window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mau Mudik dan Harus Nyebrang Pakai Kapal Feri, Beli Tiketnya Gak Boleh Sembarangan, Ini Caranya

Ilham · 27 Apr, 2022 14:08

Mau Mudik dan Harus Nyebrang Pakai Kapal Feri, Beli Tiketnya Gak Boleh Sembarangan, Ini Caranya 01

  • Mudik menggunakan kapal feri banyak dilakukan untuk menuju pulau lain.
  • Perlu dicatat, pelabuhan saat ini sudah tidak menyediakan loket tiket offline.
  • Cara bei tiket kapal feri bisa pesan melalui website, aplikasi dan minimarket.

Tahun ini PT ASDP Indonesia Ferry mengumumkan jika empat pelabuhan utama tak lagi membuka loket pembelian tiket penyeberangan secara offline. Keempatnya adalah Bakauheni di Lampung, Merak di Banten, Ketapang di Banyuwangi dan Gilimanuk di Bali.

"Demi kelancaran, keamanan dan kenyamanan dalam perjalanan, pengguna jasa diimbau agar membeli tiket secara mandiri melalui www.ferizy.com/aplikasi Ferizy dan Sales Channel resmi Ferizy yaitu Alfamart dan agen BRILink," papar Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin.

Mau Mudik dan Harus Nyebrang Pakai Kapal Feri, Beli Tiketnya Gak Boleh Sembarangan, Ini Caranya 02

Antrian pemudik masuk kapal feri

Dirinya menambahkan, para penumpang juga wajib melakukan pengisian data seperti identitas diri dan kendaraan secara lengkap sesuai KTP dan STNK. "Pastikan seluruh jumlah penumpang dalam kendaraan terdata di dalam tiket agar terdata dengan baik dan benar di dalam data manifest kapal," tambahnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Untuk itu, ASDP terus mengimbau kepada seluruh pengguna jasa yang akan melakukan perjalanan melakukan reservasi tiket online. Mulai dari aplikasi Ferizy atau gerai Alfamart dan agen BRILink. Seperti ini caranya:

Baca Juga: Segini Tarif Tol Jakarta-Malang Terbaru 2022, Pastikan Saldo E-Toll Gak Kurang

Cara Beli Tiket Kapal Feri Melalui Aplikasi Ferizy

Langkah pertama, download aplikasi Ferizy pada perangkat Android melalui Google PlayStore. Lalu buka aplikasi Ferizy dan lakukan registrasi menggunakan email.

Di opsi Keberangkatan, pilih Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Bakauheni di opsi Tujuan. Jangan lupa juga untuk mengisi data Jenis Pengguna Jasa, Golongan Kendaraan (jika menggunakan kendaraan), Layanan, Jadwal Masuk Pelabuhan, dan Jumlah Penumpang.

Mau Mudik dan Harus Nyebrang Pakai Kapal Feri, Beli Tiketnya Gak Boleh Sembarangan, Ini Caranya 01

Proses bongkar muat kapal

Cek lagi seluruh data yang Anda isi. Pastikan sudah benar untuk menghindari kekeliruan tiket. Lalu pilih Pesan & Cari Jadwal. Kemudian isi data pemesanan calon penumpang sesuai kartu identitas.

Selain untuk keperluan check-in nanti, data ini juga diperlukan untuk asuransi perjalanan. Langkah selanjutnya klik Lanjutkan & Konfirmasi Pemesanan.

Masuk ke menu Pembayaran. Pilih opsi pembayaran yang diinginkan. Ferizy menerima pembayaran melalui transfer ATM, mobile banking, internet banking, Alfamart, LinkAja, Kartu Pos, Pegadaian, dan Yomart Group.

Setelah pembayaran sukses, Anda akan menerima e-ticket atau tiket online Merak-Bakauheni melalui e-mail. Simpan file e-ticket tersebut karena akan digunakan saat check-in nanti.

Baca Juga: Mudik ke Sumatra atau Bali Wajib Beli Tiket Kapal Online, Segini Tarif Buat Motor

Cara Beli Tiket Kapal Feri dari Website Ferizy

Jika tak ingin memberatkan memori smartphone dengan aplikasi, Anda bisa melakukan pemesanan tiket online melalui website Ferizy.

Caranya mulai ketik www.ferizy.com pada browser. Lalu di halaman muka, Anda akan langsung menemukan opsi pemesanan tiket feri. Jika ingin menyeberang dari Jawa ke Sumatra, pilih Pelabuhan Merak pada opsi Keberangkatan dan Pelabuhan Bakauheni pada opsi Tujuan.

Mau Mudik dan Harus Nyebrang Pakai Kapal Feri, Beli Tiketnya Gak Boleh Sembarangan, Ini Caranya 02

Pembelian tiket kapal tak lagi dilayani langsung di pelabuhan

Kemudian isi kolom data Jenis Pengguna Jasa, Golongan Kendaraan (jika menggunakan kendaraan), Layanan, Jumlah Penumpang, dan Jadwal Masuk Pelabuhan. Jika sudah, pilih Pesan & Cari Jadwal.

Selanjutnya, Anda diminta untuk mengisi data penumpang dan data kendaraan, kemudian klik Lanjutkan. Anda akan diarahkan pada menu Pembayaran.

Pilih jenis pembayaran yang Anda inginkan. Nantinya sistem akan mengirimkan kode pembayaran untuk Anda. Apabila pembayaran berhasil, sistem akan langsung mengirimkan e-ticket.

Cara Beli Tiket Kapal Feri di Minimarket

Selanjutnya, pembelian tiket kapal feri online bisa dilakukan di gerai minimarket Alfamart. Cukup datang minimarket Alfamart, lalu memesan tiketnya via pramuniaga.

Namun ada biaya service sekitar Rp1.000 hingga Rp5.000 sesuai nominal transaksi yang dilakukan. Jangan lupa membawa kartu identitas seperti KTP, SIM dan pastikan juga untuk membawa STNK kendaraan yang akan menyeberang.

Baca juga : Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Merak, Antri Masuk Kapal Nyaris 10 Jam!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil