window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Lebih Murah dari Toyota Raize, Intip Keunggulan VinFast VF5

Enda · 22 Apr, 2024 11:04

Keunggulan VinFast VF 5

Ada beberapa keunggulan VinFast VF5 cukup menyita perhatian masyarakat Indonesia, karena mobil ini dijual lebih murah dari Toyota Raize tipe 1.0T G CVT One Tone,

Mobil listrik asal Vietnam ini menurut situr resmi vinfastindonesia.com ditawarkan Rp250 juta OTR Jakarta, atau lebih murah Rp19,5 juta dari Raize 1.0T CVT One Tone yang saat ini diniagakan Rp269,5 juta.

Hadir pertama kali di Indonesia melalui ajang IIMS 2024, VF 5 merupakan kendaraan listrik murni yang menempati kelas A-Sement atau Small SUV.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sebagai mobil listrik buatan negara berkembang, berikut ini adalah beberapa keunggulan VinFast VF5 yang dijual di Indonesia.

Baca juga: VinFast Siapkan Dealer Resmi di Sejumlah Wilayah di Indonsia, Depok dan Medan Jadi Pertama

1. Keunggulan VinFast VF 5, Tampil Modern dan Futuristik

Keunggulan VinFast VF 5

Eksterior VF 5

VinFast VF 5 hadir dengan mengusung konsep V motion.

Pada bagian fascia, wajah daripada mobil listrik ini menampilkan huruf V sebagai desain khas mobil VinFast dengan sentuhan tipografi, yang membuatnya terlihat modern sekaligus futuristik.

Hasil karya desain Pininfarina dan Torino Design ini untuk lampu uatamnya diletakan di bumper dengan mengusung teknologi projector.

Mempertegas kesan SUV modern, VF 5 turut dibekali body kit dengan tampilan add-on, kemudian pada bonnetnya mobil ini terkesan begitu berotot berkat lekukan yang ditampilkan.

Untuk mempertas kesan SUV, mobil ini dilengkapi wheel arch di atas roda yang dibuat menyambung dengan side skirt tepat di bawah pintu, dan untuk rodanya diaplikasikan velg 16 inci yang dibungkus menggunakan ban berukuran 195/60.

Seperti SUV modern kebanyakan, pilar C mobil ini mengusung konsep floating dan pada bagian belakangnya terlihat lebar berkat bodynya yang dibuat membulat.

Untuk stoplampnya memiliki desain futuristik sekaligus sporty dengan diletakan di bumper, serta dipadukannya LED Bar memanjang dengan bentuh pipih yang terdapat di bawah kaca.

Secara dimensi, VF 5 memiliki panjang 3.967 mm, lebar 1.723 mm, tinggi 1.578 mm, dan wheelbase 2.514 mm.

Untuk ground clearance atau jarak antara permukaan kabin dengan tanahnya mencapai 168 mm.

Dimensi yang dimiliki membuat mobil ini bukan cuma cocok digunakan di kota-kota besar, namun juga terasa pas ketika dikendarai di beberapa daerah dengan kontur jalan yang mananjak dan menurun.

2. Fitur Jempolan pada VF 5

Keunggulan VinFast VF 5

Kokpit VF 5

Keunggulan lain Vinfast VF 5 yakni pada fitur di bagian dalam.

Melihat interiornya, mobil ini memiliki laci dengan penyimpanan terbuka di console tengah dan setiap door trim yang terasa ergonomis.

Mengenai sistem hiburan, pada center cluster VF 5 dibekali head unit layar sentuh 8 inci model floating.

Untuk head unitnya sudah berbekal konektivitas Bluetooth, Android Auto dan Apple Car Play yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan terhadap setiap pengguna selama perjalanan.

Memudahkan pengemudi ketika ingin melakukan pengaturan, setirnya dilengkapi beragam tombol pengaturan yang terhubung secara langsung dengan sistem hiburan serta pusat informasi berkendara.

Mengenai pusat informasi berkendara, mobil ini menggunakan layar TFT full digital yang menampilkan kesan modern sekaligus informatif.

Lainnya, untuk sistem pendingin udara mobil ini berbekal teknologi PM2.5 Filter.

AC dengan teknologi PM2.5 Filter dapat menyaring bakteri jahat guna menghasilkan udara kabin tetap sehat.

Keunggulan VinFast VF 5

Console tengah VF 5

Selain itu juga terdapat lighter dengan power outlet 12v dan USB yang bisa dimafaatkan untuk menambah daya pada gawai dengan menyambungkan kabel.

Memudahkan penggunanya ketika ingin melakukan pengaturan kursi, jok pengemudi mobil ini dilengkapi pengaturan 6 arah, dan 4 arah untuk jok penumpang depan.

Menariknya setiap jok berhasil dibekali head rest dengan pengaturan adjustable yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Tak lupa mengenai fitur unggulan yang dimiliki, VF 5 juga sudah dilengkapi cruise control.

Seperti diketahui kehadiran cruise control memudahkan pengemudi ketika berkendara di jalur bebas hambatan.

Pengemudi tidak perlu menginjak pedal gas untuk membuat mobil berjalan.

Ketika fitur diaktifkan, sistem elektronik dapat mengunci akselerasi, dan pengemudi bisa menambahkan atau menurunkan kecepatan hanya dengan menekan tombol pada setir.

3. Memiliki 4 Airbags dengan Fitur Keamanan Modern

Keunggulan VinFast VF 5

VF 5

Dari segi keselamatan VF5 mendapatkan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), cruise control, ISOFIX child seat, Anti-theft warning, speed auto doorlock, front seatbelt pre-tensioners with load limiters.

Guna mengurangi cedera akibat tumbukan keras dari depan, VF 5 turut dibkali 4 airbags.

Keunggulan VinFast VF 5

Airbags VF 5

Untuk airbags sendiri diletakan dua di depan dan dua lainnya di bagian samping jok pengemudi dan penumpang depan.

Mengenai fitur keamanan, mobil listrik termurah VinFast ini mendapatkan Immobilizer dan keyless entry.

Dengan fitur keamanan yang dimiliki dapat menjaga mobil terhindar dari tindakan pencurian.

Fitur keselamatan VinFast VF 5
Anti-lock Braking System (ABS)
Electronic Brake-force Distribution (EBD)
Brake Assist (BA)
ISOFIX child seat anchors for the second row
Anti-theft warning
Speed sensitive auto doorlock
Front seatbelt pre-tensioners and load limiters
4 airbags (front driver & passanger, side LH & RH)
Occupant status detection
Theft-alarm
Immobilizer
Acoustic vehicle alerting system AVAS for BEV car

Baca juga: Biar Gak Khawatir Harga Mahal Kalau Rusak, VinFast Indonesia Terapkan Sistem Sewa Baterai Berdasar Jarak Tempuh

4. Jarak Tempuh Lebih Jauh dari Wuling Air ev

Keunggulan VinFast VF 5

Motor listrik VF 5

Mengenai jantung pacunya, keunggulan VinFast VF5 juga boleh diadu dengan mobil listrik lain yang harganya mirip.

Ini karena VF5 telah disematkan motor listrik dengan perolehan tenaga sebesar 100 kW (134 PS) serta torsi puncak mencapai 135 Nm.

Motor listrik tunggal yang diletakan di depan secara melintang tersebut dilengkapi dua mode berkendara, yakni Eco dan Sport.

Catatan waktu yang diperoleh untuk akselerasi 0-100 km/jam mobil ini berada di bawah 14 detik!

Sedangkan kecepatan maksimal yang diraihnya menurut data yang tertulis pada brosur bisa dipacu hingga 130 km/jam.

Mengenai daya listrik yang diperoleh, VF 5 dibekali baterai Lithium-Ferro Phospate (LFP) berkapasitas 31,2 kWh.

Menurut lembaga WLTP, berdasarkan pengujian yang dilakukan mobil ini sanggup menempuh jarak di atas 260 kilometer dalam kondisi baterai terisi penuh.

Jarak tempuh yang ditawarkan lebih jauh dari Wuling Air ev Standard Rang dan Lite yang hanya dapat menempuh jarak sejauh 200 kilometer.

Bicara mengenai lama waktu pengecasannya, dari kondisi 10% hingga 70% menggunakan metode pengisian fast charging hanya memerlukan 30 menit.

Performa VinFast VF 5
Engine/e-Motor Depan tunggal
Tenaga 100 kW (134 PS)
Torsi 135 Nm
Kecepatan maksimal 130 Km/jam
Akselerasi 0-100 km/jam <14 detik 
Jenis baterai LFB Battery
Kapitas baterai 31,2 kWh
Jarak tempuh 260 kilometer WLTP
Mode berkendara Eco, Sport

Baca juga: Update IIMS 2024: Kemunculan Perdana Wuling Cloud EV dan Vinfast

@autofun.indonesia Gimana menurut kalian mobil Vietnam satu ini? #reviewmobil #vinfast #iims2024 #mobilbaru #mobillistrik ♬ funk funky funk jazz(1447997) - Guitar House

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

VF5

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia