Mau Beli Mobil Seken? Kenali 5 Tanda Mobil Bekas Tabrakan

Mau Beli Mobil Seken? Kenali 5 Tanda Mobil Bekas Tabrakan

Membeli mobil seken atau mobil bekas pakai adalah solusi murah bagi kalian yang ingin mendapatkan mobil impian dengan harga yang lebih terjangkau.

Namanya mobil bekas pakai, pasti harganya lebih murah dan ramah di kantong dibandingkan mobil baru. Namun, sebelum membeli mobil seken ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Tak jarang pemilik mobil bekas 'nakal'menjual kendaraannya yang bekas tabrak tanpa memberi tahu calon konsumen.

Penjual mencoba menutupu kerusakan bekas tabrakan dengan berbagai cara agar terlihat seperti mobil dengan kondisi baik.


Pasalnya, selain menurunkan minat calon pembeli terhadap mobil, harga jual kendaraan yang pernah mengalami tabrakan atau kecelakaan pasti akan turun drastis dibandingkan mobil bekas dalam keadaan bagus.

Meski begitu, tak semua kendaraan bekas yang ada di pasaran adalah bekas tabrak. Ada juga mobil seken yang dijual dalam kondisi baik bahkan mirip dengan mobil baru. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mengenali mobil seken bekas tabrak dan tidak?

Agar tak kecele, berikut tips dan trik dari Autofun untuk mengenali mobil bekas tabrak:

1. Lihat Kesamaan Warna Cat Bodi


Cara pertama dan yang paling awam dilakukan untuk mengenali mobil bekas tabrak atau tidak adalah mencocokkan kesamaan warna bodi mobil.

Sebuah mobil yang pernah mengalami kecelakaan biasanya ada bagian cat yang terkelupas. Maka dari itu pemilik atau penjual melakukan cat ulang agar mobil terlihat seperti sedia kala. Namun, biaya yang harus dkeluarkan untuk melakukan pengecatan ulang seluruh bodi tidaklah murah.

Biasanya penjual atau pemilik lama hanya mengecat bagian yang terdampak kecelakaan atau hanya mengganti panelnya saja. Tentu warna dari bagian bodi yang dicat ulang atau panel baru tersebut tak akan sama dengan warna bodi lainnya.

Memang terkadang sulit dikenali secara kasat mata. Untuk mengenali cat bodi yang tak konsisten, bisa dilakukan pengecekan melalui alat paint meter yang dapat mengenali perbedaan warna cat bodi melalui sensornya.

Jika memang terpaksa tak ada paint meter, kalian bisa melihat warna cat mobil di tempat yang terkena cahaya matahari langsung atau memiliki pencahayaan bagus untuk melihat perbedaannya.

2. Perhatikan Mur dan Baut Baru atau Lama dengan Goresan


Memperhatikan mur dan baut bodi sebenarnya adalah cara paling simpel yang sering orang tak sadari. Biasanya, mur dan baut pada bodi mobil baru dicat senada dengan warna bodi.

Jika ditemukan mur dan baut pada bodi mobil sudah lecet, maka ada kemungkinan panel yang dikaitkan oleh mur dan baut tersebut pernah dilepas.

Panel bodi mobil bekas yang sudah pernah dilepas menggiring opini ke beberapa kemungkinan seperti pernah dilakukan penggantian panel baru atau pengecatan ulang untuk menutupi bekas tabrakan.

Para penjual 'nakal' tak habis akal, untuk mengelabui calon pembeli, mereka mengganti mur dan baut tersebut dengan yang baru atau di cat ulang agar tak terlihat bekas dibuka. Namun, tetap saja hal tersebut dapat dikenali bahkan melalui mata telanjang.

3. Bagian atau Part Mobil Diganti Baru


Jika kalian membeli mobil berumur 5 atau malah 10 tahun, tentu seharusnya bagian mobil juga memiliki umur yang sama. Contohnya seperti lampu depan dan belakang mobil berumur 10 tahun pasti memiliki housing yang kusam dan tak sekinclong mobil baru.

Hal tersebut malah menandakan bahwa mobil tak melakukan penggantian part bodi untuk menutupi bekas tabrakan.

Jika menemukan ada part baru pada mobil bekas seperti housing lampu depan, lampu belakang, spion, bumper depan, bumper belakang, atau bahkan grille baru malah menimbulkan kecurigaan.

Kenapa part tersebut diganti? Apakah bekas tabrakan?

4. Gunakan Magnet untuk Mengetahui Bekas Spet Dempul


Bodi mobil yang mengalami kecelakaan atau tabrakan biasanya mengalami penyok.Untuk mengembalikan bentuknya seperti semula maka tak jarang dilakukan perbaikan agar bentuknya  kembali apik. Salah satunya dengan melakukan spet atau dempul bodi.

Cara mengetahui bodi mobil pernah didempul atau tidak, selain melihat dari perbedaan cat bisa juga menggunakan magnet. Pada dasarnya bodi mobil dibuat dari besi yang mana saling tarik menarik dengan magnet.

Sedangkan dempul terbuat dari resin dan pengeras sehingga tak bereaks terhadap magnet. Kalian cukup mendekatkan magnet ke bodi untuk melihat apakah ada bekas dempulan atau tidak.

Eits, tapi perlu diingat. Jangan tempelkan langsung magnet ke bodi dan menggesernya. Hal tersebut malah bisa membuat bodi baret ya. Cukup rasakan saja seberapa kuat tarikan magnet terhadap bodi saat melakukan pengecekan.

5. Panel Bodi yang Tak Presisi


Yang terakhir tapi bukan tak penting, sebelum membeli mobil bekas baiknya memeriksa tingkat presisi dari panel bodi. Jika ada penggantian bodi atau perbaikan akibat kerusakan parah, maka kecil kemungkinan bodi mobil bisa kembali seperti semula.

Ada kemungkinan tingkat persisi pada sela-sela panel bodi baik di kanan maupun kiri tak sama. Ambil contoh sebuah sedang ditabrak dari belakang hingga membuat bodi belakang penyok.

Setelah dilakukan perbaikan rangka, biasanya jarak antara pintu bagasi bagian kanan dan kiri dengan bodi berbeda.

Karena pada sejatinya sangat sulit mengembalikan bentuk rangka atau bodi seperti semula setelah mengalami tabrakan yang parah. Selain itu, gap atau jarak yang tak selaras juga bisa dilihat di kap mesin, pintu depan belakang, hingga panel bodi.

Kesimpulan

Jika kalian ingin membeli mobil seken namun menghindari kendaraan bekas tabrak, maka hal yang perlu selama pengecekan diperhatikan adalah konsistensi. Memang dibutuhkan ketelitian untuk menilik kerusakan yang coba ditutupi penjual.

Mobil bekas tabrak bukan berarti tak layak dibeli, namun harganya tak bisa disamakan dengan mobil yang belum pernah mengalami tabrakan.

Jika menerapkan lima hal di atas, kalian bisa memanfaatkannya sebagai keuntungan. Contohnya menegosiasikan harga agar dapat turun atau malah menjadikannya bahan komparasi mobil lain untuk memilih mana yang terbaik untuk dibeli.

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Penikmat adrenalin tinggi melalui kendaraan yang fun to drive

Komentar

Komentar

Tidak ada komentar

Jadilah yang pertama membagikan ulasan!

Komentar
Komentar

Detail komentar

Komentar

top

Baru saja

·

Balas

    Jadilah yang pertama untuk memberi komen

Berita Terbaru

Kenapa Toyota Avanza Selalu Laris Manis, Apa Sih yang Bagus Dari Mobil Itu? Panduan Membeli
Kenapa Toyota Avanza Selalu Laris Manis, Apa Sih yang Bagus Dari Mobil Itu? Terkadang sangat membosankan jika tahu Toyota Avanza selalu jadi mobil yang paling laris di Indonesia. Hmmmm, rasanya seperti tak ada mobil lain saja di Indonesia ini selain Toyota Avanza. Terkadang kita juga merasa aneh sih, kenapa mobil seperti itu malah menjadi raja penjualan di Tanah Air? Apa sih yang ngebuat banyak orang suka sama mobil yang satu ini?Pertanyaan ini pastinya sering banget terlontar bagi mereka yang masih bingung kenapa Toyota Avanza masih diburu banyak orang. Memang agak men
Menghitung Biaya Servis DFSK Glory i-Auto dan Wuling Almaz, Benarkah Lebih Murah Almaz? Tips
Menghitung Biaya Servis DFSK Glory i-Auto dan Wuling Almaz, Benarkah Lebih Murah Almaz? Merupakan Intelligent SUV asal Cina, DFSK Glory i-Auto tidaklah sendiri dalam meramaikan kancah otomotif Tanah Air. Setidaknya DFSK Glory i-Auto memiliki kompetitor yang ‘Head to Head’ langsung, yakni Wuling Almaz.Sama-sama dibandrol dengan harga di bawah Rp350 juta, DFSK Glory i-Auto Rp329.699.000 (On The Road Jakarta) dan Wuling Almaz Rp341.800.000 (On The Road Jakarta), sebagai Mid Size Sport Utility Vehicle (SUV) keduanya sama-sama terbilang sangat terjangkau.Ketika bicara biaya
Review Nissan March: City Car Compact Sarat Fitur Reviews
Review Nissan March: City Car Compact Sarat Fitur Nissan March adalah salah satu model small hatchback pabrikan Nissan. Mobil yang satu ini dikenal sebagai city car yang andal digunakan di perkotaan berkat bodinya yang mungil dan compact. Di Jepang sendiri, Nissan March dikenal dengan nama Nissan Micra. Meskipun nama Nissan March mulai meredup karena ramainya persaingan di segmen yang sama dengan para pesaingnya seperti Honda Brio atau Mitsubishi Mirage, tetapi Nissan March ternyata memiliki keunggulannya tersendiri.City Car yang satu ini
Toyota Berikan Service Gratis Bagi Pemilik All New Corolla Cross Tips
Toyota Berikan Service Gratis Bagi Pemilik All New Corolla Cross Toyota all New Corolla Cross sebagai andalan terbaru dari Toyota, tentu banyak yang ingin mengetahui tentang biaya perawatan maupun service mobil yang mulai dari harga 457, 8 juta ini. Terlebih biaya gratis untuk service berkala pada Corolla Cross tipe Hybrid yang merupakan varian hybrid dari Toyota.Pada dasarnya, bagian yang harus diperiksa dalam service berkala tidak mengalami perbedaan banyak antara mesin bensin hingga tipe Hybrid. Khusus untuk Toyota All New Corolla Cross sebagai varian hybr
Dari segi mesin, apa hubungan Proton X50 dan Volvo XC40? Reviews
Dari segi mesin, apa hubungan Proton X50 dan Volvo XC40? Punya Dua Pilihan Mesin 1.500 cc Tapi Beda Tenaga, Ini PenjelasannyaMobil pabrikan merek Malaysia, Proton X50 yang merupakan rebadge dari Geely Binyue memang cukup menarik untuk dibahas lebih lanjut.Selain memiliki tampilan yang menarik, tenaga yang dihasilkan mesinnya pun menjadi nilai tersendiri untuk diboyong konsumen.Sesuai yang diberitakan Autofun.co.id sebelumnya, SUV berbodi kompak ini memiliki empat trim level yang ditawarkan ke masyarakat yakni Standard, Executive, Premium, dan Flagship

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
Nissan Kicks
Rp TBC - 449,00 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Hilux
Rp 0,22 - 34,16 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
BMW 5 Series Sedan
Rp 1,06 - 1,27 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
MG HS
Rp 369,80 - 429,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Corolla Cross
Rp 457,80 - 497,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
MINI 3 Door
Rp 0,74 - 15,00 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Mitsubishi Pajero Sport
Rp 486,50 - 697,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW 8 Series Coupe
Rp 2,41 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
DFSK Glory i-Auto
Rp 329,70 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW X3 M
Rp 2,49 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
BMW X4 M
Rp 2,53 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Wuling Cortez
Rp 208,80 - 282,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Lexus LM
Rp 239,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Lamborghini Huracan
Rp 8,90 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Audi Q3
Rp 875,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW 3 Series Touring
Rp 1,46 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Suzuki Ignis
Rp 171,00 - 200,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW X6
Rp 1,79 - 2,16 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Renault Kwid
Rp TBC - 149,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz GLS-Class
Rp 2,15 - 5,23 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
MG ZS
Rp 258,00 - 289,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 3
Rp 399,90 - 464,40 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 9
Rp 846,80 - 954,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic Hatchback
Rp 433,60 - 474,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 30
Rp 479,90 - 519,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW M5
Rp 3,76 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Peugeot 5008
Rp 745,00 - 820,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Peugeot 3008
Rp 690,00 - 730,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Beranda