window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Duel Civic RS 2022 vs Corolla Altis 2021, Saat Honda Sensing Kandaskan Citra Merek Toyota

Yongki Sanjaya · 29 Okt, 2021 14:00

Duel Civic RS 2022 vs Corolla Altis 2021, Saat Honda Sensing Kandaskan Citra Merek Toyota 01

Pertarungan sedan medium antara Corolla vs Civic kembali berlanjut. Beberapa waktu lalu PT Honda Prospect Motor meluncurkan generasi ke-11 Civic RS 2022 yang telah memiliki Honda Sensing. Fitur keselamatan aktif ini membuat Honda Civic RS 2022 bisa mengimbangi Toyota Altis 2021 versi hybrid yang sudah memiliki TSS.

Memang, harga yang ditawarkan oleh Civic RS juga lebih mahal daripada tipe termahal Toyota Corolla Altis yaitu Altis Hybrid. Sebagai perbandingan, Honda Civic 2022 dijual dengan harga Rp567.000.000. Sementara itu, Altis Hybrid AT dijual seharga Rp 503.150.000.

Ada selisih hingga sekitar Rp63 jutaan antara Altis Hybrid dengan Civic RS. Namun, perbedaan harga yang lumayan tersebut dikompensasi oleh Honda melalui hadirnya fitur Honda Sensing dan juga performa mesin yang lebih oke. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Toyota Altis juga mendapat Toyota Safety Sense namun cuma tersedia pada varian mesin hybrid. Di sisi lain, teknologi hybrid ini membuat harga jualnya jadi lebih terjangkau mengacu pada pajak emisi yang berlaku di bulan Oktober ini. 

Lantas, apa saja kelebihan Honda Civic RS 2022 yang membuatnya unggul dari Toyota Corolla Altis? Mari kita bandingkan keduanya. 

Honda Civic RS 2022, Pakai Honda Sensing Terlengkap

Duel Civic RS 2022 vs Corolla Altis 2021, Saat Honda Sensing Kandaskan Citra Merek Toyota 01

serangkaian fitur canggih yang untuk pertama kalinya hadir di model ini, termasuk teknologi keselamatan canggih Honda SENSING terlengkap di Indonesia.  

Honda SENSING merupakan rangkaian teknologi keselamatan yang memberikan perlindungan komprehensif bagi pengemudi dan penumpang dengan cara memberikan peringatan hingga secara otomatis mengambil tindakan untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakaan. Teknologi Honda SENSING pada All New Honda Civic RS meliputi; Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow, Auto-High Beam, serta Lead Car Departure Notification System (LCDN).

Sedan terbaru Honda di Indonesia ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan berstandar tinggi lainnya, seperti Honda LaneWatch yang memberikan pengemudi pandangan yang lebih luas dari area blind spot. 

Duel Civic RS 2022 vs Corolla Altis 2021, Saat Honda Sensing Kandaskan Citra Merek Toyota 02

Selebihnya, Honda Civic RS dilengkapi dengan fitur seperti 6 Airbags, struktur rangka G-CON+ACETM with side impact beam, teknologi pengereman ABS, EBD+BA, Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, dan Emergency Stop Signal, Driver Attention Monitor dan Seatbelt Reminder untuk setiap baris tempat duduk. 

All New Honda Civic telah mendapatkan peringkat bintang 5 dalam tes New Car Assessment Program for Southeast Asia (ASEAN NCAP) dengan skor keseluruhan mencapai 83,47 poin. Pengujian yang dilakukan termasuk uji benturan frontal offset, uji benturan samping, dan evaluasi fitur keselamatan.

Itu tadi kelebihan Civic generasi ke-11 dari sisi fitur keselamatan. Bagaimana dengan kelebihan lainnya?

Tenaga Mesin Honda Civic 2022 Terbesar Dikelasnya

Duel Civic RS 2022 vs Corolla Altis 2021, Saat Honda Sensing Kandaskan Citra Merek Toyota 03

Honda Civic RS mengusung mesin baru yaitu 1.5 liter DOHC VTEC Turbo. Dapur pacunya menghasilkan tenaga maksimum yang lebih besar, 178 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 240 Nm pada 4.500 rpm, terbesar dikelasnya.

Kenikmatan berkendara Honda Civic RS ditunjang dengan fitur Paddle Shift untuk kendali perpindahan transmisi ala mobil balap. Tak kurang, ada SPORT Mode untuk pengaturan performa yang lebih agresif. 

Fitur dan Teknologi Terbaru di Honda Civic RS 2022, Ada Apa Saja?

Duel Civic RS 2022 vs Corolla Altis 2021, Saat Honda Sensing Kandaskan Citra Merek Toyota 04

All New Honda Civic RS menghadirkan teknologi terbaru  yang akan memungkinkan pengendara lebih mudah mengontrol dan terkoneksi dengan mobil. Fitur baru di sedan ikonik Honda ini antara lain Walk-Away Auto Lock yang akan mengunci pintu secara otomatis ketika pengendara berjalan sejauh minimal 1,5 meter dari kendaraan serta Rear Seat Reminder dimana akan terdapat informasi pada panel instrumen bahwa terdapat objek yang tertinggal di kursi belakang.

Kini Honda Smart Key Card hadir sebagai alternatif pengganti remote control yang lebih ringkas dan seamless. Fitur ini pun untuk pertama kalinya hadir pada jajaran mobil Honda dan sedan medium dikelasnya. 

Kuncinya berbentuk seperti kartu, dan memungkinkan pengendara untuk dapat mengakses fitur-fitur unggulan seperti One Push Ignition System, Smart Entry System serta Walk-Away Auto Lock.

Toyota Corolla Altis 2021, Andalkan Mesin Hybrid dan TSS Membuatnya Jadi Sedan Canggih

Duel Civic RS 2022 vs Corolla Altis 2021, Saat Honda Sensing Kandaskan Citra Merek Toyota 05

Toyota bisa dibilang cukup maju urusan teknologi mesin dan fitur keselamatan aktif. Pada 2019 lalu PT Toyota Astra Motor merilis Corolla Altis facelift yang sudah memiliki fitur TSS. Sedikit disayangkan karena fitur ini cuma ada pada tipe Hybrid AT sebagai trim termahal. 

All New Corolla Altis HEV juga merupakan model pertama Toyota di Indonesia dengan fitur-fitur keselamatan yang lengkap dan canggih dari Toyota Safety Sense (TSS) yaitu Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), serta Automatic High Beam (AHB). Khusus untuk varian HEV, juga dilengkapi dengan Rear Cross Traffic Alert (RCTA). 

Corolla generasi ke-12 ini diperkuat dengan 4 pilar utama atau disebut Blooming Corolla yang mencakup styling, driving performance, safety, dan electrification. Kalau dibandingkan dengan Honda Civic RS 2022, konsep dari Corolla Altis ini sudah cukup advance dan juga lebih ekonomis dari sisi harga. 

Kalau membandingkan versi non hybrid, Corolla Altis ini malah jadi inferior bila berhadapan dengan Civic RS 2022. Sebab, mesinnya masih naturally aspirated yang kalah tenaga dan belum ada fitur TSS. Kelebihannya hanyalah pada sisi harga yang lebih murah. 

Toyota Corolla Altis Non Hybrid, Menang Murah Kalah Spesifikasi dari Honda Civic RS 

Duel Civic RS 2022 vs Corolla Altis 2021, Saat Honda Sensing Kandaskan Citra Merek Toyota 06

Apabila sama-sama membandingkan dengan versi non hybrid, jelas Civic RS jauh lebih canggih daripada Corolla Altis. Namun demikian, harga Corolla Altis lebih bersahabat dibandingkan sedan andalan Honda tersebut.  Berikut ini harga Toyota Corolla Altis non hybrid:

V AT Rp 454.450.000

G AT Rp 487.800.000

Dengan harga yang selisihnya mencapai lebih dari 100 jutaan, Corolla Altis semestinya bisa berbicara banyak bermodal fitur dan desain berbasis platform Toyota New Global Architecture (TNGA).

New Altis G dan V memiliki daya maksimum hanya 140 ps/6.400 RPM dari mesin berkubikasi 1.798 cc. Tenaganya jelas kalah besar daripada Civic yang sudah memakai mesin turbo. 

Fitur Sederhana di Corolla Altis Non Hybrid

Duel Civic RS 2022 vs Corolla Altis 2021, Saat Honda Sensing Kandaskan Citra Merek Toyota 07

Bicara Toyota Corolla Altis, sedan medium ini fiturnya memang kalah mentereng daripada Civic terbaru. Corolla Altis hanya mendapat fitur Advanced & Integrated Multimedia System sebagai pusat entertainment dengan bermodalkan monitor DVD 7 inci. 

Head unitnya mendukung fitur FM/AM Radio, USB, voice command, hand gesture, AUX AV in, sd card support, i-Pod ready, koneksi internet, dan miracast. Demi meningkatkan kenyamanan berkendara, Corolla Altis berhasil tersematkan AC climate control dual zone. 

Terdapat Attractive 4.2 MID pada panel instrumen dashboard agar pengemudi bisa melihat indikator kecepatan mobil dengan maksimal. Pengemudi juga dapat merasakan kemudahan parkir dengan Electronic Parking Brake.

Kesimpulan 

Dengan harga yang mahal, Civic menjadi sedan paket komplit yang memiliki semua kebutuhan, baik itu fitur keselamatan maupun performa dan fitur canggih. Sebaliknya, Corolla Altis dengan fitur 'sederhana' berani menawarkan diri dengan harga yang lebih murah. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil