window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bukan Hitam, Ini 5 Warna Ngejreng yang Aman Dari Risiko Kecelakaan

Yongki Sanjaya · 18 Mei, 2022 18:00

Bukan Hitam, Ini 5 Warna Ngejreng yang Aman Dari Risiko Kecelakaan 01

Saat kita membeli mobil, salah satu faktor pertimbangan selain desain, harga, atau fitur ialah warnanya. Tak jarang, kita menjumpai mobil yang warnanya norak sehingga membuat image sang mobil jadi kurang menarik. Ternyata, warna mobil pun mempengaruhi risiko kecelakaan.

Kenapa bisa begitu? Alasannya karena dari sisi visual atau visibilitas bagi pengendara lain. Dikutip dari carloans.com, warna cat mobil paling laris dan banyak peminatnya yaitu mobil berwarna hitam. 

Namun ternyata, warna favorit ini punya risiko paling tinggi mengalami insiden. Tercatat ada 47% mobil hitam yang pernah mengalami kecelakaan lalu lintas. Dari data ini, warna hitam bisa disimpulkan menjadi warna yang paling tidak aman daripada pilihan warna lainnya. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dikutip dari Detik, warna gelap dan warna dengan kontras rendah termasuk perak, abu-abu, hijau, biru, merah, dan hitam cenderung berkaitan dengan kecelakaan yang lebih tinggi, termasuk di siang hari. 

Lantas, seperti apa warna yang aman dan minim risiko berkendara? Berikut ini uraiannya.

1. Warna Mobil yang Laris dan Minim Risiko Kecelakaan: Putih

Bukan Hitam, Ini 5 Warna Ngejreng yang Aman Dari Risiko Kecelakaan 01

Bukan tanpa sebab kalau warna putih ini semakin banyak peminatnya. Tak cuma terlihat bersih, mobil juga bisa dengan mudah terlihat di berbagai kondisi.

Penelitian yang dilakukan oleh Monash University menuturkan bahwa warna putih adalah warna yang paling aman. Menurut penelitian, mobil putih 12 persen lebih kecil kemungkinannya terjadi kecelakaan.

Mobil berwarna putih lebih “eye catching” dalam kondisi cahaya rendah sekalipun, sehingga lebih cepat dikenali. Mobil putih juga kontras dengan permukaan jalan dan lingkungan sekitar. 

Hanya saja, mobil putih juga memiliki kekurangan dalam hal kebersihan. Pasalnya noda seperti debu atau cipratan air becek hingga beragam kotoran lain dapat mudah terlihat pada mobil berwarna putih. Jika kamu memilih warna mobil ini, pastikan selalu mencucinya secara rutin. 

2. Warna Krem, Identitas Khas Mobil Klasik

Bukan Hitam, Ini 5 Warna Ngejreng yang Aman Dari Risiko Kecelakaan 02

Bagi sebagian orang, warna mobil krem lebih terlihat membosankan. Ini karena karakter warnanya terkesan jadul, karena seringkali digunakan di mobil klasik keluaran 90-an ke bawah. 

Bila diperhatikan, warna krem bisa terlihat kontras hampir seperti warna putih, Warnanya pun mudah dikenali saat malam hari. Perlu juga menjadi catatan, warna krem juga bisa berpotensi mengaburkan penglihatan orang karena jenis warna ini cukup lembut. 

Bagi mata yang visibilitasnya kurang baik, sifat warna krem malah bisa tersamarkan mirip silver ketika hujan lebat turun. Warna krem yang lembut membuat pengendara lain agak sulit untuk melihat keberadaan mobil kamu saat cuaca buruk. 

3. Mobil Warna Pink, Terkesan Norak Tapi Lebih Aman Dari Risiko Kecelakaan

Bukan Hitam, Ini 5 Warna Ngejreng yang Aman Dari Risiko Kecelakaan 03

Warna yang satu ini memang sangat jarang dipilih atau diaplikasikan di mobil. Kesan girly, feminin, atau mungkin norak karena tidak lazim jadi alasannya. 

Padahal dari sisi visibilitas, mobil warna pink/merah jambu cukup mudah terlihat atau diidentifikasi. Hanya sedikit sekali objek lalu lintas jalanan kota yang berwarna merah muda, sehingga mobil berbalut warna pink cenderung Eye-Catching. 

4. Mobil Warna Kuning, Jadi Andalan Taksi Hingga Jadi Favorit di Supercar

Bukan Hitam, Ini 5 Warna Ngejreng yang Aman Dari Risiko Kecelakaan 04

Apa yang ada di benak kalian bila melihat mobil warna kuning? Pasti terlihat cerah ceria bukan? Memang warna kuning ini tidak sebanyak hitam atau putih peminatnya namun kini semakin banyak pabrikan yang menyediakannya. 

Warna kuning umumnya dipakai pada mobil yang digunakan anak muda, baik itu hatchback atau city car. Di kelas mobil mewah, warna kuning sering ditemukan pada mobil sport seperti Porsche atau Lamborghini dan Ferrari

Padahal zaman dahulu, warna kuning ini identik dengan image mobil taksi. Kenapa taksi diberi warna kuning? Alasannya cukup masuk akal, mengingat warna kuning memberi tampilan yang cerah meski dalam kondisi hujan, berkabut atau bahkan berdebu sehingga mudah dicari atau dikenali calon penumpang.

Jika diamati pada malam hari, warna kuning masih terlihat jelas dan kontras dengan objek lalu lintas lainnya. Dalam hal ini, warna kuning menjadi salah satu warna mobil paling aman visibilitasnya.

5. Mobil Warna Merah, Gampang Dikenali Saat Cuaca Buruk

Bukan Hitam, Ini 5 Warna Ngejreng yang Aman Dari Risiko Kecelakaan 05

Warna terakhir yang cukup aman dari risiko kecelakaan ialah merah. Alasannya, merah paling mudah diamati di antara kerumunan. Selain itu, warna mobil merah bisa beradaptasi dengan baik di cuaca hujan maupun berkabut.

Warna merah pun membuat mobil jadi terkesan sporty dan stylish. Warna ini juga tidak mudah tersamarkan di kegelapan malam seperti warna biru. Sayangnya warna merah tidak terlihat begitu mencolok di malam hari. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil