window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Suzuki XL7 Alpha AT Lebih Mahal Rp6 jutaan, Mending Pilih Daihatsu Terios R Custom yang Fiturnya Mirip

Yongki Sanjaya · 24 Sep, 2021 08:00

Harga Suzuki XL7 Alpha AT Lebih Mahal Rp6 jutaan, Mending Pilih Daihatsu Terios R Custom yang Fiturnya Mirip 01

Semenjak kehadiran Honda BR-V 2022, peta persaingan di segmen low SUV semakin sengit. Tiap pabrikan berusaha untuk menghadirkan model dengan fitur dan desain yang keren. Namun dari sekian banyak model, kami melihat Daihatsu Terios R Custom dan Suzuki XL7 Alpha hadir sebagai SUV yang value for money. 

Sebab, keduanya ditawarkan dengan harga relatif terjangkau bila dibandingkan tipe teratas model lainnya di segmen low SUV. Daihatsu R AT Custom dijual seharga Rp 255.600.000, kemudian untuk Suzuki XL7 Alpha AT dijual Rp 261.700.000. Dari segi harganya XL7 lebih mahal Rp6,1 juta, apakah fiturnya lebih oke? 

Nah daripada penasaran, kami coba membandingkan kedua model tadi. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Daihatsu R Custom, Tambahan Aksesoris dan Garnish Bikin Makin Mahal

Harga Suzuki XL7 Alpha AT Lebih Mahal Rp6 jutaan, Mending Pilih Daihatsu Terios R Custom yang Fiturnya Mirip 01

Salah satu jurus Daihatsu dalam meningkatkan image Terios adalah dengan memasangi garnish krom dan menambah beberapa aksesoris. Satu sisi, penampilannya makin berkelas dan konsekuensinya harga jual tipe R Custom ini 'makin mewah'. 

Memiliki embel-embel 'custom', sayangnya kalian tidak bisa memilih tampilan sesuka hati. Opsi warna bodinya cuma satu, yaitu putih (icy white). Terios Custom mengambil basis dari Terios varian R yang mendapat ubahan aksesoris.

Dari eksterior terlihat lebih gagah, lantaran penggunaan bumper guard di depan dan stone guard di sisi bodi. Tidak ketinggalan aksen hitam diperbanyak untuk menambah aura tangguh di bagian cover lampu kabut, lalu di grill dan garnish pintu bagasi dengan kombinasi aksen krom. 

Harga Suzuki XL7 Alpha AT Lebih Mahal Rp6 jutaan, Mending Pilih Daihatsu Terios R Custom yang Fiturnya Mirip 02

Bukan cuma itu, daihatsu juga memberikan striping tambahan kombinasi merah serta abu-abu yang membentang di body bagian samping dan side skirt. Satu hal yang menarik, Daihatsu Terios punya lampu depan otomatis pada tipe R, termasuk R Custom tentunya. Maksud dari 'Custom' ini langsung mengarah pada tambahan ornamen garnish supaya tampil sporty. 

Dari sisi dimensi tidak ada perubahan, Terios R Custom memiliki ukuran panjang 4435 mm, lebar 1695 mm dan tinggi 1706 mm. Untuk jarak sumbu roda yaitu 2.685 mm dan Ground Clearance setinggi 220 mm dari permukaan tanah.

Harganya Makin Mahal, Fitur Tak Berbeda Dari Tipe Dibawahnya

Harga Suzuki XL7 Alpha AT Lebih Mahal Rp6 jutaan, Mending Pilih Daihatsu Terios R Custom yang Fiturnya Mirip 03

Kalau melihat fiturnya, tak ada yang benar-benar berbeda antara Daihatsu Terios R polos dengan R Custom. Fiturnya mirip, dan yang terbaru mendapat tambahan tiga fitur saja antara lain; Eco Idle, VSC (Vehicle Stability Control), dan HSA (Hill Start Assist). 

Daihatsu Terios R Custom juga sudah dilengkapi dual SRS Airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA) dan Emergency Brake Signal (EBS). Adapun untum ketersediaan fitur kamera parkir mundur dan emergency stop/brake signal cuma ada di varian tertinggi (R dan R Custom). 

Sedikit disayangkan kalau airbag pada Terios tipe R ke atas hanya diberi dua saja, tapi Daihatsu memberikan kamera 360 sebagai penggantinya.

Sarana hiburan mengandalkan monitor layar sentuh 2DIN dengan fitur DVD, USB hingga mirroring. Air Conditioning di Terios sudah model digital otomatis, tapi hanya ada di Terios tipe R dan R Custom. Tipe R dan R Custom sebagai varian tertinggi juga dilengkapi smart entry key dan tombol engine start/stop. Untuk pengaturan posisi mengemudi ada seat height adjuster, tapi sayang tanpa telescopic steering. 

Mesin Tetap Sama, Setipe dengan Rush

Harga Suzuki XL7 Alpha AT Lebih Mahal Rp6 jutaan, Mending Pilih Daihatsu Terios R Custom yang Fiturnya Mirip 04

Bicara soal performa, Terios R Custom didukung mesin 2NR-VE Dual VVT-i. Tenaga puncak sebesar 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi 136 Nm pada 4.200 rpm. Seluruh daya tersalur menuju roda belakang dengan transmisi otomatis 4 percepatan (R AT Custom). 

Itu tadi ulasan soal sosok Daihatsu Terios R Custom, kini kita bandingkan dengan Suzuki XL7 Alpha AT yang lebih mahal Rp6 jutaan. Apakah lebih menarik dari sisi spesifikasi atau fiturnya? 

Suzuki XL7 Alpha AT, Fiturnya Beda Tipis Sama Ertiga?

Harga Suzuki XL7 Alpha AT Lebih Mahal Rp6 jutaan, Mending Pilih Daihatsu Terios R Custom yang Fiturnya Mirip 05

Suzuki XL7 Alpha AT termasuk jadi pilihan tipe yang value for money. Sebagai tipe teratas, pastinya XL7 Alpha AT memberikan seluruh fitur terbaiknya. Suzuki mengklaim kalau ada 211 komponen baru yang sengaja dibedakan dengan Ertiga. Kalau melihat sepintas XL7 ini tak ubahnya hanya seperti Ertiga yang ditinggikan.

Lantas, apa menariknya mobil ini? 

Dari penampilan luar, XL7 Alpha AT tampil perkasa karena memakai velg 16 inci dan ban 195/60. Ground clearance juga naik jadi 200 mm agar kesan SUV lebih terasa, atau lebih tinggi 20 mm dibanding Ertiga. 

Fitur Suzuki XL7 Alpha AT Hampir Mirip Daihatsu Terios R Custom

Harga Suzuki XL7 Alpha AT Lebih Mahal Rp6 jutaan, Mending Pilih Daihatsu Terios R Custom yang Fiturnya Mirip 06

Masuk ke ruang kemudi, kita disuguhi setir bergaya flat bottom yang sudah memiliki fitur tilt untuk posisi naik turun. Beberapa fitur lain juga mirip seperti pada Terios R Custom yaitu kontrol AC sudah model tombol dengan fitur auto climate dan heater sehingga tidak ketinggalan zaman. 

Adapun fitur multimedia di XL7 Alpha lebih keren karena didukung monitor layar sentuh 8-inci ditambah 2 tweeter depan agar suara dihasilkan lebih manjakan telinga. Nah, head unit yang dimiliki XL7 Alpha ini terbesar di kelasnya, dan setara BR-V Prestige generasi pertama. Konektivitas juga cukup lengkap apabila ingin mirroring dari ponsel. 

Dengan harga lebih mahal, Suzuki XL7 Alpha ini menonjolkan fitur Smart E-Mirror, yaitu spion canggih yang juga berfungsi sebagai dashcam melalui kamera dibaliknya. 

Harga Suzuki XL7 Alpha AT Lebih Mahal Rp6 jutaan, Mending Pilih Daihatsu Terios R Custom yang Fiturnya Mirip 07

Fitur lain yang jadi standar di mobil ini antara lain sudah pakai keyless dengan tombol start/stop untuk menghidupkan dan mematikan mesin. Hanya yang sedikit disayangkan yaitu belum ada fitur auto door lock. 

Fitur keselamatan pada Suzuki XL7 Alpha AT ini juga sama-sama standar. Hanya ada 2 airbag di depan yang didukung sistem safety aktif mulai dari Antilock-Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Electronic Stability Programme (ESP) dan Hill Hold Control (HHC). 

Performa Mesin Suzuki XL7 Alpha AT Sedikit Lebih Baik

Harga Suzuki XL7 Alpha AT Lebih Mahal Rp6 jutaan, Mending Pilih Daihatsu Terios R Custom yang Fiturnya Mirip 08

Bicara dapur pacu, output mesin K15B milik XL7 hanya sedikit lebih unggul dari Daihatsu Terios R Custom. Total tenaga dihasilkan 104,7 PS di putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum 138 Nm di 4.400 rpm yang disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 4 percepatan. 

Meskipun tak terlalu besar, namun karakter torsi puncak berada di putaran menengah. Hasilnya, berkendara jadi fun to drive untuk akselerasi cepat, dan tak perlu bersusah payah kick down.

Kesimpulan

Suzuki XL7 Alpha AT ini memang harganya sedikit lebih mahal tapi ternyata perbedaannya cuma sedikit daripada Daihatsu Terios R Custom. Bisa dibilang fitur pembeda seperti e-mirror dashcam serta head unit 8 inci ini tak signifikan. Kita bisa membeli head unit dan dashcam aftermarket yang tak kalah bagus kualitasnya.

Jadi, selisih Rp6 jutaan bisa dimanfaatkan untuk upgrade Terios kamu jadi lebih canggih dan nyaman dari sisi multimedia. Jadi, apa kamu tergoda pilih Terios? 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil