window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ini Hebatnya Spesifikasi Ford Territory 2024 yang Siap Masuk Indonesia, Honda CR-V Turbo Bisa Dibuat Ciut

Prasetyo · 28 Feb, 2024 10:01

ford territory 2024 indonesia

Ford Territory 2024 mungkin akan menjadi mobil baru Ford di Indonesia untuk tahun depan.

Pihak RMA Indonesia berniat membawa satu produk baru berjenis SUV yang kabarnya punya dimensi sedikit lebih kecil dari Ford Everest.

Informasi ini dibocorkan langsung oleh Dr. Steven Beteng selaku Direktur Sales dan Marketing RMA Indonesia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Menurutnya, tahun depan pihak RMA Indonesia selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Ford di Indonesia tengah mempersiapkan produk baru.

"Tahun depan kita ada produk yang benar-benar baru. Yang pasti produknya bagus, sudah rilis di beberapa negara. Saat ini ada yang setir kiri, nanti kita bawa yang sudah setir kanan," kata Steven saat ditemui di Jakarta, Senin (26/02/2024).

Dirinya juga menyebut, kalau produk ini akan punya dimensi lebih kecil dari Everest.

"Modelnya benar-benar baru, tetap SUV tapi ukurannya lebih kecl dari Everest," jelasnya.

Awalnya ia masih menutup rapat tentang informasi mobil baru Ford yang akan didatangkan ke Indonesia itu, namun setelah di desak apakah model yang dimaksud Ford Bronco, ia akhirnya menjawab.

"Bukan Bronco, kita bawa Territory," jelasnya singkat.

Jika memang Ford Territory, maka ini cukup sesuai dengan apa yang ia bocorkan, seperti mobil ini sudah diluncurkan di beberapa negara lain di Asia, termasuk di Philipina dimana mobil-mobil Ford yang ada di Indonesia saat ini seperti Everest dan Ranger juga dijual di negara tersebut.

Kemudian, pasar SUV medium juga cukup ramai pemainnya di Indonesia, antara lain ada Honda CR-V Turbo, Mazda CX-5, atau Toyota Corolla Cross.

Dibanding Bronco yang lebih menyasar sebagai mobil hobi atau koleksi, Territory memang punya potensi untuk menciptakan pasar Ford yang lebih baik di Indonesia, terlebih jika harganya setara dengan rival-rival Jepang tersebut.

Baca juga: Ford Everest 2023 Pede Melawan Dominasi Fortuner dan Pajero Sport

Sedikit Mengenal Ford Territory, SUV Amrik yang Lahir di China

ford territory indonesia

Generasi pertama

Kalau membahas mengenai Territory, generasi pertama model ini lahir di tahun 2018 hasil kolaborasi antara JMC dan Ford di China.

Nama Territory sendiri mengambil dari sebuah model SUV crossover berukuran medium dari Ford yang dipasarkan di Australia, namun bukan berarti model ini merupakan generasi penerusnya.

Ford yang berpartner dengan JMC saat itu benar-benar meracik dari awal sebuah model Territory generasi pertama, yang ada versi rebadged-nya juga yang diberi nama Yusheng S330.

Territory dihadirkan oleh Ford untuk mengisi celah kekosongan SUV ukuran lebih besar dari EcoSport tapi lebih kecil dari Everest.

Generasi pertama Territory mendapatkan facelift di awal 2020, dan kala itu mesin yang dipakai 1.5-liter EcoBoost yang sanggup memproduksi daya 140 PS dengan torsi 225 Nm.

Untuk Ford Territory 2024 merupakan generasi kedua dari model ini yang mengalami beberapa pembaruan cukup radikal.

Namun sebenarnya, sebelum berganti generasi Ford juga pernah melahirkan Territory EV.

Model listrik ini bermodal baterai berkapasitas 49.14 kWh dengan kemampuan jarak tempuh hingga 360 kilometer (km) sekali cas.

Baca juga: Harganya Rp1 Miliar Lebih, Ford Ranger Raptor 2023 Apakah Lebih Baik dari Toyota Hilux GR Sport?

Spesifikasi Ford Territory 2024

ford territory 2024 indonesia

Fiturnya lengkap

Territory terbaru memang sudah dipasarkan di beberapa negara, ada yang menggunakan setir kanan maupun setir kiri.

Secara dimensi tubuh, Territory sedari awal memang di set untuk lebih kecil dibanding Everest tapi lebih besar dari Ford EcoSport.

Sebagai bahan perbandingan, Teritory memiliki panjang 4,6 meter (m) lebih sedikit, sementara Everest mencapai 4,9 m bahkan hampir 5 meter, kemudian tingginya juga hanya sekitar 1,7 m, sedangkan Everest ada dikisaran 1,8 m

Namun untuk lebar tubuh Territory 1.935 mm, sementara Everest 1.923 mm, tetapi untuk jarak sumbu roda Territory lebih pendek sekitar 200 mm dibanding Everest, hal ini lantaran Territory berjenis SUV 5 seater sementara Everest bisa 7 penumpang.

Dari segi desain, Ford Territory 2024 berubah sangat banyak dibanding generasi pertamanya, sehingga sosoknya kini terlihat lebih modern dan atletis.

Tampang depan, fokus perhatian orang akan tertuju pada honeycomb grille yang cukup lebar tetapi bentuknya tidak terlalu menyiku.

Kemudian di ujung sisi kiri dan kanan gril depan itu terpasang Signature Daytime Running Light (DRL), yang desainnya dibuat lancip layaknya SUV-SUV kekinian.

Untuk lampu utamanya juga mengikuti tren mobil-mobil modern, yakni ada di area bemper, sedangkan di bagian bawah fascia depan terlihat ada under guard berkelir silver.

ford territory 2024 indonesia

Desainnya mirip SUV keluaran Eropa

Lanjut ke samping, garis tubuh Territory terbaru ini dihadirkan cukup tegas, meskipun tanpa sudut yang berlebihan.

Lengkung fender roda dibuat menonjol demi menguatkan citra kekar dari mobil ini, apalagi dengan disematkannya velg ukuran 18 inci atau 19 inci di tipe tertinggi.

Kemudian di bawah pilar C tepatnya di atas handle pintu penumpang belakang, juga dibuat garis tegas sampai ke area rear lamp.

Kesan berotot dari mobil ini juga ditampilkan melalui adanya garis menonjol pada area kap mesin yang mengalir sampai ke pilar depan.

Adapun kawasan belakang, Ford memilih untuk menekankan sisi stylish dengan racikan 3D LED Taillight, spoiler atap, dan juga aksen silver di bemper.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Ford Ecosport Bekas

Sudah Ada ADAS

ford territory 2024 indonesia

Tampilan interiornya

Selain tampilan  eksterior yang sudah modern, area kabin mobil ini juga dibalut sejumlah teknologi terkini.

Misalnya saja, jok sudah pakai material kulit, kemudian ada Panoramic Moonroof, AC Dual Zone, Hands Free Tailgate untuk membuka pintu bagasi belakang, serta ada monitor 12 inci yang terintegrasi antara meter cluster dengan headunit, serta sudah disediakan fitur Apple CarPlay atau Android Auto.

Buat menemani pengemudi atau penumpangnya saat menjalani perjalanan jauh, disertakan juga fitur Wireless Charging, Blind Spot Warning, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), 6 Airbags, Camera 360, dan Active Park Assist.

Mobil ini juga sudah tersemat fitur ADAS, antara lain terdiri dari Adaptive Cruise Control, Forward Collision Warning, Autonomous Emergency Brake with Pedestrian Detection, Lane Departure Warning, Lane Keeping Assist, dan Collision Mitigation System.

Ford Territory 2024 Andalkan Mesin 1.5 EcoBoost

Untuk mesinnya, Terriory pakai mesin 1.5L EcoBoost berdaya 160 PS dengan torsi 248 Nm, dan Territory tidak ada opsi mesin diesel.

Nah, apakah Ford Territory sanggup melawan Honda CR-V Turbo ketika masuk ke Indonesia?

Spesifikasi Ford Territory 2024
Dimensi
Panjang 4.630 mm
Lebar 1.935 mm
Tinggi 1.705 mm
Jarak sumbu roda 2.726 mm
Jarak ke tanah 190 mm
Ukuran roda 235/55/R18
  235/50/R19
Kapasitas tangki BBM 60 liter
Mesin
Tipe mesin 1.5L EcoBoost GTDI
Isi silinder 1.500 cc
Jumlah silinder 4
Daya maksimum 160 PS
Torsi maksimum 248 Nm
Transmisi Otomatis 7-percepatan
Sasis
Suspensi depan MacPherson Strut
Suspensi belakang Multi-Link Independent
Rem depan Ventilated disc
Rem belakang Disc

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Ford Everest

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil