window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Dashboard Mobil Sengaja Dicat Berwarna Gelap, Ternyata Ini Rahasianya

Yongki Sanjaya · 29 Jun, 2023 14:00

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Lampu Indikator di Panel Instrumen Dashboard Mobil Menyala, Pahami Arti Kerusakannya

Pabrikan kendaraan mendesain dashboard mobil dengan aksen warna gelap karena memiliki sifat penyerapan radiasi kalor yang baik. Sehingga saat berkendara pada malam hari, pantulan cahaya dari kendaraan lain atau lampu jalanan dapat diminimalisir.

Dengan dashboard gelap tanpa ada hiasan apapun, memungkinkan pengemudi untuk melihat dengan jelas. Pandangan tidak terganggu oleh pantulan di dashboard yang mengganggu visibilitas. 

Dashboard Mobil Sengaja Dicat Berwarna Gelap, Ternyata Ini Rahasianya 01

Kalian yang penasaran bisa mencoba eksperimen sederhana dengan menempatkan kertas di atas dashboard saat berkendara pada malam hari. Kertas dengan warna putih akan memantulkan cahaya lampu kendaraan dari lawan arah. 

Saat berpapasan dengan kendaraan lain, seperti motor dengan lampu putih yang cerah, pantulan cahaya yang terlalu kuat di kertas tadi dapat membuat pengemudi mobil silau. Itulah kenapa warna dashboard dirancang sedemikian rupa agar tidak memantulkan cahaya dari sorot lampu jalan atau lampu kendaraan dari depan kita. 

Dashboard Mobil Sengaja Dicat Berwarna Gelap, Ternyata Ini Rahasianya 02

Ini juga berarti, hiasan berwarna cerah atau berkilauan di dashboard dapat mengganggu visibilitas pengemudi dan meningkatkan risiko kecelakaan. Karena berkaitan dengan visibilitas dan keselamatan berkendara, kita perlu berhati-hati dalam menggunakan hiasan yang dapat mengganggu visibilitas berkendara. 

Pasang Aksesoris di Dashboard Mobil Cukup Berbahaya

Dashboard Mobil Sengaja Dicat Berwarna Gelap, Ternyata Ini Rahasianya 03

Banyak orang menganggap dashboard depan mobil bisa dimanfaatkan sebagai tempat meletakkan banyak benda, mulai dari bantal, boneka, tisu, hiasan bulu, bahkan benda keras lainnya. Padahal dashboard depan ini sebaiknya dibuat lega dan harus bebas dari gangguan pandangan. 

Semestinya di atas dashboard mobil bersih dari barang-barang terutama berbahan keras. Pasalnya di dashboard biasanya terdapat airbag, sehingga adanya barang-barang tersebut bisa semakin membahayakan bila terjadi kecelakaan. 

Jika dashboard depan penuh aksesoris, tentu akan menghalangi pengemudi saat menyetir. Selain itu saat airbag mengembang, mendorong barang-barang di atas dashboard akan terhempas ke arah kita. Perlu kalian ketahui, airbag depan mengembang penuh dalam waktu kurang dari setengah detik.

Untuk itu, keselamatan selama berkendara jadi faktor yang mutlak harus diprioritaskan. Jangan sampai, karena hanya ingin mobil terlihat keren atau nyaman malah bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.  

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil