window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

TVS Apache RTE Jadi Andalan Balap Motor Listrik Pertama di India

Ilham · 26 Sep, 2023 13:30

  

Motor balap listrik TVS Apache RTE

Motor balap listrik TVS Apache RTE.
  • Statusnya jadi balap nasional India.
  • Motor listriknya belum dijual umum.

Pabrikan motor asal India, TVS terus menunjukan pengembangan yang signifikan belakangan ini. Bukan hanya di Indonesia dengan sejumlah model dan diler baru, tapi juga di pasar global.

Jika belum lama ini pabrikan berlogo kuda ini merilis naked bike bertampang garang, TVS Apache RTR 310, maka pekan lalu mereka mengenalkan program balap motor listriknya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Ajang balap tersebut berjuluk TVS Racing Electric One Make Championship (e-OMC). Nantinya akan menjadi kelas di seri Indian National Motorcycle Road Racing Championship (INMRC).

Program balap ini bakal debut di seri ke-4 INMRC pada akhir September 2023 nanti. Akan ada delapan pembalap yang diadu dengan motor listrik prototipe mereka, TVS Apache RTE.

"TVS Racing telah memainkan peran penting dalam menjadikan olahraga motor menarik dan dapat diakses oleh para penggemar di seluruh negeri," buka Sudarshan Venu, Managing Director of TVS Motor Company.

Baca Juga: Cuma di Kalimantan Barat, Yamaha WR 155 R Punya 3 Varian

Motor Listrik Balap Pertama Asal India

Menurut Sudarshan Venu, kehadiran berbagai ajang balap bagi TVS membawa banyak alih teknologi yang akhirnya disematkan pada produksi massal mereka. 

"Banyak teknologi pionir pada mesin balap yang kami telah terapkan pada kendaraan produksi kami," ucapnya.

TVS Apache RTE Jadi Andalan Balap Motor Listrik Pertama di India 01

Ada 8 motor yang disiapkan

Ini selaras dengan filosofi 'track to road' yang digaungkan oleh TVS, termasuk nantinya ke motor listrik balap ini.

"Sejalan dengan visi kami dalam menyediakan solusi mobilitas yang menarik dan berkelanjutan, kami dengan bangga mengumumkan debut kejuaraan balap kendaraan roda dua listrik pertama di India. 

TVS Racing e-OMC tidak hanya akan menetapkan standar baru di segmen balap tetapi juga menampilkan potensi kendaraan listrik dalam menghadirkan pengalaman balap yang mendebarkan untuk disaksikan dunia,” urainya.

Baca Juga: Bakal Ada Motor Nasional Malaysia Bermesin Suzuki, PT SIS Ikut Dilibatkan?

TVS Apache RTE Punya Komponen Ganas

Hadir sebagai motor balap listrik prototipe, TVS Apache RTE dirancang dengan komponen motor listrik berpendingin cair. Sayangnya tak disebutkan besaran tenaga dan bobot motornya.

Namun di Apache RTE ini ada paket baterai berbahan karbon untuk menampung sumber tenaga yang berdaya besar tersebut.

TVS Apache RTE Jadi Andalan Balap Motor Listrik Pertama di India 02

Komponennya disokong Brembo dan Ohlins

Battery Management System juga dikustom dengan algoritma mengikuti spek balap untuk konfigurasi kontrol dan keselamatan yang mumpuni. Motor listrik penggeraknya bertipe mid drive dengan penyaluran daya ke roda lewat rantai.

Komponen khas motor balap yang tersemat adalah suspensi yang didesain khusus (bespoke) di depan dan belakang keluaran Ohlins. Lalu ada peranti pengereman dari Brembo.

Sepasang pelek 17 incinya berbahan karbon dengan lapisan ban Pirelli Super Corsa. Komponen karbon lainnya ada di bagian fairing yang membalut sasis dari motor listrik bertipe sport ini.

"Dengan TVS Racing e-OMC, kami mengambil langkah penting dalam mendefinisikan ulang dunia balap di masa depan,” timpal Vimal Sumbly, Head of Business – Premium at TVS Motor Company.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });