window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Deretan Mobil SUV RWD Bekas Rp70 Jutaan, Siap Diajak Main Tanah

Yongki Sanjaya · 29 Jul, 2021 12:30

Deretan Mobil SUV RWD Bekas Rp70 Jutaan, Siap Diajak Main Tanah 01

Mobil tipe SUV memang serba bisa, karena cocok dibuat offroad dan gagah di jalanan aspal. Hal inilah yang membuat peminat mobil SUV tak surut, bahkan semakin banyak. Bagi kamu yang sedang berburu mobil SUV terjangkau, berikut ini kami sajikan unit bekas dengan RWD alias penggerak roda belakang.

Kombinasi SUV dan RWD ini sudah menjadi paket ideal dengan kondisi jalanan di Indonesia. Secara teori memang mobil RWD menjanjikan pengendalian yang lebih bagus. 

Mobil penggerak belakang lebih mumpuni saat dibawa dalam jalan menanjak ataupun permukaan yang tidak rata. Penggerak roda belakang lebih mampu melewati tanjakan yang cukup terjal. Gaya dorong dari roda belakang jelas lebih kuat untuk melewati medan tanah atau jalanan yang medannya cukup sulit.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Banyak sekali mobil SUV bekas yang kini harganya semakin terjangkau dengan kualitasnya yang tetap sangar. Selain harga lebih murah, desain mobil yang akan kita bahas ini tak lekang oleh waktu. Penampilannya yang gagah dan modern masih bisa bersaing dengan mobil yang lebih muda. 

Kini, dengan budget di kisaran Rp70 juta telah banyak pilihan 'jip' yang tersedia untuk kamu yang sering 'main tanah'. Apa saja mobil SUV tersebut? Simak lima SUV RWD murah tapi tangguh berikut ini!

Nissan Terrano, SUV Bekas Rp70 Jutaan yang Perkasa

Deretan Mobil SUV RWD Bekas Rp70 Jutaan, Siap Diajak Main Tanah 01

 

Nama Nissan tak bisa dilepaskan dari dunia off road, karena pabrikan asal Yokohama ini sejak lama memiliki model SUV dan double cabin yang tangguh. Tidak cuma Patrol, Nissan juga pernah merilis Terrano untuk pasar Indonesia.

Terrano diproduksi sejak tahun 1995 silam, yang dirakit di Purwakarta oleh Nissan Motor Indonesia. Nissan Terrano merupakan SUV yang cukup tangguh dan cocok untuk menemani kalian menjelajah di berbagai medan. 

Deretan Mobil SUV RWD Bekas Rp70 Jutaan, Siap Diajak Main Tanah 02

SUV ini hadir dengan desain yang cukup maskulin dan berkelas di sisi eksteriornya. Garis bodi yang kekar ditunjang posisi ground clereance mobil ini yang cukup tinggi sehingga bisa dikendarai di berbagai karakter jalan. 

Balutan bumper berukuran besarnya dipercantik fog lamp lengkap dengan housing chrome. Kenyamanannya sebagai SUV juga cukup oke karena Terrano memiliki suspensi yang empuk. Performa Nissan Terrano tidak mengecewakan, karena dibekali mesin 2.400 cc dengan output 118 Hp per 4.800 rpm dan torsi maksimal 185 Nm per 2.800 rpm.

Suzuki Escudo XL-7, SUV 7-Seater yang Nyaman dan Terjangkau

Deretan Mobil SUV RWD Bekas Rp70 Jutaan, Siap Diajak Main Tanah 03

Kamu yang mencari SUV untuk mobil keluarga, tak ada salahnya melirik Suzuki Escudo XL-7. Ini beda jauh dari XL7 yang kita kenal sekarang berbasis Ertiga. Suzuki XL-7 ini adalah versi panjang dari Suzuki Vitara/Escudo generasi kedua (FT/GT).

Dimensinya lebih panjang sekitar 45 cm dibanding Suzuki Vitara. Suzuki XL-7 juga dibekali mesin yang besar, yaitu enam silinder konfigurasi V alias V6. mesin ini ada dua jenis, yaitu 2.700 cc (H27A) dan 2.500 cc (H25A). Suzuki Escudo XL-7 bermesin 2.500 cc dengan tenaga 159 dk cuma dipasarkan di Indonesia.

Deretan Mobil SUV RWD Bekas Rp70 Jutaan, Siap Diajak Main Tanah 04

Sayangnya, Suzuki Grand Escudo XL-7 kurang laris di Indonesia dan cuma dijual sampai 2006. Ini karena mesinnya yang 6-silinder dianggap boros dan bodynya lumayan bongsor, sebelum era Fortuner dan Pajero Sport naik daun. 

Daihatsu Taruna Oxxy, Cikal Bakal Terios R

Deretan Mobil SUV RWD Bekas Rp70 Jutaan, Siap Diajak Main Tanah 05

Daihatsu hampir setiap dekade pasti punya model SUV dengan penggerak roda belakang. Sebelum era Terios, Daihatsu sempat memasarkan Taruna sebagai low SUV 7-seater.

Taruna memiliki dua tipe sasis layaknya mobil zaman dulu, short dan long chassis. Kamu yang budget pas-pasan tapi cari SUV dengan penampilan cukup modern, maka Daihatsu Taruna long (FX/FGX) perlu masuk daftar pilihan.

Apalagi kalau kamu dapat unit Taruna Oxxy, yang merupakan kasta tertinggi dari Taruna saat itu. Fiturnya sudah sangat lengkap di kelasnya, ada electric mirror, power window, AC double blower, head unit single din, dilengkapi footstep, dan ditambah bodykit. 

Deretan Mobil SUV RWD Bekas Rp70 Jutaan, Siap Diajak Main Tanah 06

Kelebihan kalau kita membeli Daihatsu Taruna keluaran terakhir yaitu desain elegan dengan aksen krom yang lumayan banyak, mesinnya juga bandel dengan perawatan mudah dan sparepart mudah dicari. 

Hal yang perlu sedikit dimaklumi ialah soal jantung pacu Taruna berkode HE-E 1498cc 4 silinder 8 katup SOHC EPI. Tenaga maksimalnya cuma 85 hp dengan torsi 114Nm dipadukan transmisi manual 5-percepatan ke roda belakang.

Daihatsu Taft GT 4X2, Motuba Diesel yang Lumayan Tangguh

Deretan Mobil SUV RWD Bekas Rp70 Jutaan, Siap Diajak Main Tanah 07

Jangan pernah anggap enteng deretan motuba alias mobil tua bangka yang pernah hadir di Indonesia. Ketangguhan mobil jadul ini membuatnya bisa tetap eksis sampai sekarang. Daihatsu Taft GT ini contohnya, terkenal tangguh di medan off road terutama versi 4X4. 

Namun, dengan budget Rp70 jutaan, kita cuma bisa mendapat Taft GT 4X2 karena versi 4X4 masih di angka Rp100 jutaan. Namun jangan khawatir, tidak banyak perbedaan antara Taft GT 4X4 dan 4X2 selain penggerak rodanya. 

Taft F70 hadir di Indonesia yang lebih populer dengan nama Taft GT. Desain bodi masih bergaya kotak dan mempunyai banyak sudut tegas yang maskulin sehingga membuatnya sangar.

Deretan Mobil SUV RWD Bekas Rp70 Jutaan, Siap Diajak Main Tanah 08

Daihatsu saat itu telah meningkatkan kemampuan pengereman menggunakan rem cakram di roda depan, sedangkan roda belakang masih teromol. Untuk meningkatkan kinerja rem, Daihatsu memberikan booster rem supaya lebih mumpuni ketika digunakan.

Taft F70 didukung mesin diesel 4 silinder berkode DL41 2.765 cc. Tenaga maksimumnya hanya 72 hp pada 3.600 rpm dan torsi maksimumnya 170 Nm pada 2.200 rpm. 

Mesin ini dikenal bandel dan perawatannya gampang karena masih menggunakan timing gear sebagai penggerak katupnya. Sementara itu pompa injeksi masih menganut model in-line.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil