window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Cerita Bus Chevrolet di Indonesia, Pernah Jadi Andalan ALS Taklukkan Sumatera

Yongki Sanjaya · 4 Feb, 2022 17:00

Cerita Bus Chevrolet di Indonesia, Pernah Jadi Andalan ALS Taklukkan Sumatera 01


Nama Chevrolet saat ini sudah semakin tenggelam dari jagat otomotif Indonesia, kalah pamor dari brand Jepang atau pendatang baru asal China. Padahal dulu, merek asal Amerika sempat menguasai jalanan Indonesia. Bahkan, Chevrolet pernah dipercaya banyak perusahaan otobus, termasuk Antar Lintas Sumatera alias ALS untuk kendaraan umum lintas provinsi.

Mundur ke belakang, Chevrolet bukanlah pabrikan kemarin sore di industri otomotif Indonesia. Pabrikan yang berada dibawah naungan General Motor ini telah hampir 1 abad beroperasi di Indonesia, dimulai tahun 1927 dengan pendirian  NV General Motors Java Handel Maatschappij (NVGMJHM) yang mendistribusikan produk General Motor di Hindia Belanda saat itu.

Untuk pasar Indonesia,  General Motors menggunakan dua brand yaitu GMC dan Chevrolet. Karena tingginya permintaan pada tahun 1938 General Motor kemudian mendirikan pabrik pertamanya di Sunter, Tanjung Priok, Pabrik General Motor tersebut kemudian menjadi pabrik mobil pertama di Indonesia yang kini menjadi kompleks industri kendaraan Gaya Motor.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Cerita Bus Chevrolet di Indonesia, Pernah Jadi Andalan ALS Taklukkan Sumatera 01

Jadi sejak sebelum kemerdekaan Indonesia, Chevrolet sudah jadi andalan hingga ke pelosok yang kondisi jalanannya masih berupa jalan tanah. Setiap wilayah punya ciri desain bus tersendiri, mengikuti kondisi medan yang dilalui. 

Untuk wilayah Sumatera, ground clearance dibuat lebih tinggi, tetapi tinggi keseluruhan bodi tetap. Bagian atas tidak ikut ditinggikan, dan digunakan sebagai bagasi barang. 

Produk produk GM nampaknya memang mendapat tempat tersendiri di kalangan masyarakat Sumatera. Terlebih, untuk merk Chevrolet dianggap lebih bandel dan bertenaga untuk menaklukkan medan pegunungan di Pulau Andalas tersebut. 

Setelah Indonesia merdeka, Chevrolet tetap dipercaya menjadi kendaraan angkutan barang atau penumpang di berbagai wilayah. Lantas, apa saja bus Chevrolet yang pernah berjaya mengangkut para penumpang di Indonesia? Mari kita bahas lebih mendalam. 

Chevrolet AK Series, Bus dengan Mesin Bensin (1941-1947)

Cerita Bus Chevrolet di Indonesia, Pernah Jadi Andalan ALS Taklukkan Sumatera 02

Jangan samakan bus era modern sekarang dengan bus di zaman dulu. Sekarang, bus memakai mesin diesel dengan bahan bakar solar. Sedangkan bus dan truk zaman dulu pakai mesin bensin, sama seperti mobil sedan atau mobil penumpang yang lebih kecil. 

Pada zaman dahulu, bus dibuat dengan menggunakan sasis truk yang dimodifikasi oleh karoseri untuk menopang bodi bus. Ini bisa kita lihat pada bagian depan, mulai dari bumper hingga kaca depan masih terlihat seperti truk. Sedangkan sisanya mulai kabin ke belakang hanya rangka besi atau berupa kayu yang kemudian dilapisi dengan besi.

Menjelang kemerdekaan, banyak tentara sekutu yang menggunakan Chevrolet AK Series sebagai kendaraan angkutnya. Hal ini membuat truk dengan ciri grill vertikal dan horizontal ini cukup populer.

Beberapa pengusaha transportasi, memanfaatkan truk peninggalan tentara sekutu ini untuk dikaroserikan menjadi bus, sebagai angkutan umum. Chevrolet AK Series mengandalkan mesin bensin, segaris 6 silinder, berkapasitas 3.500 cc (90 hp) dan 3.700 cc (93 hp) dengan transmisi manual 3 percepatan.

Bila membayangkan bus zaman itu, ukurannya relatif mungil, mungkin seperti minibus zaman sekarang yang penumpangnya tak lebih dari 30 orang.

Chevrolet Advance Design dan Task Force, Bus Jagoan Menaklukkan Sumatera

Cerita Bus Chevrolet di Indonesia, Pernah Jadi Andalan ALS Taklukkan Sumatera 03

Pulau Sumatera yang kontur jalanannya berliku melewati pegunungan rupanya cukup mudah ditaklukkan oleh bus Chevrolet. Hal ini mendorong General Motors kemudian merilis Advance Design pada 1947 hingga berakhir pada 1955. Mobil ini memiliki ciri khas grill horizontal yang lebar dan besar. 

Mesinnya masih mengandalkan dapur pacu bensin, segaris 6 silinder. Saat pertama muncul terdapat tiga pilihan tenaga yaitu 92 dk, 102 dk, 106 dk. Pada versi 'facelift', opsi tenaganya naik jadi 92 dk, 107 dk, dan 108 dk ( versi 1953 – 1955). Untuk jenis transmisi yang digunakan masih sama, yaitu 3 speed manual.

Cerita Bus Chevrolet di Indonesia, Pernah Jadi Andalan ALS Taklukkan Sumatera 04

Kemudian, di tahun 1955-1960, Chevrolet memperkenalkan Task Force. Bus dan truk ini bermesin 3.900 cc, yang masih dengan transmisi manual 3-percepatan. Cirinya yaitu gril depan yang berlubang besar, dan terdapat logo chevrolet diatasnya. Ciri lainnya adalah lampu sein bulat yang terletak tepat di bawah lampu utama.

Chevrolet Apache dan C50 Viking, Sang Legenda Terakhir Penakluk Bumi Andalas

Cerita Bus Chevrolet di Indonesia, Pernah Jadi Andalan ALS Taklukkan Sumatera 05

Dua generasi terakhir Chevrolet ini sukses menjadi legenda, dan membuktikan diri sebagai sang penakluk Bumi Andalas. Chevrolet Apache  hadir dengan dua pilihan C dan K (4WD). Mobul ini juga disebut Lele, karena terdapat dua buah grill oval terpisah di kap mesin. 

Keistimewaan lain dari chevrolet apache adalah suspensi depannya sudah independen, yang jadi lebih nyaman ketika melewati jalan berbatu. Bicara soal mesinnya, Chevrolet Apache masih tetap mengandalkan mesin bensin 6 silinder inline. Untuk kali ini, mesin Apache ditawarkan dalam berbagai kapsitas mulai dari 3,9 liter 135 hp dan 4,3 liter 150 hp. 

Cerita Bus Chevrolet di Indonesia, Pernah Jadi Andalan ALS Taklukkan Sumatera 06

Edisi pamungkas bus Chevrolet ini ditutup dengan hadirnya sosok Chevrolet C50 Viking. Mobil ini diproduksi antara 1957-1973. Chevrolet Viking jadi andalan dunia transportasi antar kota di Sumatra dan wilayah lain di Indonesia. 

Viking ini sebenarnya masuk sebagai generasi kedua Apache. Cirinya mudah dikenali dengan dua lampu bulat besar, dan lampu sein kotak yang berada dibawahnnya. Chevrolet C50 juga dibekali mesin bensin yang kapasitasnya lebih besar, yaitu 4.1L (136 hp) dan 4.8 L (150hp). Untuk transmisinya juga sudah diupgrade menggunakan 4 speed manual. 

Cerita Bus Chevrolet di Indonesia, Pernah Jadi Andalan ALS Taklukkan Sumatera 07

Setelah pensiunnya Chevrolet C50 Viking ini, industri transportasi mulai hijrah memakai bus bermesin diesel buatan Eropa, seperti Mercedes-Benz. Alasannya, mesin diesel bisa lebih efisien dan bertenaga untuk perjalanan jauh. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil