Ini Fitur Mahal di Suzuki Nex Crossover 2021, Bedanya Hampir Rp 2 Jutaan dari Nex Biasa! 

Yongki Sanjaya · 20 Nov 2020 15:04

Suzuki baru saja meluncurkan Nex Crossover 2021 sebagai varian baru keluarga Suzuki Nex. Dengan beberapa ubahan fitur, membuat Nex Crossover harganya jadi jauh lebih mahal. Padahal, basis keduanya ini sama.

Nex Crossover adalah versi adventure dari Nex II  yang sejatinya adalah skutik entry level. Dengan beberapa ubahan, kasta Nex Crossover pun mulai terangkat jadi kelas menengah. Lantas, apa saja ubahan atau bedanya dari versi standar?

Suzuki NEX II sebagai basisnya dibekali mesin 115cc fuel injection dengan teknologi SEP (Suzuki Eco Performance). Fitur Suzuki Easy Start System juga sudah dimiliki Suzuki NEX II sehingga mudah ketika mesin dihidupkan.

Suzuki Nex II tipe standar atau Elegant dijual seharga Rp. 16.200.000. Suzuki Nex II tipe Elegant bahkan sudah memiliki fitur USB Charger dan LED Headlight. Namun, versi standar ini tidak memakai panel speedometer digital layaknya di Nex Crossover. 

PT Suzuki Indomobil Sales menawarkan Suzuki Nex Crossover  dengan harga Rp 17.990.000,- (on the road DKI Jakarta). Suzuki Nex Crossover memberikan sensasi kebebasan berkendara dengan kemampuan petualang bagi pengendara yang aktif. 

Ini Fitur Mahal di Suzuki Nex Crossover 2021

Suzuki Nex Crossover punya beberapa fitur keren yang membuatnya jadi lebih sporty daripada Nex II

Nex Crossover desainnya yang lebih sporty dibandingkan dengan model skutik biasa. Selain itu, built quality Nex II Crossover memang nggak bisa diremehkan yang durabilitasnya khas Suzuki. 

Pada Suzuki Nex Crossover 2021 memakai setang bergaya naked handle bar yang membuat posisi riding menjadi lebih rileks. Selain itu, ban jenis tubeless dual-purpose memiliki peran penting dalam memberikan kenyamanan dan ketenangan pengendara saat melintasi beragam kondisi permukaan jalan. 

Tak kalah penting, posturnya kini jadi makin tinggi. Ground clearance atau jarak terendah dari tanah Suzuki Nex Crossover diklaim yang tertinggi di kelasnya (150 mm). Ini membuat Suzuki Nex Crossover akan terasa lebih mantap untuk dibawa berpetualang kemanapun. 

Adanya Digital Instrument Cluster baru membuat Nex Crossover lebih modern, dan informatif kepada pengendara. Di dalam layarnya, pengendara dapat membaca kecepatan, jarak tempuh, kapasitas bahan bakar, voltase baterai, indikator sistem FI, indikator lampu, serta petunjuk waktu. Inilah instrumen yang membuat harga Nex Crossover jadi lebih mahal daripada Nex II biasa. 

Bagian yang mungkin membuat terlihat sedikit aneh yaitu desain spion khas Suzuki yang sudah ketinggalan zaman. Dengan sudut tajam ala Nex Crossover, desain spionnya malah agak lonjong dengan gagang yang tinggi, sehingga jadi kontras dengan gayanya. 

Kesimpulan

Melihat selisih harga yang mencapai Rp 1.790.000 maka kita akan anggap kalau Nex Crossover jadi kemahalan. Namun, perlu kalian tahu kalau panel speedometer digital ini untuk harga partnya memang mahal dibandingkan analog biasa. 

Namun, dengan selisih nyaris Rp 2 juta ini semestinya Nex Crossover juga mendapatkan fitur USB Charger seperti Nex II Elegant. Jadi, fiturnya paling lengkap dan tak kalah dengan skutik adventure lain. 
 

Komentar

Mobil Terbaru