window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ketahui Akibat Dari Knalpot Mobil Bocor, Performa Jadi Kendor

Yongki Sanjaya · 27 Des, 2021 10:30

Ketahui Akibat Dari Knalpot Mobil Bocor, Performa Jadi Kendor 01

Knalpot salah satu bagian dari kendaraan atau alat yang dipasang dengan tujuan sebagai saluran akses pembuangan sisa pembakaran di mobil atau motor. Kesannya sih sepele, tapi ternyata cukup berpengaruh terhadap performa mobil kalian. Kalau knalpot mobil bocor, bisa bikin performa mobil jadi kendor.

Letaknya yang berada di kolong mobil cenderung membuat pemilik mobil mengabaikan kondisi knalpot. Karena usia dan faktor lingkungan, knalpot ini lama kelamaan bisa berkarat dan bocor. 

Mengapa Tenaga Mobil Loyo Saat Knalpot Bocor?

Ketahui Akibat Dari Knalpot Mobil Bocor, Performa Jadi Kendor 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Jadi, prinsip kerja knalpot ini juga memberi back pressure alias tekanan balik supaya memberikan efek tenaga yang padat. Ini terjadi saat proses pembuangan emisi, melalui rancangan tabung dan pipa knalpot yang mengatur tekanan gas emisi sebelum dilepaskan ke udara.

Dengan kata lain, konstruksi knalpot mobil dirancang untuk memanfaatkan tekanan udara aliran gas buang dari mesin yang menghasilkan gaya dorong. Kalau knalpot bocor, maka efek back pressure ini berkurang, sehingga tarikan mobil terasa loyo dan seperti ngempos.

Ini disebabkan ketika ada kebocoran membuat aliran tekanan udara di dalam pipa knalpot menurun. Saat knalpot mobil bocor, akan berdampak langsung dengan tenaga mesin, menjadi drop akibat kehilangan daya velocity. Otomatis tenaga untuk mendorong mobil jadi lebih lemah.

Ketahui Akibat Dari Knalpot Mobil Bocor, Performa Jadi Kendor 01

Kerusakan knalpot mobil, seperti misalnya bocor dapat membahayakan. Zat berbahaya tersebut dapat masuk ke dalam kabin. Jika terhisap dapat menyebabkan penyakit paru-paru, dan bahkan kematian akibat keracunan.

Hal lain yang bisa kita rasakan ialah penggunaan bahan bakar yang terbilang boros hingga performa mesin mobil yang menurun. Ini bisa kita rasakan apabila mengalami kesulitan saat akselerasi. Mau tak mau, gas kita injak lebih dalam supaya dapat tenaga yang cukup. 

Jadi, jangan tergesa-gesa menyalahkan performa mesin jika Anda merasa mobil kurang bertenaga. Bukan tak mungkin kesalahan terletak pada komponen lain, .salah satunya karena knalpot bocor, misalnya. 

Penyebab Utama Knalpot Mobil Bocor, Usia Pakai dan Kondisi Lingkungan

Ketahui Akibat Dari Knalpot Mobil Bocor, Performa Jadi Kendor 02

Knalpot mobil dibuat dari bahan besi, lama kelamaan bisa keropos karena kombinasi kelembaban serta suhu tinggi saat digunakan. Korosi atau karat kadang juga muncul karena usia pakai kendaraan. 

Korosi bisa terjadi akibat adanya perbedaan temperatur di dalam dan luar pipa knalpot, termasuk udara sekitar yang mengandung kadar garam yang cukup tinggi. Itulah mengapa, mobil sebaiknya diparkir di tempat yang beratap dan sirkulasi udaranya bagus, supaya udara sekitar tidak lembab dan basah. 

"Knalpot kalau bocor bikin tenaganya kurang, terasa kayak ngempos. Selain itu, konsumsi bensinnya jadi lebih boros," ucap Paryono, pemilik bengkel knalpot AG Motor. 

Knalpot berbahan besi biasanya lebih rentan keropos dan bocor, karena usianya lebih pendek akibat korosi. Kondisi diperparah jika sering terkena air, jarang dibersihkan. Sisa becek yang menempel cukup lama membuat karat. 

Anda tinggal di area pantai atau dekat dengan hawa laut juga perlu waspada karena udara sekitar mengandung garam, yang cukup merusak logam besi. 

Ciri Knalpot Mobil yang Bocor, Suara Idle Tak Merdu dan Kasar

Ketahui Akibat Dari Knalpot Mobil Bocor, Performa Jadi Kendor 03

Gejala kerusakan knalpot mobil yang bocor biasa terdengar dari suaranya. Suara knalpot bocor akan lebih berisik dari biasanya karena tekanan gas di dalam knalpot yang menyusup keluar dari celah yang bocor.

Knalpot bocor juga akan menimbulkan suara yang tidak bulat alias sember. Semestinya suara knalpot mobil yang kondisinya normal akan terdengar halus dan sedikit ngebas ketika gas diinjak. Suara kasar ini bisa terdengar dari bagian tengah mobil, dimana ada kebocoran dari knalpot tersebut.

Perbaikan Knalpot Mobil yang Bocor, Bisa Ditambal atau Ganti Tabung

Secara teknis, kebocoran di knalpot dapat mengurangi pemanfaatan panas yang dihasilkan oleh mesin. Jika sudah begitu, disarankan segera memperbaiki knalpot.

Jalan terbaik untuk menutup kebocoran ialah bisa dengan cara mengelas bagian-bagian yang bocor atau mengganti pipa dan tabung apabila keroposnya sudah parah. Sebab, kalau knalpot sudah keropos biasanya titik kebocorannya cukup besar. 

Kesimpulan 

Walau kelihatannya sepele, tapi ternyata masalah knalpot mobil yang bocor ini berdampak signifikan pada performa dan kenyamanan berkendara. Efek yang ditimbulkan mulai dari tenaga yang kurang nendang sampai asap polusi yang tak tersaring dapat masuk ke dalam kabin. 

Jadi saat mendapati knalpot mobil mulai bocor, sebaiknya segera diperbaiki supaya keroposnya tidak semakin parah. Kalau sudah keropos, kita perlu ganti tabung dan pipa knalpot yang biayanya bisa sampai jutaan rupiah. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil