Daihatsu Sigra X AT vs Toyota Calya E MT, Harga Selisih Sedikit Mana yang Paling Worth It?

Baik Toyota Calya vs Daihatsu Sigra merupakan produk unggulan  PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) 7-seater Entry Level, yang menjadi tulang punggung pabrikan sampai dengan saat ini.

Untuk diketahui Toyota Calya vs Daihatsu Sigra sempat memperoleh penyegaran secara minor change pada Juli 2022, dengan memperlihatkan tampilan lebih modern sekaligus atraktif.

Berbeda dengan Calya maupun Sigra versi sebelumnya yang terlihat kembar identik, pada model facelift keduanya kini memiliki desain sedikit berbeda khususnya di bagian grill serta bumper sebagai identitas.

Tampilan depan Toyota Calya E MT

Pada Calya, mobil ini mendapatkan New Front Mid Grille Design dengan aksen geometris ber-ornament diamond cut dan berlapis black chrome, yang menampilkan kesan sporty namun tetap terlihat elegan.

Sedangkan pada Sigra, desain grillnya disematkan garis horizontal yang dibagi menjadi beberapa bilah, serta memiliki bentuk lebih runcing di kedua sisi ujung bumper.

Sekedar informasi, Toyota Calya E MT menurut sistus resmi Toyota per Desember 2023 ini dibandrol Rp167,6 juta, sedangkan Daihatsu Sigra X AT diniagakan Rp168,6 juta OTR Jakarta.

Memiliki selisih harga baru hanya Rp1 juta, mending pilih Calya E MT atau Sigra X AT?

Baca juga: LCGC Terkenal Irit, Konsumsi BBM Toyota Calya Ternyata Diluar Dugaan!

Tampilan Toyota Calya E MT vs Daihatsu Sigra X AT

Eskterior Calya E MT

Meski sebagai tipe terendah, Toyota Calya E MT memiliki tampilan eksterior terlihat jauh lebih modern ketimbang Daihatsu Sigra X AT.

Seperti yang bisa kalian temukan, Calya E untuk lingkar roda tipe ini sudah diaplikasikan velg 14 inci dengan desain baru dual-tone.

Tak hanya itu, untuk spion samping mobil ini sudah menggunakan fitur electric mirror yang memudahkan pengguna ketika ingin mengatur posisi kaca.

Eskterior Sigra X AT

Bicara Sigra X, mobil ini masih mangandalkan velg kaleng 14 inci yang ditutupi dop, serta spion dengan pengaturan manual yang hanya bisa dilakukan dari luar.

Untuk sistem pencahayaan utama, keduanya sudah menggunakan Smoked LED Headlamp dengan menampilkan kesan sporty sekaligus modern, namun tidak dibekali foglamp pada bumper.

Perbedaan lainnya yang memperlihatkan Calya E terkesan lebih mewah yakni adanya tambahan reflektor lampu tepat di atas garnish yang menempel pada pintu bagasi.

Baca juga: Selisih Sampai Rp5 Jutaan, Perbedaan Fitur di New Toyota Calya Tipe E dan G Sedikit Banget!

Toyota Calya Dipadukan Headunit Layar Sentuh

Interior Calya E

Nuansa kabin Calya E maupun Sigra X memperoleh sentuhan warna gelap mulai dari dashboard, door trim hingga jok.

Keunggulan dari penggunaan warna gelap sendiri memberikan kemudahan kepada penggunanya saat dibersihkan ketika terkena noda.

Pada bagian center cluster Calya E berhasil disematkan head unit layar sentuh yang mendukung beberapa format seperti Bluetooth, USB dan AUX.

Sedangkan pada Sigra X, mobil ini untuk sistem hiburan yang digunakan berupa 2DIN yang mendukung format MP3, USB dan AUX.

Meski begitu keduanya memperoleh arm rest di baris pertama antara jok penumpang depan dan pengemudi, kemudian adanya air circulator yang dapat meneruskan hembusan udara sejuk dari depan untuk penumpang belakang.

Selain itu juga terdapat power outlet 12 volt di baris kedua yang bisa digunakan penumpang tengah untuk menambahkan daya pada gawai.

Oh iya, untuk jok baris ketiga Sigra X tidak dilengkapi headrest seperti yang ada pada Calya E, yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan sekaligus keselamatan berkendara.

Fitur
Keterangan Toyota Calya E MT Daihatsu Sigra X AT
Air circulator Yes Yes
Headrest Adjustable di baris 2 dan ketiga  Adjustable di baris 2
Sistem hiburan Layar sentuh 7 inci Bluetooth, USB dan AUX 2din  MP3, USB dan AUX

Fitur Keselamatan Calya E MT dan Sigra X AT Sama Persis

Fitur keselamatan ABS EBD dan parking sensor pada Calya dan Sigra

Toyota Calya E MT dan Daihatsu Sigra X AT sudah dilengkapi dual SRS airbag, Front Seatbelt with Pretensioner & Force Limiter, TAF (Total Advance Function) Body di struktur rangkanya sebagai proteksi pada rangka mobil dari tabrakan di bagian depan, belakang, Side Impact Beam, rear sensor parkir, serta ABS dan EBD untuk sistem pengeremannya.

Selain itu untuk joknya telah dibekali ISOFIX yang bisa digunakan untuk mengaitkan car seat.

Guna menghindari pencurian, dari segi keamanan berkendara keduanya berhasil diaplikasikan immoblizer serta main & spare key integrater with remote.

Sigra X AT Gunakan Transmisi Matic yang Tangguh dan Mudah dari Segi Perawatan

Mesin 3NR-VE

Toyota Calya E MT dan Daihatsu Sigra X AT andalkan mesin bensin berkapasitas 1.197 cc berkodekan 3NR-VE, 4-silinder segaris DOHC Dual VVT-i.

Di atas kertas jantung pacunya sanggup memeras tenaga hingga 88 PS di 6.000 rpm serta torsi maksimal mencapai 107 Nm pada 4.200 rpm.

Berbeda dengan Calya E MT yang dikawinkan transmisi manual 5-percepatan, Sigra X AT dipadukan menggunakan gearbox otomatis 4-percepatan yang selanjutnya diteruskan ke roda depan untuk membuatnya berjalan.

Oh iya, keduanya memiliki fitur Eco Driving yang berfungsi untuk mendapatkan konsumsi penggunaan bahan bakar secara lebih efisien.

Performa
Keterangan Toyota Calya E MT Daihatsu Sigra X AT
Mesin 3NR-VE, 4-silinder segaris DOHC Dual VVT-i 1.197 cc 3NR-VE, 4-silinder segaris DOHC Dual VVT-i 1.197 cc
Tenaga 88 PS @6.000 RPM 88 PS @6.000 RPM
Torsi 107 Nm @4.200 RPM 107 Nm @4.200 RPM
Transmisi Manual 5-percepatan Otomatis 4-percepatan

Konsumsi BBM Sigra X AT Lebih Irit Ketimbang Calya E MT

Calya

Menurut pengetesan yang pernah dilakukan, varian manual Calya dan Sigra 1.2 untuk pemakaian dalam kota berada di kisaran angka 14-16 km/liter.

Tentunya angka konsumsi bahan bakar akan berbeda ketika mobil dibawa berpergian ke luar kota.

Ketika digunakan berpergian ke luar kota, penggunaan BBM Calya E MT dapat menempuh jarak 19 hingga 20 km/liter.

Lantas bagaimana dengan Sigra X AT? Berdasarkan pengetesan konsumsi BBM-nya tembus hingga 21 km/liter.

Konsumsi BBM
Keterangan Toyota Calya E MT Daihatsu Sigra X AT
Dalam kota 14-16 km/liter 14-16 km/liter
Luar kota 19-20 km/liter 21 km/liter

Kesimpulan

Harga baru lebih mahal cuma Rp1 juta dari Toyota calya E MT, Daihatsu Sigra X AT menggunakan transmisi matic 4-percepatan yang tangguh serta cocok digunakan di kota-kota besar karena lebih nyaman digunakan saat menembus kemacetan.

Selain terasa lebih nyaman berkat penggunaan transmisi matic, untuk konsumsi bahan bakar Sigra X AT juga lebih irit.

Namun berbeda jika kalian menginginkan tampilan lebih modern, fitur lebih lengkap serta imej brand Toyota yang membuat harga jual kembali lebih tinggi, menjatuhkan pilihan pada Toyota Calya E MT dalah keputusan yang tepat.

Seperti yang disebutkan di atas sebelumnya, Calya E MT di bagian fascia mendapatkan New Front Mid Grille Design dengan aksen geometris ber-ornament diamond cut dan berlapis black chrome.

Untuk sisi sampingnya mobil ini diaplikasikan velg 14 inci dual-tone dan spion dengan pengaturan elektrik.

Sedangkan pada buritan mobil ini ketambahan reflektor lampu tepat di atas garnish.

Di bagian dalam, tipe terendah Calya berhasil disematkan head unit layar sentuh dengan konektivitas bluetooth USB dan AUX, serta headrest pada baris ketiga yang dapat memberikan kenyamanan sekaligus keselamatan berkendara.

Jadi, Toyota Calya vs Daihatsu Sigra di kedua tipe ini pilih yang mana?

Baca juga: Bedanya Sampai Rp6,6 Juta, Perbedaan New Daihatsu Sigra Tipe X dan R Cuma Gini Doang?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Sigra

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

New Daihatsu Sigra dapat mewujudkan Impian Keluarga Jadi Nyata

All New Toyota Calya - Video Produk Kejutan yang Luar Biasa

Toyota Calya Baru, Lampu depan LED, Cermin Luar Ruangan yang Dapat Ditarik

Toyota Calya baru - Mobil LCGC 7-seater yang Sesungguhnya Persembahan dari Toyota

Mobil hardtop sejatinya tidak hanya bicara soal atap yang keras pada sebuah mobil, melainkan bisa juga sebutan untuk sebuah mobil sangat legendaris, yaitu Toyota Land Cruiser. Adapun mobil hardtop yang jadi julukan bagi Toyota Land Cruiser, sempat dirasakan khususnya beberapa puluhan tahun lalu mulai tahun 1970-an. Lantas kenapa Toyota Land Cruiser bisa disebut Hardtop? Baca juga: Alasan Kenapa Harga Bekas Toyota Land Cruiser Terus Meroket, Makin Orisinal dengan Aksesoris Genuine Makin Mahal Asa
Toyota Prius bukanlah mobil yang erat kaitannya dengan ajang balap, namun mobil ini merupakan pionir kendaraan elektrifikasi dari Toyota. Meskipun lebih menonjolkan tentang efisiensi bahan bakar dan gas buang yang ramah lingkungan, faktanya sejak tahun 2012 Prius sudah dijadikan mobil balap Super GT di Jepang melalui tim Apr Racing. Dan kini Toyota Motor Corporation (TMC) sudah mengumumkan keikutsertaannya dalam ajang Idemitsu Super Endurance Southeast Asia Trophy 2023 yang berlangsung 22-23 Des
Daihatsu Ayla vs Toyota Agya 2023 sudah resmi diluncurkan di Indonesia melalui ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) yang diselenggarakan Maret 2023 lalu. Keduanya sama-sama dibangun menggunakan platform baru yakni DNGA (Daihatsu New Global Architecture) tepatnya DNGA-A, yang juga digunakan pada Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. Masing-masing mobil ini juga mendapatkan mesin serta jenis transmisi baru yang cukup alami perubahan radikal dibanding generasi sebelumnya. Meskipun identik lantaran di
Toyota Kijang Super dan Kijang Grand Extra sering dianggap serupa oleh banyak orang, padahal keduanya punya perbedaan signifikan. Wajar saja mengingat pada era 1980-an sampai 1990-an menjadi generasi keemasan Toyota Kijang di segmen mobil penumpang. Toyota Indonesia menjadikan Kijang tak lagi sebagai mobil niaga tapi juga nyaman sebagai mobil keluarga. Dan Toyota Kijang generasi ketiga ini, hadir dua varian yaitu Toyota Kijang Super dan Kijang Grand Extra. Secara spesifik, Kijang Super dan Grand
Mobil minibus Rp 50 jutaan jadi pilihan menarik bagi sebagian orang karena bisa memenuhi beberapa fungsi sekaligus. Minibus bekas di harga Rp 50 juta diminati selain harganya yang affordable, lantaran mobil jenis ini memiliki beragam keunggulan, salah satunya mampu membawa penumpang dan barang banyak. Keunggulan yang dimiliki bahkan membuat mobil jenis ini seringkali digunakan sebagai kendaraan usaha seperti berjualan sembako atau jemputan sekolah. Untuk minibus bekas di harga Rp50 jutaan yang t

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Daihatsu Sigra
Lihat