbang melompati ombak tersebut. Tentu hal ini tak akan kita dapati saat memakai Maxi Yamaha di jalan raya.

Perbedaan lainnya ada di mesin dan harga lho. Yamaha WaveRunner punya mesin antara 1.300-1.800 cc dan ada versi supercharger.

Harganya pun setara moge, dari Rp 250-500 jutaan. Wah bisa dapat Yamaha NMax berapa tuh?

Baca Juga: Yamaha Indonesia Ajak Konsumen Saksikan Langsung MotoGP Mandalika

Melihat Mesin Tempel dan Bengkel Yamaha Marine

Pengalaman di laut kali ini juga menampilkan produk unggulan dari Yamaha Marine yaitu Outboard Motor atau yang lebih dikenal dengan sebutan mesin tempel Yamaha. 

Kali ini awak media menjadi penumpang kapal yang ditenagai dengan mesin Yamaha 200 PK sebanyak empat unit.

Kapal ini mengantarkan rombongan peserta berkeliling melihat keindahan lautan Lombok di Gili Tarawangan.

Jajal Yamaha WaveRunner, Mirip Yamaha NMax Buat di Air! 05

Fasilitas bengkel Yamaha Marine

Mesin Yamaha F200B merupakan salah satu produk andalan KBA Yamaha Marine di sektor commercial terutama di transportasi laut.

Selanjutnya rombongan pun menutup acara dengan menyambangi diler Yamaha Marine Lombok, Selecta Jaya Marine di daerah Mentigi.

Kunjungan ini menjadi salah satu pengenalan kepada kalangan media terhadap pelayanan menyeluruh Yamaha Marine di Indonesia. 

Jaringan 3S (Sales – Services – Spareparts) ini menjadi layanan utama yang diberikan kepada para pengguna produk-produk Yamaha Marine di wilayah Nusa Tenggara Barat.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });