window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Air Wiper Mobil Tidak Keluar Jangan Buru-buru ke Bengkel, Cara Mengatasinya Mudah

Prasetyo · 5 Okt, 2023 13:03

air wiper mobil tidak keluar

Air wiper mobil tidak keluar mungkin pernah Anda alami saat hendak menyapu kotoran yang menempel pada kaca mobil bagian depan.

Ketika air ini tidak menyemprok ke arah permukaan kaca, pastinya bisa membuat Anda kesal dan yang lebih parah dapat menyebabkan kaca mobil tergores oleh kotoran yang menempel di karet wiper.

@autofun.indonesia Perjalanan Daihatsu Terios #reviewmobil #tipsmobilbekas #mobilmudik #terios ♬ Famous piano songs for comedy and cooking programs - moshimo sound design

Latas apa penyebab air wiper mobil tidak keluar? Apakah akibat kerusakan pada salah satu komponennya? Dan berapa biaya perbaikan kerusakan ini?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tenang dulu, sebab air wiper yang tidak bisa menyemprot keluar ke arah kaca mobil, bukan berarti ada komponen yang rusak.

air wiper mobil habis

Air wiper penting untuk membantu karet wiper membasuh permukaan kaca mobil

Bisa saja akibat hal-hal kecil yang tidak kita sadari.

Baca juga: Dibutuhkan Saat Musim Panas, Pilih Pelindung Kaca Mobil Jangan Sembarangan

Penyebab Air Wiper Mobil Tidak Keluar

Kalau masalah ini tengah Anda hadapi, jangan buru-buru datang ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan dan perbaikan.

Sebab mungkin saja masalah yang timbul bisa diatasi sendiri di rumah dengan langkah-langkah yang mudah.

1. Air Wiper Mobil Habis

tabung reservoir air wiper

Cari tabung yang tutupnya berlogo air wiper

Sebelum panik akan besaran biaya servis untuk wiper, pertama-tama cek dulu bagian tabung reservoir air wiper, yaitu tempat untuk menyimpan cadangan air wiper jika sewaktu-waktu digunakan.

Caranya, buka kap mesin mobil Anda, dan cari tabung berbentuk putih agak transparan, dengan tutupnya yang diberi logo wiper, biasanya pakai tutup warna biru atau hitam.

Periksa kuantitas air di tabung itu, kalau menunjukkan di garis Minimum (MIN) atau air wiper kering sama sekali, maka isi dengan air wiper yang baru.

Pastikan pula menggunakan cairan khusus wiper kaca mobil ya, jangan menggunakan air yang dicampur sabun cuci piring atau cuci pakaian.

Air wiper buat mobil harganya gak mahal kok!

Baca juga: 3 Cara Menghilangkan Bekas Stiker di Kaca Mobil dengan Mudah

2. Air Wiper Mobil Tidak Keluar Akibat Tersumbat

air wiper mobil tersumbat

Coba lubangnya ditusuk pakai jarum atau kawat kecil

Penyebab yang sering terjadi dan mengakibatkan air wiper pada kendaraan Anda tidak bisa keluar dari lubangnya adalah bagian selang yang bermasalah.

Selang penyalur air wiper ini mampet akibat ada endapan kotoran, biasanya ini terjadi di bagian ujung selang dekat dengan lubang semprotan air wiper.

Untuk mengatasinya Anda bisa membersihkan kotoran tersebut dengan cara mencolok lubang air wiper yang ada dekat kaca depan dengan jarum atau kawat kecil.

Tusuk-tusuk bagian itu beberapa kali sampai terasa tidak ada lagi endapan kotoran di saluran tersebut.

Jika sudah, coba semprotkan lagi air wiper ke kaca, jika ternyata ebrhasil, maka endapan kotoran sudah teratasi.

Baca juga : Cegah Panas Masuk ke Dalam Mobil, Mending Pakai Sun Shade atau Sarung Mobil?

3. Selang Air Wiper Bocor atau Lepas

selang air wiper

Perhatikan jalur selang air wiper apakah terlepas atau ada kebocoran

Masih seputar selang penyalur air wiper, selain kotor di bagian ujungnya, bisa juga air tidak bisa keluar lantaran ada kebocoran pada jalur selang ataupun selang terlepas dari tempatnya.

Untuk mengatasinya, Anda harus menyecek jalur selang wiper ini hingga ke bagian selang yang mengarah ke tabung reservoir.

Pastikan bagian ujung-ujung selang masih terpasang pada tempatnya, dan jika ada bagian selang yang basah, mungkin itu akibat kebocoran selang.

Kalau ditemukan kebocoran, maka sebaiknya ganti dengan selang yang baru dan pastikan memasangnya dengan rapat supaya tidak mudah terlepas.

Baca juga: Sering Hujan Mendadak, Ini 3 Waktu Yang Tepat Menggunakan Air Wiper

3. Motor Wiper Rusak

tuas air wiper mobil

Coba tekan tuas air wiper mobil, jika tidak ada suara mendengung, berarti motor wiper rusak

Nah satu hal yang ahrus Anda perhatikan lagi ketika air wiper mobil tidak keluar adalah bagian motor wiper.

Kondisi motor penggerak air wiper yang aus atau sudah rusak tentu saja membuat air wiper mobil tidak keluar. 

Untuk mengetahui kondisi tersebut, Anda cukup mendengarkan suara mesin dari motor penggerak air wiper.

Caranya dengan menekan tombol air wiper dan dengarkan apakah ada suara dengungan dari mesin motor tersebut. 

Jika tidak ada suara apa-apa maka bisa dipastikan bagian motor penggerak air wiper sudah aus atau mati. 

Keausan tersebut bisa saja terjadi karena usia motor penggerak air wiper sudah terlalu tua ataupun karena disebabkan bagian sekring dan sistem kelistrikan mobil yang bermasalah.

Jika Anda kurang paham mengenai pengecekan atau perbaikan komponen ini, segera hubungi bengkel resmi terdekat, atau bengkel langganan Anda untuk dilakukan perbaikan.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil