window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Jangan Bingung, Begini Prosedurnya Klaim Asuransi Mobil Supaya Disetujui 

Yongki Sanjaya · 8 Jan, 2021 16:00

Jangan Bingung, Begini Prosedurnya Klaim Asuransi Mobil Supaya Disetujui  01

Asuransi mobil juga menerima klaim lecet akibat terserempet kendaraan lain.

Asuransi mobil adalah perlindungan wajib yang harus dimiliki. Dengan memiliki asuransi, pemilik mobil akan terlindung dari berbagai risiko besar ketika mengalami kerusakan dan kehilangan kendaraan. Untuk itu, kalian juga perlu tahu bagaimana caranya saat mengajukan klaim asuransi mobil yang benar.

Asuransi mobil memberikan proteksi bagi para pemegang polisnya dari kerusakan ringan, sedang, hingga kerusakan berat. Asuransi juga memberi pertanggungan saat kehilangan mobil karena perampokan. 

Selain itu, tingginya angka kecelakaan di Indonesia juga menjadi salah satu pertimbangan membeli produk asuransi mobil. Sebab, kecelakaan ringan maupun berat bisa terjadi sewaktu-waktu. 

Bila tidak ada asuransi, berapa uang yang akan kamu keluarkan jika mobil rusak akibat kecelakaan. Belum lagi, kamu masih harus mengeluarkan uang untuk biaya pengobatan. Ini pastinya akan bikin tekor kondisi keuangan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Hal ini tidak terjadi jika kamu memiliki asuransi mobil. Perasaan jadi jauh lebih tenang karena ada yang menanggung kerugian. Kita cukup mengajukan klaim beserta membayar biaya administrasinya.

Bahkan, kita bisa mengajukan klaim kepada asuransi mobil meskipun kendaraan kita hanya mengalami lecet sekalipun. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda pahami agar bisa mengajukan klaim asuransi, supaya tidak dianggap 'mengada-ada'.

Kenali Jenis Asuransi Mobil yang Tersedia

Jangan Bingung, Begini Prosedurnya Klaim Asuransi Mobil Supaya Disetujui  01

Pertama, kita perlu ketahui dulu jenis asuransi mobil yang akan dimiliki. Sebab, tidak semua asuransi mobil memberikan proteksi yang sama.

Ada dua macam jenis asuransi mobil, yang ada di Indonesia. Pertama yaitu asuransi mobil total loss only atau TLO. 

Seperti namanya, asuransi mobil total loss only ini hanya memberikan klaim jika mobil yang diasuransikan mengalami kerusakan 75 persen atau lebih. Kurang dari itu, kamu tidak bisa mengajukan dan mendapatkan klaim.

Jenis asuransi mobil yang berikutnya adalah asuransi mobil All Risk atau Comprehensive. Asuransi ini memberikan perlindungan secara menyeluruh terhadap risiko yang mungkin akan dialami mobil. Misalnya kerusakan ringan hingga sedang pun akan tetap mendapatkan klaim.

Cara Klaim Asuransi Mobil, Butuh Waktu Agak Lama?

Jangan Bingung, Begini Prosedurnya Klaim Asuransi Mobil Supaya Disetujui  02

Sebelum kalian mengalami musibah, sebaiknya menyimpan kontak call center dari pihak asuransi yang kalian gunakan. Untuk pengajuan klaim ini bisa dengan menghubungi via telepon atau dari aplikasi smartphone maupun datang langsung ke kantor cabang terdekat.

Setelah mengetahui berbagai cara klaim asuransi mobil, Anda wajib memberikan dokumen-dokumen penting saat klaim. Klaim ini juga berlaku untuk kehilangan/kerusakan sebagian dari bagian kendaraan karena perbuatan jahat, seperti pencurian kaca spion/ban cadangan/radio tape/mobil baret, dll.

Berikut ini contoh kelengkapan berkas untuk klaim asuransi Gardaoto:

  • Mengisi Laporan Kerugian dan telah ditandatangani tertanggung
  • Fotokopi polis asuransi
  • Fotokopi STNK kendaraan
  • Fotokopi SIM pengemudi
  • Keterangan dari kepolisian setempat
  • Klaim untuk kerusakan kendaraan akibat kecelakaan:
  • Mengisi laporan kerugian dan telah ditandatangani tertanggung
  • Fotokopi polis asuransi
  • Fotokopi STNK kendaraan
  • Fotokopi SIM pengemudi
  • Keterangan dari kepolisian setempat dan surat tuntutan dari pihak ke-3 (jika terdapat tuntutan dari Pihak ke-3).

Sebelum melakukan klaim asuransi mobil, kalian harus sudah menyiapkan segala persyaratan klaim. Dengan begini proses klaim asuransi jadi lebih lancar.

Sebenarnya, syarat klaim asuransi mobil di atas juga tercantum pada polis asuransi. Di polis tersebut, informasi tentang dokumen yang harus disiapkan saat mengajukan klaim dijelaskan dengan lengkap.

Foto Bagian Kerusakan, Untuk Bukti Pengajuan Klaim Asuransi

Jangan Bingung, Begini Prosedurnya Klaim Asuransi Mobil Supaya Disetujui  03

Asuransi akan memberi pertanggungan insiden akibat bencana alam.

Jangan lupa memfoto bagian kerusakan mobil untuk dilampirkan dalam klaim asuransi. Dalam mengabulkan klaim asuransi mobil yang Anda ajukan, perusahaan asuransi tidak serta merta melakukannya dalam waktu singkat. 

Asuransi tentu membutuhkan bukti-bukti untuk menunjukkan kerusakan yang terjadi. Contoh bukti yang bisa diberikan adalah foto bagian mobil yang mengalami rusak atau lecet lantaran kecelakaan yang tidak disengaja.

Foto ini harus ada karena memperlihatkan kondisi sebenarnya dari mobil Anda yang mengalami kerusakan akibat kecelakaan, apalagi jika sampai mengakibatkan kerusakan parah. Selain untuk dilampirkan pada pengajuan klaim asuransi, foto juga bisa digunakan untuk pelaporan ke pihak berwajib apabila diperlukan.

Sampaikan informasi yang lengkap, termasuk kronologi yang jelas mengenai penyebab terjadinya kerusakan pada mobil Anda. Selain berdasarkan formulir yang kita ajukan dan dokumen lainnya, pihak asuransi akan mewawancarai kamu soal kronologis kejadian.

Berikan keterangan yang jelas dan jujur pada penyampaian informasi ini supaya pihak asuransi percaya segera menyetujui proses klaim.

Kesimpulan

Melihat persyaratan yang tertulis di atas, prosedur pengajuan klaim asuransi ini tidak begitu sulit Namun sedikit memakan waktu. Sebagai antisipasi atau jaga-jaga, kita perlu menyiapkan fotokopi data diri. Jadi seandainya mengalami insiden, kita tinggal melengkapinya.

Namun, adanya asuransi ini jangan sampai membuat kita sembrono dalam berkendara. Jadi, sebisa mungkin asuransi ini hanya digunakan saat kondisi darurat saja. 

 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil