Banyak Dibilang Boros, Cek Dulu Perbandingan Konsumsi BBM Toyota Rush Lama dan Baru

Konsumsi BBM Toyota Rush lama sering dicap lebih boros ketimbang Toyota Rush baru karena teknologi yang dipakai belum modern.

Padahal Toyota Rush konde ini masih cukup banyak peminatnya terutama di beberapa wilayah pelosok di Nusantara.

Ya, mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) memang kini makin banyak dipilih oleh konsumen di Indonesia karena beberapa alasan.

Dari segi fisik, mobil ini terlihat lebih tangguh dan maskulin dibanding citycar atau hatchback. Selain itu, ground clearance (jarak terendah ke tanah) yang cukup tinggi juga memberikan fleksibilitas tersendiri terhadap mobil jenis ini.

Satu produk SUV kompak yang cukup laris di pasaran adalah Toyota Rush. Mobil ini adalah hasil kerja sama antara Toyota dengan Daihatsu.

Kerap disebut Rush konde karena ada ban cadangan di belakang mirip konde

Toyota Rush pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2006 silam, tidak lama setelah Toyota dan Daihatsu sukses dengan memasarkan duo Low Multi Purpose Vehicle (MPV), yakni Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Saat pertama kali muncul, banyak yang menyangka antara Toyota Rush dengan Daihatsu Terios dibuat kembar. Namun, sebenarnya ada beberapa bagian yang dibuat berbeda.

Jarak sumbu roda kedua mobil ini tetap sama, tapi kapasitas penumpangnya berbeda. Daihatsu Terios dapat menampung hingga 7 orang dewasa, sementara Toyota Rush hanya bisa menampung 5 orang dewasa saja.

Selain itu, perbedaan lainnya ada pada kelengkapan fiturnya. Toyota Rush punya fitur yang lebih lengkap dibanding Daihatsu Terios, karena sudah dibekali dengan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Airbag, dan lainnya.

Baca juga: Lagi, Daihatsu Terios Berhasil Tumbangkan Toyota Rush Sebagai Mobil SUV Terlaris di Indonesia

Toyota Rush Lama Layaknya SUV Sejati

Toyota Rush lama 2006

Toyota Rush generasi pertama yang dipasarkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) hadir dengan mesin 4-silinder dengan kapasitas 1.500 cc. Ada dua opsi pilihan sistem transmisi, yakni manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Variannya sendiri terdiri dari 1.5 G MT, 1.5 S MT, dan 1.5 S AT. Toyota Rush lama atau generasi pertama ini juga banyak disebut sebagai Toyota Rush "Konde", karena di bagian belakang terdapat ban serep.

Setelah 3 tahun meluncur ke pasaran, pada tahun 2009, Toyota Rush mengalami facelift alias ubahan ringan.

Ubahan dilakukan pada bagian eksteriornya, seperti grille dengan garis melintang di tengah logo, fog lamp, dan hadirnya bumper guard pada bagian depan dan belakang.

Toyota Rush facelift pertama

Baca juga : Toyota Rush GR Sport Pakai Fitur Idling Stop yang Mirip Honda Vario Biar Makin Hemat Bensin

Pada tahun 2010, Toyota Rush kembali mengalami facelift. Saat itu, muncul Toyota Rush tipe G yang dibekali dengan sistem transmisi otomatis.

Bagian bodinya juga mengalami beberapa revisi, mulai dari kisi-kisi grille yang lebih padat, lampu belakang dibuat bening, bumper motif baru, dan lainnya. Selain itu, Toyota juga membekalinya dengan roof rail dan ban yang lebih lebar agar semakin terlihat tangguh.

Demi mememuhi permintaan konsumen, akhirnya meluncurlah Toyota Rush terbaru, yakni Rush TRD (Toyota Racing Development) Sportivo pada tahun 2013. Desain bodi tetap dipertahankan sejak generasi pertama.

Tapi, dari segi kualitas eksterior, interior, hingga fiturnya bisa dibilang mengalami peningkatan. Di bagian buritan, diberi tambahan spoiler dan desain bumper depan dan belakang juga berubah.

Fiturnya ditingkatkan dengan adanya dual SRS airbag, pretensioner, dan indikator pengingat pemakaian sabuk pengaman.

Toyota Rush cukup lama bertahan di pasaran karena banyak diminati

Pada tahun 2015, Toyota Rush kembali mendapatkan ubahan, khususnya pada bagian tampang yang menjadi lebih modern, mulai dari bagian grille, bumper, dan penyematan LED pada lampu depan serta lampu belakang. Desain pelek juga diubah, karena menggunakan Alloy Wheel Polisher berukuran 6 inci.

Pada tahun 2016, Toyota Rush juga mendapat ubahan lagi. Kapasitasnya meningkat, kini mobil SUV tersebut sudah bisa memuat 7 orang dewasa. Kali ini, Grade TRD Sportivo meningkat menjadi TRD Sportivo Ultimo.

TRD Sportivo Ultimo mengalami ubahan suspensi depan dan belakang. Dibekali dengan New Shock Absorber dan Coil Spring Dual Rate dari TRD.

Tahun 2017, All New Rush meluncur dengan platform yang benar-benar baru. Desainnya pun berubah total dan tak lagi disebut Rush "Konde".

Fitur pun semakin canggih dengan adanya Start Stop Engine alias keyless. Mesinnya menggunakan kode 2NR-VE, berteknologi Dual VVT-i, dan berkapasitas 1.500 cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 104 PS dengan torsi 136 Nm.

Baca juga: Segini Konsumsi BBM Toyota Rush dan Alasan kenapa Selalu Jadi SUV Terlaris di Indonesia

Konsumsi BBM Toyota Rush Lama

Mesin Toyota Rush konsumsi BBM cukup hemat

Toyota Rush generasi pertama dibekali dengan mesin berkapasitas 1.495 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 109 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimum yang mencapai 145 Nm pada putaran mesin 4.400 rpm.

Dari mesin tersebut, konsumsi BBM Rush lama ini menghasilkan 8,8 km/liter untuk berkendara di dalam kota.

Sedangkan untuk berkendara di jalur bebas hambatan atau di jalan tol, konsumsi BBM tercatat menghasilkan 13,8 km/liter.

Untuk rute kombinasi, konsumsi BBM Rush lama ini menghasilkan 11,3 km/liter.

Baca juga : Penjualan Toyota Rush GR Sport Langsung Meroket, 3 Faktor Ini Pemicunya

Spesifikasi Teknis Toyota Rush Lama
Dimensi
Panjang 4.420 mm
Lebar 1.745 mm
Tinggi 1.740 mm
Jarak sumbu roda 2.685 mm
Ukuran roda 185/60 R15
Mesin    
Tipe mesin 3SZ-VE DOHC VVTi
Isi silinder 1.495 cc
Jumlah silinder 4
Tenaga maksimum    109 PS @5.500 RPM
Torsi maksimum 145 Nm @4.000 RPM
Transmisi   manual 5-speed / otomatis 4-speed
Rem depan Ventilated Disc
Rem belakang Drum
Sasis
Sistem kemudi Electric Power Steering
Suspensi depan McPherson strut dengan coil spring dan stabilizer
Suspensi belakang 4-Link dengan coil spring

Baca juga: 5 Fitur Tersembunyi Daihatsu Terios 2023 yang Membuat Toyota Rush Terasa Kemahalan

Konsumsi BBM All New Toyota Rush

Konsumsi BBM All New Rush makin hemat

Toyota Rush generasi terbaru alias All New Rush ditenagai dengan mesin berkode 2NR-VE.

Mesinnya memiliki kapasitas 1.500 dengan konfigurasi 4 silinder yang mampu hasilkan tenaga maksimum hingga 104 PS pada putaran mesin 6.000 rpm.

Sedangkan torsi maksimumnya dapat mencapai 136 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm.

Soal konsumsi bahan bakarnya, mobil ini mampu menghasilkan 12 km/liter untuk rute dalam kota. Dengan catatan, transmisi yang digunakan adalah otomatis dan kecepatan rata-ratanya hanya 22 km/jam.

Sementara untuk rute di jalan bebas hambatan atau jalan tol, konsumsi BBM All New Rush dapat mencapai 16,4 km/liter. Angka tersebut didapat dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam.

Spesifikasi Teknis Toyota All New Rush
Dimensi
Panjang 4.435 mm
Lebar 1.695 mm
Tinggi 1.705 mm
Jarak sumbu roda 2.685 mm
Ukuran ban 215 / 60 R17
Mesin
Tipe mesin 2NR-VE DOHC Dual VVT-i
Isi silinder 1.496 cc
Jumlah silinder 4
Daya maksimum 104 PS @6.000 rpm
Torsi 136 Nm @4.200 rpm
Transmisi Manual 5-speed / Otomatis 4-speed
Rem Depan 16" Disc
Rem Belakang  Drum
Sasis
Sistem kemudi Electric Power Steering
Suspensi Depan MacPherson Strut dengan Pegas Koil dan Stabilizer
Suspensi Belakang 5 Link dengan Pegas Koil dan Lateral Rod dan Stabilizer

Baca juga : Cicilan Toyota Rush Bisa Rp3 Jutaan per Bulan, Begini Caranya

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Rush

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Lima Alasan Toyota Rush Masih Laku-laku Aja | Review Lengkap

Menerka Kekuatan Honda N7X, Rival baru Rush Terios | First Impression

Sejak kehadiran Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid, peta penjualan mobil dari Toyota seakan berubah. Jika selama ini Avanza selalu jadi mobil terlaris Toyota di Indonesia, bergeser ke Innova Zenix, demikian pula dengan pandangan masyarakat akan kendaraan hybrid seolah makin terbuka sejak kehadiran MPV medium tersebut. Harga Toyota Innova Zenix Hybrid untuk tipe teratas ada di angka Rp627 juta, cukup tinggi memang kalau melihat posisi mobil ini yang ada di segmen kendaraan keluarga. Pasalnya, deng
Mobil sedan MG 5 baru-baru ini melakukan uji tabrak Australasian New Car Assessment Program (ANCAP) guna mengetahui seberapa baik tingkat perlindungan yang diberikan untuk penggunanya. Sebagai brand China berdarah Inggris, MG (Morris Garage) memasarkan MG 5 bukan cuma di Indonesia namun juga beberapa negara di belahan dunia. Selain membawa desain futuristik, mobil yang bermain di segmen small sedan pesaing Toyota Vios dan Honda City ini juga memiliki fitur keselamatan modern. Meski dibekali fitu
Kelebihan dan kekurangan Toyota Land Cruiser Prado akan kami ulas secara lengkap jika Anda sedang mempertimbangkan untuk membeli mobil ini. Selain Fortuner, Prado juga jadi satu mobil dinas yang sering sekali digunakan para pejabat penting di Tanah Air. Biasanya pejabat penting yang mendapatkan mobil dinas ini menjabat sebagai menteri, komandan kesatuan, gubernur hingga bupati. Masuk dalam kategori SUV ukuran menengah yang diposisikan di bawah Toyota Land Cruiser dan di atas Toyota Fortuner, Lan
Baik Toyota Calya vs Daihatsu Sigra merupakan produk unggulan PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) 7-seater Entry Level, yang menjadi tulang punggung pabrikan sampai dengan saat ini. Untuk diketahui Toyota Calya vs Daihatsu Sigra sempat memperoleh penyegaran secara minor change pada Juli 2022, dengan memperlihatkan tampilan lebih modern sekaligus atraktif. Berbeda dengan Calya maupun Sigra versi sebelumnya yang terlihat kembar identi
Daihatsu Motor Co., Ltd secara resmi mengumumkan untuk menghentikan sementara distribusi model baik di Jepang maupun di negara lain. Hal ini karena adanya temuan investigasi Komite Independen Pihak Ketiga yang menemukan adanya penyimpangan prosedur saat proses pengujian. Investigasi tersebut menemukan ada 174 kasus baru pada 64 model di 25 item pengujian berbeda, termasuk model Daihatsu yang dipasarkan oleh Toyota Motor Corporation (Toyota), Mazda Motor Corporation (Mazda), dan Subaru Corporatio

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    Rush vs XL7
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    Rush vs Raize
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    Rush vs Almaz
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    Rush vs Terios
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    Rush vs Rocky
Toyota Rush
Lihat