window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Deretan Mobil Bekas Rp20 Jutaan seharga Honda Scoopy Baru, Ada Apa Aja Nih?

Yongki Sanjaya · 17 Jan, 2022 15:30

Deretan Mobil Bekas Rp20 Jutaan seharga Honda Scoopy Baru, Ada Apa Aja Nih? 01

Mobil kini menjadi suatu kebutuhan sekunder, karena sering dimanfaatkan untuk kendaraan wira-wiri keluarga besar. Hanya saja tidak semua orang memiliki budget yang cukup untuk membeli mobil. Namun sebenarnya kalian jangan bingung, karena masih ada mobil bekas yang harganya murah meriah.

Bahkan dengan budget di bawah Rp20 jutaan, ada beberapa model yang bisa kalian pilih. Harganya jelas terjangkau, bahkan setara sebuah Honda Scoopy baru. Jadi jangan berkecil hati, karena lima mobil di bawah ini akan membuktikan jika harga mobil tidak semahal kalian kira.

Mungkin kondisinya bukan yang istimewa, tapi yang jelas bukan ala kadarnya. Lumayan dong, biar nggak kepanasan dan kehujanan waktu jalan-jalan. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Apalagi, golongan motuba ini teknologi yang dimilikinya masih sederhana. Perawatannya tak serumit mobil baru, apalagi yang sudah pakai injeksi elektronik. Mari kita bahas satu persatu.

1. Mazda MR90, Si Mobil Rakyat Murah Meriah di Bawah Rp20 Juta

Deretan Mobil Bekas Rp20 Jutaan seharga Honda Scoopy Baru, Ada Apa Aja Nih? 01

Kalian yang mencari mobil bekas murah meriah, harus memasukkan Mazda MR90 sebagai daftar incaran. MR90 cocok untuk kalian yang butuh mobil untuk bepergian bersama keluarga. 

Sebagai informasi, mobil ini merupakan cikal bakal LCGC pada zamannya, dimana kata MR merupakan singkatan dari "Mobil Rakyat". Melihat harga pasaran, Mazda MR90 bekas yang kondisinya relatif bagus ditawarkan di harga Rp20 juta. 

Mobil jenis hatchback ini dilengkapi dengan mesin 1.415 cc. Asupan sistem bahan bakar memakai karburator dengan transmisi manual lima percepatan.

Daihatsu Zebra/Espass, Minibus yang Lega Untuk Angkut Sekeluarga

Deretan Mobil Bekas Rp20 Jutaan seharga Honda Scoopy Baru, Ada Apa Aja Nih? 02

Kalau kalian sering bepergian dengan keluarga besar, pasti akan menghabiskan banyak ongkos kalau sering naik taksi online. Nah, mobil bekas yang satu ini cukup ekonomis untuk bepergian bersama keluarga. 

Daihatsu Zebra teknologinya relatif sederhana, dan dulu banyak juga yang memanfaatkan sebagai kendaraan angkutan kota. Jadi, perawatannya relatif mudah dan banyak bengkel umum yang bisa melakukannya. 

Deretan Mobil Bekas Rp20 Jutaan seharga Honda Scoopy Baru, Ada Apa Aja Nih? 03

Untuk model yang lebih muda, ada Daihatsu Zebra Espass yang desainnya yang modern dan kemudi ergonomis. Desainnya lebih manis dan modern pada lekuk pilar A. Kemudian 
posisi menyetir lebih enak karena sudut setir lebih tegak seperti mobil MPV/sedan, bukan minibus.  

Suzuki Carry, Minibus yang Terkenal Bandel

Deretan Mobil Bekas Rp20 Jutaan seharga Honda Scoopy Baru, Ada Apa Aja Nih? 04

Model lain yang perlu masuk target incaran dengan budget Rp20 jutaan ialah Suzuki Carry. Mesin 4 silinder SOHC 970 cc bisa menghasilkan tenaga 44 HP dan torsi 75 Nm. 

Dapur pacu mobil ini terkenal awet dan irit BBM. Perawatannya juga tergolong mudah karena teknologi yang sederhana. Tak heran kalau Suzuki Carry ini sering digunakan untuk kendaraan angkutan umum.

Daihatsu Charade G10, Hatchback Retro yang Cukup Terjangkau

Deretan Mobil Bekas Rp20 Jutaan seharga Honda Scoopy Baru, Ada Apa Aja Nih? 05

Kalau kalian ingin punya mobil hatchback tapi duitnya belum cukup beli Starlet, maka Charade bisa kalian jadikan alternatif. Daihatsu Charade G10 yang dipasarkan di Indonesia merupakan versi empat pintu. 

Jelas rancangannya berbeda dengan Charade versi negara Asia lainnya yang hanya memiliki dua pintu penumpang dan satu pintu bagasi. Konon, mobil ini sangat ringan untuk dikendarai dan tetap kuat di tanjakan dengan kondisi terisi penuh penumpang.

Pasalnya, Charade mengandalkan mesin 993cc, 3 silinder, OHC, 6 katup yang bisa menghasilkan tenaga  55 hp dan torsi maksimum 77 Nm. Lumayan besar untuk mesin lawas 1.000 cc dan pastinya cukup untuk wira-wiri bersama. 

Ford Laser, Bekas Taksi yang Desainnya Manis

Deretan Mobil Bekas Rp20 Jutaan seharga Honda Scoopy Baru, Ada Apa Aja Nih? 06

Era 90-an termasuk zaman dimana pasar otomotif tak melulu dikuasai oleh Toyota. Sebagai bukti, taksi di era tersebut memakai produk Ford Laser yang cukup banyak kita jumpai di kota besar. 

Ford Laser beredar di Indonesia sejak 1986 hingga 1998. Desainnya manis, dengan kabin yang lumayan lega untuk sebuah sedan compact. Kini Ford Laser harganya makin terjangkau, dan bisa kalian beli dengan harga di bawah Rp20 juta, untuk tipe GL yang biasanya bekas taksi. 

Bila kita telusuri, Ford Laser adalah versi kembar dari Mazda Familia / 323. Generasi kedua dari Ford Laser memiliki kode bodi KC dan KE serta dijual antara tahun 1985 sampai 1989. Di Indonesia, Ford Laser KE masih dijual sampai tahun 1997 namun hanya khusus untuk armada taksi.

Kelebihan Ford Laser ini adalah lumayan irit dan bandel. Sparepartnya sendiri tidak terlalu sulit karena onderdilnya banyak bertebaran di toko-toko onderdil. Part mesin dan kaki-kakinya bisa diganti atau saling subtitusi dengan part dari Mazda 323 Elite, Trendy sampai Timor. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil