window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Cuma Lebih Mahal Rp5 Juta, DFSK Glory 560 Ungguli Honda Mobilio RS Dari Spesifikasi

Yongki Sanjaya · 27 Des, 2021 14:00

Cuma Lebih Mahal Rp5 Juta, DFSK Glory 560 Ungguli Honda Mobilio RS Dari Spesifikasi 01

Nama DFSK tahun ini pamornya kian menurun pasca banyak merek Jepang menghadirkan berbagai produk baru. Padahal untuk segmen SUV, DFSK Glory 560 punya fitur lumayan komplit dengan harga ekonomis. Bahkan bila tak melihat mereknya, spesifikasi Glory 560 lebih oke daripada Honda Mobilio RS.

Selisih harga keduanya juga hanya sekitar Rp5 jutaan, dimana Mobilio RS dijual Rp250 juta dan Glory 560 tipe 1.5 Turbo dijual Rp255 juta. Si merek China bahkan sudah memiliki mesin turbo dan beberapa fitur canggih.

Melihat penjualan keduanya, baik Mobilio atau Glory 560 sama-sama kalah pamor dari para kompetitornya. Kelemahan dari DFSK Glory 560 hanyalah soal reputasi merek yang kalah pamor daripada merek Jepang. Dengan selisih harga yang tipis, apakah beli DFSK Glory 560 ini value for money?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mari kita bandingkan keduanya.

Kapasitas Mesin Sama, Tenaga DFSK Glory 560 Ungguli Honda Mobilio Karena Turbo

Cuma Lebih Mahal Rp5 Juta, DFSK Glory 560 Ungguli Honda Mobilio RS Dari Spesifikasi 01

DFSK Glory 560 ini hadir dengan kapasitas mesin 1.500 cc, serupa dengan low SUV lain yang dijual di Indonesia. Bedanya, mesin ini sudah memakai sokongan turbo sehingga tenaganya lebih baik.

Mesinnya memberi torsi maksimal 230 Nm rentang 1.800-4.000 rpm. Tenaga puncak 150 PS di 5.600 rpm. Ouput disalurkan via transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) atau opsi manual 6-speed.

Kelebihan lain yang diberikan Glory 560 antara lain sistem redam kejut. Di roda depan mengandalkan McPherson Strut dan penyokong roda belakang Multi-Link Coil Rear Suspension.

Cuma Lebih Mahal Rp5 Juta, DFSK Glory 560 Ungguli Honda Mobilio RS Dari Spesifikasi 02

Bagaimana dengan Honda Mobilio RS? Low MPV andalan Honda Prospect Motor ini menggunakan mesin 1.5L L15Z i-VTEC I4 yang mampu mengeluarkan tenaga 118 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimal 145 Nm pada 4.600 rpm. Daya itu disalurkan ke roda depan, melalui transmisi CVT atau transmisi manual lima percepatan.

Tipe suspensi digunakan Mobilio hampir mirip dengan Glory 560. Pakai racikan McPherson Strut di roda depan dan Torsion Beam pada bagian belakang. Mobil punya pengendalian yang enak plus sedikit empuk. 

Jenis suspensi Mobilio ini juga digunakan pada mobil lain dari sejumlah merek. Untuk melahap jalan tak rata masih nyaman. Dipacu kencang juga tergolong pas, tidak begitu limbung.

Bagaimana dengan fitur unggulan dari kedua model beda segmentasi ini? Mana yang paling oke?

Perbandingan Fitur Honda Mobilio RS vs DFSK Glory 560, Merek China Berani Royal

Cuma Lebih Mahal Rp5 Juta, DFSK Glory 560 Ungguli Honda Mobilio RS Dari Spesifikasi 03

Pertama, kita akan membahas fitur unggulan dan Honda Mobilio RS, mobil ini menyediakan head unit audio 6,8 inci plus 6 speaker (termasuk sepasang tweeter). Tipe RS ini sudah dilengkapi AC digital yang serba otomatis, dengan aksen interiornya berwarna gelap.

Bicara fitur keselamatannya, hanya Mobilio tipe ini yang memiliki kamera parkir, Hill Start Assist (HSA) serta Vehicle Stability Assist (VSA). Selebihnya, semua tipe sudah dilindungi dual front SRS airbags dan rem dengan teknologi ABS + EBD. 

Mobilio mengusung struktur rangka G-CON + ACE, dilengkapi side impact beam dan sabuk keselamatan pretensioner serta kursi ISOFIX & Tether. Cukup komplit bukan? Bagaimana dengan DFSK Glory 560? 

Glory 560 Berlimpah Fitur Kekinian

Cuma Lebih Mahal Rp5 Juta, DFSK Glory 560 Ungguli Honda Mobilio RS Dari Spesifikasi 04

Pendatang baru dari negeri Tirai Bambu ini tak kalah urusan fiturnya. Glory 560 memiliki Electronic Brake Assist (EBA) yang secara otomatis membantu pengereman yang lebih cepat jika terjadi keadaan darurat. Saat parkir, kita cukup menekan tombol Electronic Parking Brake (EPB), yang dan lebih nyaman digunakan. Pengereman sudah dibekali ABS + EBD. 

Tak mau kalah dengan Mobilio, Glory 560 dibekali fitur Hill Hold Control (HHC) yang menjaga agar mobil tidak melorot saat tanjakan. Fitur lainnya pada mobil ini ada Electronic Stability Program dan Traction Control System. 

Di sektor hiburan, kalian tidak perlu mati gaya selama perjalanan, karena tersedia head unit berukuran 8 inci. Head unitnya sudah memiliki kemampuan Radio, konektivitas Bluetooth, GPS, Smartphone Mirroring, hingga Rear View Camera.

Agak disayangkan bila pengaturan AC pada Glory 560 masih pakai tombol dan knob. Jadi, kurang maksimal kesan modern yang ada di kabin. 

Kesimpulan

Dengan harga yang selisihnya cuma Rp5 jutaan, DFSK Glory 560 punya kelebihan pada sisi performa berbekal mesin dengan turbocharged. Selain itu fitur yang dimiliki tak kalah keren daripada Honda Mobilio RS, meskipun belum memakai pengaturan AC full digital.

Apabila kamu tinggal di kota besar, mungkin DFSK Glory 560 ini menarik sebagai alternatif mobil incaran. Tenaganya lumayan besar untuk aktivitas harian. Tak kalah penting, PT Sokonindo Automobile selaku agen pemegang merek berani memberikan garansi hingga 7 tahun, sesuatu yang belum dilakukan oleh merek Jepang.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil