window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Berburu SUV RWD, Apakah Lebih Untung Beli Toyota Rush Baru Dibanding Mitsubishi Pajero Sport Bekas?

Yongki Sanjaya · 15 Jul, 2021 13:30

Berburu SUV RWD, Apakah Lebih Untung Beli Toyota Rush Baru Dibanding Mitsubishi Pajero Sport Bekas? 01

Pemerintah kembali menggulirkan kebijakan PPnBM nol persen untuk kendaraan dengan local content 60 persen ke atas. Ini membuat harga Toyota Rush tetap terjangkau bagi masyarakat. Bila sama-sama memakai RWD, apakah beli Toyota Rush baru lebih menguntungkan dari sisi fitur daripada Mitsubishi Pajero Sport bekas?

Kini, harga Rush 2021 dibanderol mulai dari Rp240.500.000 hingga Rp260.800.000. Kisaran harga tersebut mirip dengan Pajero Sport bekas keluaran 2015. Keduanya adalah SUV yang bandel dan tangguh untuk aktivitas harian.

Berdasarkan data penjualan dari Gaikindo, Toyota Rush menjadi low SUV 7-seater terlaris dengan penjualan 22.629 unit. Walaupun belum sempurna, tapi Toyota Rush ini adalah SUV yang komplit. Tanpa melihat dimensi, fiturnya mirip dengan Pajero Sport generasi pertama versi 4x2.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mitsubishi Pajero Sport Gen 1 pertama kali di rilis pada tahun 2009 dan berakhir pada 2015. Mobil ini sudah dilengkapi dengan 3 jenis mesin yaitu 2.5 liter 4D56 Non-VGT, 2.5 liter 4D56 VGT dan 3.0 liter 6B31 V6 bensin. Pajero Sport ini bisa kamu jadikan alternatif bila mencari SUV 7-seater bermesin diesel. 

Lantas, seperti apa kelebihan dari masing-masing SUV tersebut? Mari kita ulas satu persatu. 

Mitsubishi Pajero Sport Gen 1, SUV Macho Bermesin Diesel

Berburu SUV RWD, Apakah Lebih Untung Beli Toyota Rush Baru Dibanding Mitsubishi Pajero Sport Bekas? 01

Sebelum membahas lebih jauh sosok Pajero Sport, kalian perlu tahu kalau mobil ini berbeda dari Mitsubishi Pajero yang pernah hadir di era 1990-an. Untuk Pajero Sport ini dibangun dari basis L200 Triton, dan masuk kategori SUV medium. Sementara untuk Pajero masuk kategori SUV full size. 

PT. Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) selaku pemegang merek Mitsubishi, meluncurkan tiga tipe Pajero Sport di tahun 2009, meliputi Exceed 4x2, GLS 4x4 serta GLX 4x4. Ketiganya menggunakan spesifikasi mesin 2.477 cc DI-D DOHC Turbocharged Intercooled. 

Mitsubishi Pajero Sport Gen 1 memiliki desain yang gagah dan mewah. Mobil ini juga memiliki keunggulan mampu melewati jalanan terjal sehingga sangat cocok dijadikan mobil offroad. Pada bagian depan Mitsubishi Pajero Sport Gen 1 memiliki tampilan yang modern dan maskulin. 

Berburu SUV RWD, Apakah Lebih Untung Beli Toyota Rush Baru Dibanding Mitsubishi Pajero Sport Bekas? 02

Mitsubishi Pajero Sport generasi pertama memiliki dimensi panjang 4.825 mm, lebar 1.815 mm, tinggi 1.835 mm dan ground clearance 218 mm. Secara dimensi cukup proporsional, tidak terlalu panjang dan tingginya pas untuk melewati medan off road. 

Pajero mengadopsi karakter fascia dari Mitsubishi Strada Triton. Fascia depan dilengkapi pencahayaan headlamp projector yang di kolaborasikan dengan grill model sarang lebah. Headlampnya berteknologi HID + multi leveling washer. 

Desainnya setengah membulat, tapi tidak sampai seperti kapsul. Pada sisi samping banyak ornamen menarik seperti handle pintu dan spion dengan aksen chrome, lalu ada side step untuk pijakan penumpang yang akan masuk ke dalam mobil. 

Desain buritannya ramping namun dengan kaca besar untuk memudahkan visibilitas saat bermanuver di medan off road. Ukurannya besar tapi tidak terlalu bongsor sehingga masih pas untuk kendaraan harian di kota metropolitan seperti Jakarta. 

Interior Lega Kaya Fitur, Pajero Sport Gen 1 Jadi SUV Bekas yang Komplit

Berburu SUV RWD, Apakah Lebih Untung Beli Toyota Rush Baru Dibanding Mitsubishi Pajero Sport Bekas? 03

Pada bagian interior Pajero Sport ini cukup layak digunakan sebagai mobul keluarga. Pajero Sport memiliki 3 baris kursi yang dapat menampung penumpang maksimal 7 orang. Untuk material kursinya sendiri sudah dilengkapi dengan jok kulit sehingga anda akan nyaman jika duduk di dalam mobil. 

Duduk di kursi depan, kita disuguhi dashboard kombinasi dua warna yakni hitam dan silver atau abu-abu di versi facelift. Pajero Sport didukung fitur berteknologi canggih, diantaranya adalah MID, head unit monitor touchscreen, AC di setiap baris kursi, audio dan masih banyak lagi. 

Berburu SUV RWD, Apakah Lebih Untung Beli Toyota Rush Baru Dibanding Mitsubishi Pajero Sport Bekas? 04

Soal kenyamanan, Pajero Sport Gen 1 mirip dengan Toyota Rush dimana baris pertama dan kedua cukup lega tapi baris ketiganya agak sempit. Dengan begini, kursi paling belakang lebih cocok untuk anak-anak.

Fitur Keselamatan Pajero Sport Cukup Lengkap dan Modern

Sebagai SUV yang cukup mewah pada masanya, pabrikan berlogo tiga berlian ini memberikan fitur yang cukup lengkap dan modern pada Pajero Sport. SUV ini ini sudah dipersenjatai dengan fitur sekelas Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). 

Mesin Diesel Tangguh Mitsubishi Pajero Sport, Turunan dari L200

Berburu SUV RWD, Apakah Lebih Untung Beli Toyota Rush Baru Dibanding Mitsubishi Pajero Sport Bekas? 05

Pajero Sport jadi andalan karena mesinnya yang dikenal tangguh. SUV ini pakai mesin 4D56 turunan dari L200 dengan turbo (VGT) sejak varian facelift 2011. Mesinnya mampu mengeluarkan tenaga maksimal mencapai 176 hp pada putaran mesin 4.000 rpm sedangkan untuk torsinya mencapai 350 Nm pada putaran mesin 1.800 – 3.500 rpm.

Mesin dieselnya terkenal bandel, dan punya tenaga besar sehingga membuat tarikan Pajero Sport ini cukup menghentak. Inilah yang membuat banyak orang menyukai karakter mesinnya yang gesit saat dipacu di jalan tol. 

Kelebihan Toyota Rush Baru, SUV Keluarga Terlaris

Berburu SUV RWD, Apakah Lebih Untung Beli Toyota Rush Baru Dibanding Mitsubishi Pajero Sport Bekas? 06

Toyota Rush dalam paruh pertama tahun 2021 ini didaulat sebagai SUV terlaris dari sisi penjualan. Tentu tingginya angka tersebut disebabkan banyak faktor, mulai dari nama besar, kemudahan perawatan, sampai dengan akomodasi kabin. 

Bila membahas Toyota Rush mungkin bukanlah SUV ternyaman tapi mobil ini dinilai proporsional dari sisi spesifikasi dan fitur. Rush memiliki dimensi yang lumayan tinggi dan besar.

Panjangnya sekitar 4.435 mm, lebarnya 1.695 mm, dan tingginya 1.705 mm. Selain itu, memiliki jarak sumbu roda atau wheelbase 2.685 mm dan ground clearance setinggi 220 mm. 

Berburu SUV RWD, Apakah Lebih Untung Beli Toyota Rush Baru Dibanding Mitsubishi Pajero Sport Bekas? 07

Dengan dimensi tersebut, Rush bisa membawa para penumpangnya ke mana pun dan sangat mampu melewati medan jenis apa pun. Selisihnya juga tak terlalu banyak dibandingkan Pajero Sport Gen 1. 

Desain baru Rush generasi kedua ini hadir tanpa ban serep di pintu belakang sehingga membuat kabinnya makin lega.

Secara penampilan juga lebih sporty. Tersemat Advanced Tech LED pada lampu utama bagian depan dipadukan Dashing Dark Chrome Grille dan Integrated LED Rear Combination Lamp pada lampu belakangnya. Velgnya juga modis dengan dua opsi, yaitu 16 inci pada tipe G dan 17 inci pada tipe TRD Sportivo. 

Interior Toyota Rush Fiturnya Komplit, Cukup Value For Money

Berburu SUV RWD, Apakah Lebih Untung Beli Toyota Rush Baru Dibanding Mitsubishi Pajero Sport Bekas? 08

Untuk ukuran SUV di kisaran harga Rp240 juta sampai Rp280 juta, Rush ini cukup komplit fiturnya. Penampilan interior Rush generasi kedua cukup menyenangkan dengan dashboard berkelir two-tone colors.

Pada sisi pengemudi didukung fitur Comfortable Tilt Steering dan Start/Stop Engine, dan juga Stunning Combination Meter yang lebih atraktif. Kemudian, terdapat sistem pengaturan Digital Auto A/C yang presisi dan Sophisticated Head Unit yang memiliki fitur-fitur fungsional serta dilengkapi dengan 8 Surround Sound Speakers dengan kualitas lumayan oke.

Berburu SUV RWD, Apakah Lebih Untung Beli Toyota Rush Baru Dibanding Mitsubishi Pajero Sport Bekas? 09

Tak kalah penting, di setiap baris penumpang tersemat pula fitur Power Slot yang digunakan untuk charge gadget Anda dengan mudah dan cepat. Jadi, tidak usah takut kehabisan daya dan rebutan colokan kalau kita sedang perjalanan jauh. 

Fitur keselamatan yang dimilikinya juga sudah mumpuni. Rush dilengkapi 6-Protective SRS Airbags, Assuring 7 Seat Belt Indicators, Vehicle Stability Control (VSC), dan Anti-lock Braking System (ABS).

Ada juga fitur Secured Hill Start Assist (HSA), Emergency Brake Signal (EBS), serta Rear Parking Camera yang terhubung dengan Head Unit untuk memudahkan penggunanya ketika parkir.

Mesin Toyota Rush, Tenaganya Cukup Tapi Tidak Luar Biasa

Berburu SUV RWD, Apakah Lebih Untung Beli Toyota Rush Baru Dibanding Mitsubishi Pajero Sport Bekas? 10

Toyota Rush 2021 dibekali mesin 2NR-VE 4-silinder berteknologi Dual VVT-i berkapasitas 1.496 cc. Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 104 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum 136,3 Nm pada 4.200 rpm.

Angka segitu sebenarnya tidak istimewa, tapi sudah cukup dan irit bila untuk aktivitas sehari-hari. Sebab, Rush tidak dibekali mesin turbo sehingga tenaga mesinnya kurang galak untuk perjalanan luar kota. 

Kesimpulan 

Dengan budget Rp240 juta sampai Rp260 juta kita diberikan keleluasan memilih mobil berkemampuan off road. Bila ingin mobil baru ada Toyota Rush dan bekas ada Mitsubishi Pajero Sport keluaran 2015 yang tergolong masih cukup muda. 

Bila melihat mana yang lebih tangguh, jelas Pajero Sport generasi pertama lebih menjanjikan baik dari sisi kemampuan maupun penampilan. Kita bisa mendapat mobil yang harganya sudah relatif murah dengan gaya mewah. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil