window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Gak Cuma Tangki 23 Liter, Ini Daftar Fitur Andalan Yamaha Tenere 700 World Raid

Fariz · 26 Sep, 2023 15:00

Gak Cuma Tangki 23 Liter, Ini Daftar Fitur Andalan Yamaha Tenere 700 World Raid 01

Yamaha Tenere 700 World Raid dengan warna hitam yang sangar
  • Ditunjukan untuk penyuka turing dengan jarak tempuh jauh.
  • Shockbreaker depan dan belakang punya jarak main panjang.

Yamaha Tenere 700 hadir di Indonesia yang didatangkan langsung oleh beberapa Importir Umum (IU), salah satunya 2 Wheelers By Glamour Auto Boutique yang menghadirkan Tenere 700 dalam versi standar dan World Raid.

Untuk varian World Raid dibanderol Rp 485 juta off the road yang mana lebih mahal dibanding varian standar, lantas apa saja fitur andalan dari Tenere 700 World Raid yang membuat harganya menjadi lebih mahal? Berikut ulasannya.

Tangki Bensin 23 Liter

Gak Cuma Tangki 23 Liter, Ini Daftar Fitur Andalan Yamaha Tenere 700 World Raid 02

Tangki bensin 23 liter dengan 2 lubang pengisian

Ubahan paling terasa tentu saja ada pada tangki bensin, karena memang World Raid lebih ditujukan untuk penggunaan menjelajah dengan jarak cukup jauh, yang mana tidak perlu khawatir jika jarak antar pom bensin cukup jauh.

Pasalnya World Raid dibekali dengan tangki bensin yang punya kapasitas mencapai 23 liter, untuk memudahkan pengendaranya dalam pengisian bensin, Yamaha memberikan 2 lubang pengisian, satu di sisi kiri dan satu di kanan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga: Sebab Motor Bebek Yamaha Jadi Favorit di Perbatasan Indonesia-Malaysia

Tangki bensin berkapasitas 23 liternya ini secara otomatis langsung mengubah bentuk Tenere 700 terutama di sisi tengah, terlihat bodinya menjadi lebih lebar dan ‘gondrong’ tapi tetap memperhitungkan sisi ergonomi agar pengendaranya tetap nyaman dan tidak terlalu mempengaruhi handling.

Itu berarti Tenere 700 World Raid punya beda kapasitas tangki bensin mencapai 7 liter, karena untuk varian standar hanya bisa menampung bensin sebanyak 16 liter tapi dengan desain bodi yang lebih ramping.

Suspensi Tenere 700 World Raid

Fitur andalan berikutnya dari motor ini ada pada kaki-kakinya, karena punya jarak main yang lebih panjang dibandingkan tipe standar, dengan begitu melahap jalur gravel bebatuan tidak akan khawatir bottoming.

Gak Cuma Tangki 23 Liter, Ini Daftar Fitur Andalan Yamaha Tenere 700 World Raid 01

Shockbreaker dengan jarak main panjang

Shockbreaker depannya menggunakan upside down dari KYB yang punya warna tabung dark bronze Kashima coating yang membuatnya tidak hanya tampil apik tapi juga lebih kuat.

Baca juga: Cuma di Kalimantan Barat, Yamaha WR 155 R Punya 3 Varian 

Shockbreaker ini punya diameter as 43 mm dan dengan jarak main mencapai 230 mm, sedangkan shockbreaker belakang tetap monoshock fully adjustable dengan travel 220 mm yang lebih panjang 20 mm dibandingkan Tenere 700 standar.

Flat Rally Seat

Motor ini menggunakan desain jok ala pacuan rally di mana bentuk jok ramping dan juga rata, dengan begitu pengendaranya bisa mengatur posisi badan juga posisi duduk dengan mudah saat ingin menyeimbangkan motor di jalur bebatuan.

Gak Cuma Tangki 23 Liter, Ini Daftar Fitur Andalan Yamaha Tenere 700 World Raid 02

Desain jok ramping dan datar memudahkan pengendara berganti posisi

Desain jok yang ramping juga memudahkan pengendara dalam mengontrol handling dari Tenere 700 World Raid, terutama ketika pengendara berdiri dan melahap jalur off road dengan cepat.

Spidometer Yamaha Tenere 700 World Raid

Sama seperti varian standar, World Raid juga dilengkapi dengan spidometer colour TFT display yang punya desain persegi panjang potrait dengan dimensi 5 inci.

Gak Cuma Tangki 23 Liter, Ini Daftar Fitur Andalan Yamaha Tenere 700 World Raid 03

Desain spidometer unik dengan informasi lengkap

Baca juga: Unik, Warga Kalbar Kerap Pakai Yamaha Jupiter Z1 Untuk Motor Perkebunan

Suguhan informasinya tergolong lengkap dengan 3 pilihan tampilan spidometer, bahkan ada roadbook style untuk membaca trip meter layaknya motor pacuan dakar.

Motor ini juga dilengkapi dengan CCU atau Communication Control Unit sehingga smartphone pengendara bisa tersambung dengan spidometer melalui sambungan Bluetooth, nantinya spidometer juga bisa menampilkan beberapa notifikasi.

ABS 3 Mode

Untuk menjaga kedua rodanya agar tidak mengunci saat melakukan pengereman keras, motor ini sudah dilengkapi dengan ABS 2 channel, namun karena akan banyak digunakan juga di jalur off road maka ABS ini punya beberapa mode.

Gak Cuma Tangki 23 Liter, Ini Daftar Fitur Andalan Yamaha Tenere 700 World Raid 04

Dilengkapi dengan ABS 3 mode

Mode pertama tentu saja kondisi ABS berfungsi optimal di kedua roda, mode kedua ABS hanya berfungsi untuk roda depan, lalu mode terakhir ABS mati di semua roda sehingga pengendara bisa mengeksplor Tenere 700 World Raid tanpa diganggu.

Ӧhlins Steering Damper

Steering damper menjadi fitur yang hanya ada di World Raid, perangkat ini terpasang rapi tepat di antara mulut tangki bensin dengan setang.

Gak Cuma Tangki 23 Liter, Ini Daftar Fitur Andalan Yamaha Tenere 700 World Raid 05

Punya 18 setelan yang bisa disetel senyaman mungkin

Baca juga: Penyebab Yamaha Aerox Inden Sampai 3 Bulan di Kalimantan Barat

Komponen berlabel Ӧhlins ini tampak elegan dengan bodi warna silver dan setelan berwarna emas, steering damper ini dibekali dengan 18 setelan yang bisa disesuaikan untuk menjaga setang tetap stabil selama melewati jalur off road.

Desain Belalai Filter Yamaha Tenere 700 World Raid

Ada komponen unik pada Yamaha Tenere 700 World Raid yang tidak dimiliki pada tipe standar, ini ada pada bagian boks filter udara.

Gak Cuma Tangki 23 Liter, Ini Daftar Fitur Andalan Yamaha Tenere 700 World Raid 06

Desain belalai filter udara menghadap depan untuk mencegah kotoran dari roda belakang terhisap

Secara dimensi dan volume udara yang ditampung sebenarnya sama, perbedaan justru ada pada belalai filter udara yang menghadap ke depan.

Tujuannya untuk menghindari debu dan kotoran yang dihasilkan oleh roda belakang selama perjalanan panjang, dengan begitu kondisi filter udara akan lebih bersih.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });