window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Barang-barang Penunjang Berkendara yang Wajib Ada di Mobil, Bikin Nyaman Perjalananmu

Yongki Sanjaya · 29 Jun, 2021 15:30

Barang-barang Penunjang Berkendara yang Wajib Ada di Mobil, Bikin Nyaman Perjalananmu 01

Selama berkendara, kadang kita membutuhkan beberapa perlengkapan yang tidak disediakan di mobil. Dahulu ponsel paling sering kita manfaatkan sebagai peta digital karena belum banyak head unit yang memiliki fitur tersebut. Seiring kemajuan teknologi, kita rupanya masih butuh berbagai perlengkapan penunjang untuk kenyamanan berkendara.

Memang, manusia ini tak lepas dari kebutuhan akan teknologi terkini. Kehadiran gadget atau peranti ini dapat memberikan kemudahan. Di antara peranti ini, pasti sudah ada yang selalu tersedia di dalam mobil kalian.

Dashcam, Fitur yang Kian Penting Untuk Penunjang Keamanan Berkendara

Barang-barang Penunjang Berkendara yang Wajib Ada di Mobil, Bikin Nyaman Perjalananmu 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kita semua pernah melihat tayangan televisi soal kecelakaan lalu lintas atau tindak kejahatan berdasarkan rekaman dashcam.  Memiliki dashcam di mobil Anda kini jadi kian penting supaya memiliki alat bukti jika Anda terlibat atau menjadi saksi peristiwa selama berkendara.

Beberapa perusahaan asuransi di luar negeri menawarkan diskon untuk mobil yang dipasangi dashcam. Sayangnya tidak ada hal seperti itu di Indonesia, walaupun sebenarnya penting dan dibutuhkan.

Untungnya dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak mobil yang dijual sekarang datang dengan dashcam built-in seperti misalnya Suzuki XL7.  Tapi jika mobil Anda tidak mendapat fitur dashcam bawaan, tak ada salahnya membeli produk aftermarket. 

Kabel USB dan Lighter Charger Untuk Ponsel, Peranti yang Wajib Ada di Mobil

Barang-barang Penunjang Berkendara yang Wajib Ada di Mobil, Bikin Nyaman Perjalananmu 01

Kamu yang sering bepergian dan tak lepas dari komunikasi memakai ponsel jelas butuh pengisi daya. Untuk di mobil mahal mungkin sudah tersedia magnetic wireless charging, tapi bagaimana dengan mobil biasa? Kamu jelas butuh charger dengan soket dari lighter mobil.

Tidak cukup charger, kamu juga butuh kabel USB entah itu micro USB, type C, atau lightning untuk pemilik iPhone. Adanya dua peranti ini membuat kalian tetap bisa berkomunikasi dan mengakses informasi dari ponsel tanpa takut kehabisan daya.

Tirai dan Sun Screen, Wajib Ada Untuk Penghalang Panas

Barang-barang Penunjang Berkendara yang Wajib Ada di Mobil, Bikin Nyaman Perjalananmu 02

Tidak bisa dipungkiri kalau beberapa kota di Indonesia benar-benar panas di siang hari.  Namun kondisi yang lebih panas adalah saar kabin mobil saat diparkir di bawah sinar matahari langsung.  

Paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat menyebabkan plastik interior memudar dan jok kulit mengering sampai retak.

Jadi sangat direkomendasikan untuk menggunakan kerai setiap kali kamu harus memarkir mobil di tempat terbuka. Jenis lembaran alumunium lipat lebih praktis daripada tirai, tetapi di mobil mewah biasanya sudah tersedia tirai bawaan yang berfungsi dengan baik menghalau panas.

Barang-barang Penunjang Berkendara yang Wajib Ada di Mobil, Bikin Nyaman Perjalananmu 03

Tirai baik itu genuine atau aftermarket juga bisa membantu menghalau panas, bahkan bisa diaplikasikan oleh penumpang saat mobil sedang dikendarai. Kini sudah banyak tirai dengan magnet yang mudah dibuka tutup secara praktis dan turut mempercantik interior mobil.

Ban Serep dan Dongkrak, Atau Repair Kit Untuk Ban RFT

Barang-barang Penunjang Berkendara yang Wajib Ada di Mobil, Bikin Nyaman Perjalananmu 04

Mobil mahal keluaran terbaru ada yang telah memakai ban RFT alias run flat tire. Jenis ban ini tidak membutuhkan ban serep, namun biasanya disediakan repair kit oleh pabrikan atau penyedia ban. Pastikan selalu repair kit ini tidak bermasalah sehingga siap digunakan saat kondisi darurat.

Sementara itu untuk kamu yang masih memakai ban biasa, pastikan agar kondisi ban serep tidak kurang angin dan siap pakai. Jangan lupa, periksa kondisi dongkrak agar tidak macet saat digunakan. Baik repair kit atau ban serep dan dongkraknya sama-sama jadi bagian yang penting untuk tetap ada di mobil.

Air Kemasan, Wajib Dibawa Saat Berkendara

Barang-barang Penunjang Berkendara yang Wajib Ada di Mobil, Bikin Nyaman Perjalananmu 05

Anda mungkin berpikir itu sepele, tetapi air minum kemasan dapat menyelamatkan hidup Anda dari dehidrasi. Kondisi iklim panas membuat tubuh kita rentan terhadap dehidrasi di jalan, dan hembusan angin kering dari AC malah memperburuk kondisi badan.  

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengemudi sambil dehidrasi bisa sama berbahayanya dengan mengemudi dalam keadaan mabuk. Untuk itu kamu setidaknya menyiapkan air kemasan dalam ukuran 500-750 mililiter setiap perjalanan berangkat atau pulang kerja. 

Perhatikan bahwa Anda tidak boleh meninggalkan botol air plastik sekali pakai di dalam mobil yang diparkir. Botol plastik sangat sensitif terhadap panas dan dapat melepaskan zat berbahaya ke dalam cairan didalamnya.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil