window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ketahui 6 Ciri Mobil yang Pernah Kena Banjir, Nomor 3 Paling Gampang Dikenali

Mark Jacob · 3 Sep, 2020 16:00

Ketahui 6 Ciri Mobil yang Pernah Kena Banjir, Nomor 3 Paling Gampang Dikenali 01

Membeli mobil bekas tentu menjadi alternatif lain bagi sebagian orang. Karena membeli mobil bekas tentu punya harga yang lebih terjangkau dibanding mobil baru. Sayangnya, ada beberapa pedagang mobil nakal yang tidak jujur kepada calon pembeli. Biasanya pedagang nakan ini kerap menutupi informasi mobil yang dijualnya, terutama mobil yang pernah terkena banjir. Mobil yang pernah terkena banjir biasanya memiliki beberapa ciri-ciri yang tidak dapat dibohongi.

Bagi sebagian orang, memang cukup sulit untuk membedakan mobil yang sudah pernah terkena banjir dan yang belum pernah. Tapi, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengantisipasi pedagang nakal yang berbohong. Kami akan mencoba membeberkan beberapa hal mengenai ciri mobil yang pernah terkena banjir. Kira-kira, apa saja ciri-ciri mobil yang sudah pernah terkena banjir ini ya?

Bau Nggak Sedap

Salah satu ciri yang paling gampang ditemui untuk mobil yang pernah terkena banjir adalah bau. Mobil yang sudah pernah terkena banjir biasanya punya bau yang apek, lembab, dan terasa nggak enak dicium. Biasanya bau ini sudah dapat dicium saat kita pertama kali membuka pintu mobil. Aura mobil yang sudah pernah terkena banjir ini memang nggak bisa dibohongi. Karena ada beberapa bagian mobil yang tidak bisa hilang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ketahui 6 Ciri Mobil yang Pernah Kena Banjir, Nomor 3 Paling Gampang Dikenali 01

Salah satunya adalah bau. Bau ini disebabkan lembabnya bahan jok, karpet dasar, hingga plafon yang mungkin pernah terendam banjir. Air banjir mengandung lumpur kotor, dan airnya pun beraroma tak sedap. Itulah yang membuat interior mobil yang pernah terkena banjir bakalan punya bau apek dan anyir seperti kain yang tidak kering. Kalau sudah begini, mendingan nggak usah dibeli aja mobilnya. Cari yang lain!

Elektronik Bermasalah

Salah satu ciri yang bisa kalian lihat dari mobil yang pernah terkena banjir adalah elektronik pada mobil yang biasanya bermasalah. Mobil memiliki banyak perangkat elektronik. Jika sudah pernah terendam air banjir, biasanya elektronik tersebut akan mengalami masalah atau bahkan rusak. Usahakan pada saat melihat mobil, cobalah semua elektronik yang ada pada mobil tersebut. Jangan lupa perhatikan juga kondisi komponen elektronik tersebut.

Ketahui 6 Ciri Mobil yang Pernah Kena Banjir, Nomor 3 Paling Gampang Dikenali 02

Biasanya air bekas banjir ini bisa membekas di beberapa bagian elektronik dan sangat susah buat dihilangkan. Untuk itu, pembeli harus jeli melihat detail komponen elektronik yang ada pada mobil. Bercak-bercak yang ada pada elektronik mobil seperti lampu, mika lampu, modul, relay bisa memberi tahu kalau mobil ini pernah terendam. Cirinya? Biasanya komponen tersebut punya warna yang berbeda, dan sedikit berbau.

Ada Karat di Selah-selah Kecil

Ciri lain yang paling gampang buat ditemui dari mobil yang pernah terkena banjir adalah adanya karat. Karat yang timbul biasanya menandakan mobil ini pernah terkena banjir, apalagi untuk mobil yang usianya masih beberapa tahun. Jika usia mobil tersebut masih cukup muda, Anda wajib curiga. Karena tidak seharusnya mobil baru buatan pabrik sudah berkarat di beberapa titik, mengingat pabrik sudah melapisinya dengan lapisan cat anti karat.

Karat ini biasanya bisa dengan sangat mudah dilihat. Caranya kamu bisa membuka karpet dasar, melihat selah-selah karet pintu atau bagasi, atau bisa juga melihat engsel-engsel yang ada di mobil. Jika beberapa titik tersebut ditemukan karat, tanyakan saja kepada penjual. Karat ini juga paling mudah ditemui pada baut.

Ketahui 6 Ciri Mobil yang Pernah Kena Banjir, Nomor 3 Paling Gampang Dikenali 03

Baut yang berkarat apalagi yang lokasinya cukup tersembunyi jika berkarat, bisa dipastikan mobil tersebut pernah terendam banjir. Biasanya detail-detail terkeceil seperti ini kerap dilewatkan meskipun mobil sudah dibersihkan dari air banjir. Nah, wajib teliti nih sebagai pembeli jangan mau tertipu pedagang nakal ya.

Harga Kelewat Murah

Pedagang nakal yang menjual mobil bekas banjir biasanya akan mematok harga yang lebih murah dari harga pasaran mobil tersebut. Tujuannya untuk membuat mobil tersebut cepat laku dan dibeli oleh konsumen yang tidak paham dengan kondisi mobil. Sebaiknya Anda wajib curiga dengan harga murah yang ditawarkan oleh pedagang kepada Anda. Tanya, kenapa harganya begitu murah dibandingkan dengan harga pasaran yang ada.

Misalnya harga pasaran mobil tersebut dengan tahun produksi, tipe yang sama dan model yang sama dijual di kisaran Rp180 jutaan. Tetapi ada pedagang yang menjual dengan harga Rp130 jutaan atau Rp140 jutaan. Sebaiknya jangan langsung tergiur untuk membeli. Lakukanlah pemeriksaan secara mendalam supaya nggak membeli mobil bekas banjir.

Oli Berwarna Coklat Karena Tercampur Air

Biasanya mesin mobil yang pernah terkena banjir olinya bakal berwarna kecoklatan. Hal ini karena air sudah masuk ke dalam ruang mesin, dan tentunya hal ini bisa membuat performa mesin menjadi rusak. Pada saat memeriksa mobil, usahakan cek dengan membuka tutup oli mesin. Periksa bagian dalam, apakah bagian mesinnya berwarna coklat atau hitam normal.

Ketahui 6 Ciri Mobil yang Pernah Kena Banjir, Nomor 3 Paling Gampang Dikenali 04

Jika berwarna hitam normal keemasan, ini tandanya mesin masih dalam kondisi wajar. Namun jika berwarna coklat susu, sebaiknya lupakan mobil tersebut dan tanyakan kepada penjual. Jika suatu saat kamu menemukan ciri-ciri mobil seperti ini, lebih baik cari opsi mobil lain dengan kondisi yang lebih baik. Oli mesin yang berwarna coklat menandakan kondisi mesin yang kurang sehat.

Cek Bagian Kaki-kaki

Bagian terakhir yang bisa kamu cek untuk melihat apakah mobil ini pernah terkena banjir atau tidak adalah bagian kaki-kaki. Bagian kaki-kaki merupakan bagian yang paling jarang dilihat oleh calon pembeli mobil. Biasanya mobil yang pernah terendam banjir punya kaki-kaki yang sedikit berkarat. Bahkan ada juga yang hampir semua bagian kaki-kakinya berkarat.

Hal yang paling mudah lihat saja bagian di sela roda, atau bagian caliper rem. Biasanya mobil yang pernah terendam banjir bagian caliper, baut roda, rem, dan komponen kaki-kakinya akan berkarat. Karatnya pun bisa dibilang dalam jumlah yang sangat banyak dan tidak wajar. Jika sudah begini, kamu bisa menanyakan kepada penjual, atau mencari unit yang jauh lebih segar dan lebih baik.

Ketahui 6 Ciri Mobil yang Pernah Kena Banjir, Nomor 3 Paling Gampang Dikenali 05

Nah, itu tadi merupakan 6 ciri-ciri mobil yang pernah terkena banjir. Ada beberapa pedagang mobil yang menjual barang dengan jujur, tetapi tidak sedikit juga yang menyembunyikan mobil yang terkena banjir. Untuk itu, sebagai calon pembeli diusahakan dapat melakukan pengecekan dengan sangat teliti. Supaya nggak ketipu, 6 cara di atas bisa kamu pakai. Semoga bermanfaat ya!

Mark Jacob

Tergila-gila dengan mobil tua, apalagi buatan Eropa. Pastinya suka berteman dengan mobil yang boros, dan pintunya cuma dua.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil