PT Astra Daihatsu Motor melakukan recall terhadap sejumlah 9.378 unit model Rocky dengan periode produksi 28 April – 7 Oktober 2021. Dalam recall ini perlu dilakukan penguatan dengan menambah titik area pengelasan pada bagian dudukan shock absorber depan.
Perbaikan perlu dilakukan karena berpotensi mengganggu kenyamanan berkendara ketika melewati kondisi jalan rusak di kecepatan tinggi. Selain itu, akan timbul bunyi abnormal pada bagian dalam kap mobil, hingga potensi terlepasnya komponen dudukan shock absorber tersebut. Adapun perbaikannya mencakup penambahan 11 titik pengelasan dari awalnya cuma 14 titik sehingga menjadi 25 titik.
"Kalau 14 titik itu dilakukan pengelasan dengan benar, harusnya sudah cukup. Supaya apron lebih kuat, kami tambahkan 11 titik. Kami lakukan simulasi kalau 25 titik ini tidak ada masalah berbahaya," ucap Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).
window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [
728,
90
], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });
Daihatsu merekomendasikan pelanggan yang mobilnya masuk dalam daftar program recall untuk dapat membawa kendaraan mereka ke bengkel resmi Daihatsu terdekat untuk dapat ditangani. Adapun recall Daihatsu ini dilakukan tanpa dikenakan biaya alias gratis.
Untuk waktu proses perbaikannya, pada model Rocky akan berlangsung selama sekitar 10 jam kerja. Untuk prosedur recall, Daihatsu akan menghubungi pelanggan yang kendaraannya masuk ke dalam program ini.
Selain itu, pelanggan juga bisa mengecek sendiri dengan mengunjungi website resmi pada tautan www.daihatsu.co.id/recall. Caranya dengan memasukan nomor rangka kendaraan, atau bisa juga dengan menghubungi Daihatsu Access di 1-500-898. Apabila kendaraannya masuk daftar recall, dapat langsung melakukan booking jadwal, dan datang ke bengkel resmi Daihatsu sesuai waktu yang telah ditentukan.
"Kita sudah siapkan 162 bengkel dari Sumatera sampai Papua, paling banyak di DKI untuk perbaikan unit yang dimulai pada hari ini. Kita sudah bikin SOP recall ini terkait dengan elektrikal dan komponen di sekitar bagian yang diperbaiki untuk melakukan proteksi dari las dan cat. Jadi untuk memastikan kerjaan ini tidak ada resiko dengan part lain," beber Bambang Supriyadi selaku Technical Service Division Head PT Astra Daihatsu Motor.
Selain Rocky, ADM juga melakukan recall pada model GranMax dan Luxio, Daihatsu ingin melakukan pemrograman ulang pada komponen ECU mesin pada kedua model tersebut dengan total sebanyak 11.734 unit dengan periode produksi 9 September 2021 – 21 Januari 2022.
Fenomena yang umum ditemui pada unit terdampak di atas adalah RPM yang tidak stabil, mesin knocking, dan kinerja mesin yang tersendat hingga mati.
window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [
728,
90
], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });