window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mengulik Harga Bekas Mobil Gagal Laku di Indonesia, Seberapa Jatuh Sih?

Yongki Sanjaya · 8 Jul, 2021 12:30

Mengulik Harga Bekas Mobil Gagal Laku di Indonesia, Seberapa Jatuh Sih? 01

Melanjutkan pembahasan soal mobil yang gagal laku di Indonesia di pekan lalu, biasanya akan berdampak ke harga bekasnya. Tidak jarang, harga bekas mobil tersebut cukup jatuh karena memang sedikitnya peminat. 

Namun, tidak semua harganya merosot karena ada sebagian konsumen yang baru tergoda membeli unit bekasnya karena alasan kemampuan finansial. Bila sudah kondisi bekas, pastinya harga jual lebih terjangkau. 

Momentum inilah yang lantas dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berburu unit 'gagal laku' tersebut. Ini karena banyak konsumen mobil bekas mengerti soal built quality dan ketersediaan sparepart maupun perawatan yang cukup mudah. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ketimbang beli baru harganya mahal, maka konsumen rela menunggu unit bekasnya tersedia. Jadi, sejauh mana harga jual mobil tersebut saat ini? Yuk kita telusuri. 

Chevrolet Tavera

Mengulik Harga Bekas Mobil Gagal Laku di Indonesia, Seberapa Jatuh Sih? 01

Buat kamu yang belum tahu, Chevrolet Tavera ini adalah Isuzu Panther versi bensin. Chevrolet Tavera dibuat mengambil rupa dari Isuzu Panther kapsul generasi kedua.

Tavera ini disiapkan Chevrolet untuk konsumen yang suka dengan desain maupun kenyamanan Isuzu Panther tapi tidak suka mesin diesel. Saat itu, stereotype mobil diesel itu kotor dan kumuh karena antri solar di SPBU pasti bareng bus dan truk.

Lantas berapa sih harga pasaran Chevrolet Tavera ini? Berdasarkan penelusuran kami di marketplace mobil bekas, kembaran Isuzu Panther versi bensin ini dijual mulai dari Rp55 juta sampai dengan Rp85 juta. 

Harganya cukup terjangkau, tapi dikompensasi dengan borosnya konsumsi bensin dari Chevrolet Tavera ini. Itulah mengapa, pamor Tavera sulit menandingi Panther. 

Toyota NAV1

Mengulik Harga Bekas Mobil Gagal Laku di Indonesia, Seberapa Jatuh Sih? 02

Kamu yang mencari MPV boxy yang nyaman dan kaya fitur, bisa melirik produk ini versi bekasnya. Sebab NAV1 ini jadi produk yang life cycle-nya sangat singkat. Pendek kata, Toyota NAV1 kalah saing dengan Nissan Serena dan Mazda Biante. 

Agak unik memang melihat kondisi Toyota NAV1 ini, karena semestinya bisa jadi MPV mewah yang cukup laris saat itu. Untuk ukuran mobil mewah, harganya sudah relatif murah lho mengingat ini adalah mobil tahun muda. Kini Toyota NAV1 harganya berkisar Rp138 juta sampai dengan Rp229 juta.

Toyota Etios Valco

Mengulik Harga Bekas Mobil Gagal Laku di Indonesia, Seberapa Jatuh Sih? 03

Hatchback yang didatangkan dari India tersebut pamornya kalah dari Toyota Agya karena dimensinya yang hampir mirip. Etios Valco ini bisa jadi opsi ketimbang beli LCGC. 

Bila kamu mencari city car bekas dari merek Toyota dengan harga cukup terjangkau, Etios Valco bisa jadi salah satu pilihan. Setidaknya, suku cadang merek Toyota relatif mudah dicari di dealer resmi. 

Berdasarkan penelusuran kami di marketplace mobil bekas, Etios Valco dijual mulai dari Rp67 juta sampai Rp110 juta di wilayah Jakarta Raya. 

Nissan Evalia

Mengulik Harga Bekas Mobil Gagal Laku di Indonesia, Seberapa Jatuh Sih? 04

Nissan sukses dengan produk MPV melalui Grand Livina dan Serena di dekade 2000-an, lantas mencoba peruntungan dengan memasukkan NV200 alias Evalia ke pasar Indonesia. Tidak seperti dua model sebelumnya, Evalia sulit laris karena memang mobil ini adalah minibus seperti Daihatsu GranMax.

Mobil ini awalnya diciptakan untuk meneruskan kesuksesan Nissan Livina yakni sebagai mobil keluarga. Tapi, publik Indonesia sudah tahu kalau NV200 sebagai basis utama Evalia adalah mobil angkutan barang sebagai blind van di banyak negara.

Lantas bagaimana dengan pasaran mobil bekas dari Nissan Evalia ini? Harga cukup bersahabat bagi kamu yang mencari mobil keluarga berukuran besar. Nissan Evalia dijual mulai dari Rp70 juta sampai dengan Rp125 juta untuk tipe Highway Star.

Suzuki Celerio

Mengulik Harga Bekas Mobil Gagal Laku di Indonesia, Seberapa Jatuh Sih? 05

Segmen city car yang peminatnya segitu banyak ternyata tak membuat Suzuki Celerio baru laris manis. Mobil asal India ini kurang mendapat respon positif dari masyarakat Indonesia. 

Celerio pertama kali diperkenalkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada Juni 2015 bermodal mesin 998 cc tiga silinder berkode K10B. Hadir dengan dua pilihan transmisi yaitu manual 5 percepatan dan CVT, sebenarnya membuat spesifikasi Celerio lebih unggul dari Karimun Wagon R. 

Untuk ukuran mobil bekas, harga Suzuki Celerio ini cukup baik. Di marketplace mobil bekas, Celerio dijual pada kisaran harga Rp82 jutaan di wilayah Jakarta Raya. 

Kesimpulan

Melihat harga jual kembali dari mobil yang gagal laku di Indonesia, biasanya ditawarkan dengan harga cukup miring. Tapi, ada beberapa model seperti misalnya Evalia atau NAV1 yang harganya masih lumayan tinggi untuk tipe tertinggi mereka. 

Rupanya, masyarakat Indonesia masih melihat kelebihan fitur dan nama besar suatu merek sebagai value dalam membeli sebuah mobil. Jadi, beli bekas bisa jadi alternatif menarik bukan? 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil