window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Top_pc', [ [ 728, 90 ] ], 'div-gpt-ad-1677034610697-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1677034610697-0'); });

Desain Kendaraan Masa Depan Hadir Tanpa Grill, Pendinginannya Makin Canggih?

Dhoni · 18 Mei, 2021 11:00

Perkembangan desain mobil tentunya menyesuaikan dengan kemajuan teknologi terkini, termasuk pada mobil-mobil model terbaru. Ubahan yang paling terlihat dari desain mobil modern berada pada bagian depannya. Model grill kini telah berubah sehingga cenderung lebih tertutup.

Desain Kendaraan Masa Depan Hadir Tanpa Grill, Pendinginannya Makin Canggih? 01

Tesla 3 tanpa gril berkisi

Padahal pada beberapa dekade terakhir, desain grill dengan kisi-kisi udara menjadi identitas sebuah mobil. Paling tidak dengan melihat model grill, memudahkan kita mengenali merek hingga tipe dari mobil tersebut. Kini tampilannya justru lebih tertutup dan menghilangkan gril depan.

Gril Versus Teknologi Elektrifikasi 

Dengan kepedulian lingkungan terhadap dampak polusi yang ditimbulkan, teknologi mesin konvensional berbahan bakar minyak bumi mulai ditinggalkan. Kita memasuki era elektrifikasi dengan kehadiran kendaraan listrik murni atau dikenal EV (electric Vehicle) membuat eksterior depan mobil tidak membutuhkan gril berkisi. 

Desain Kendaraan Masa Depan Hadir Tanpa Grill, Pendinginannya Makin Canggih? 02

Disain Kendaraan Masa Depan Hadir Tanpa Gril, Ini alasannya

Lalu apa alasannya Kendaraan jenis EV tidak membutuhkan grill? Dan mengapa beberapa mobil dengan mesin konvensional mulai meninggalkan grill model kisi-kisi udara? Untuk lebih jelasnya sebagai berikut:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Fungsi dan Desain Grill dengan Kisi-kisi Udara 

Sejak awal desain gril dengan kisi-kisi udara yang berada di depan memiliki fungsi sebagai jalur udara untuk mendinginkan radiator hingga ruang mesin. Semakin baik sirkulasi udara yang masuk akan membuat mesin dan radiator mobil cepat dingin.

Gril model tersebut sangat penting bagi kendaraan bermesin konvensional untuk menghindari panas berlebih. Hal tersebut membuat para desainer mobil merancang grill agar dapat berfungsi dan juga memberikan tampilan yang menarik.

Desain Kendaraan Masa Depan Hadir Tanpa Grill, Pendinginannya Makin Canggih? 01

Kondisinya jauh berbeda dengan kendaraan berteknologi listrik murni yang hanya menggunakan motor listrik. Artinya, mobil listrik tidak membutuhkan bantuan radiator dalam mendinginkan mesin. Tentunya grill dengan berkisi yang dapat mengalirkan udara, bukan bagian penting.

Para desainer pun berlomba dalam merancang bagian depan mobil tanpa harus memikirkan bentuk grill dan aliran udara. Hasilnya, tampilan mobil menjadi lebih modern seperti mobil-mobil dalam film fiksi tentang masa depan.

Kendaraan Bermesin Konvensional Bisa Tanpa Grill?

Desain mobil modern tanpa grill menjadi tren di China sebagai pasar kendaraan listrik terbesar di dunia. Begitu pula dengan di Jepang, beberapa mobil hadir dengan disain grill modern seperti pada Honda HR-V 20221 yang diperkenalkan Februari lalu.

Honda HR-V 2021 di Jepang hadir dengan disain grill horizontal dengan warna sama seperti bodi mobil. Tampilan yang sempat menuai kritik dari konsumen di Jepang maupun Thailand. Namun yang menjadi pertanyaan, kenapa Honda HR-V 2021 yang mengunakan mesin bensin terkombinasi hybrid memiliki grill yang sama?

Pihak Honda telah mengatakan alasan mereka dalam menghadirkan disain gril terbaru pada Honda HR-V 2021. Disain gril memang berbeda dibanding versi sebelumnya karena tidak terdapat bingkai sehingga tampak menyatu dengan bagian depan Honda HR-V 2021.

Desain Kendaraan Masa Depan Hadir Tanpa Grill, Pendinginannya Makin Canggih? 02

Honda HR-V Hybrid dengan tampilan gril modern

Pada dasarnya Honda HR-V 2021 telah mengadopsi teknologi Hybrid, sehingga tidak ada salahnya pihak Honda menggunakan desain selayaknya kendaraan listrik murni. Tampilan pun menjadi lebih modern dan tetap terdapat aliran udara.

Kini cukup banyak kendaraan yang mengusung elektrifikasi dengan menggunakan desain tanpa grill berkisi. Bahkan desain ini tidak hanya digunakan pada EV premium, tetapi juga mobil listrik lainnya.

Lalu apakah tren desain grill modern menjadi bagian perkembangan mobil berteknologi elektrifikasi di masa depan? Bagaimana menurut Anda?

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa