window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mitos Seputar Mobil Bermesin Diesel, Apa Benar Kuat Terobos Banjir? 

Yongki Sanjaya · 28 Feb, 2021 08:00

Curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir membuat banyak orang cemas. Selain itu genangan air juga menjadi cerita mengerikan lainnya, terutama bagi pemilik mobil bermesin bensin.Banjir bisa datang setiap saat, namun dianggap masalah sepele bagi pemilik mobil bermesin diesel.

Mitos Seputar Mobil Bermesin Diesel, Apa Benar Kuat Terobos Banjir?  01

Bagi sebagian orang, mobil bermesin diesel dianggap lebih tahan banting hadapi jalanan banjir. Padahal itu hanya mitos dan mesin diesel ini sama seperti mesin bensin juga. Jadi, mesin diesel mampu terobos banjir bisa jadi tidak terbukti. 

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Bukan Cuma Cari Hemat, Mana Pilihan Ideal Antara Mobil Diesel dan Mobil Hybrid?

Bikin Penasaran, Kenapa Sih Harga Mobil Diesel Lebih Mahal Dari Mobil Bensin?

Bukan Mesin Cumi-cumi, Ini Kehebatan dari Mobil Diesel yang Jarang Diketahui

Lantas, mengapa mesin diesel dianggap mampu berkubang di genangan air? Untuk itu, kita telisik dulu yuk fakta mengapa mesin diesel ini lebih siap menerjang banjir. 

Sistem Pengapian Mesin Diesel Lebih Tahan Air

Mitos Seputar Mobil Bermesin Diesel, Apa Benar Kuat Terobos Banjir?  01

Pada mobil diesel, sistem pembakarannya menggunakan glow plug, bukan busi seperti di mobil bermesin bensin. Sistem pembakaran glow plug sejauh ini lebih tahan air.

Selain itu sistem kelistrikan pada mobil bermesin diesel konvensional jauh lebih sederhana dibandingkan mobil bensin. Hal inilah yang membuat para pemilik mobil diesel percaya diri, karena lebih aman saat menerjang genangan banjir. 

Karena kelistrikan yang sederhana, risiko terjadi arus pendek pada mobil diesel juga lebih kecil. Itu sebabnya mobil-mobil diesel sering dianggap lebih tahan banjir dan siap berendam menerjang genangan. 

Mesin Diesel Bisa Mogok Kalau Kemasukan Air

Namanya mesin bakar, cara kerjanya yaitu menghasilkan kompresi dengan mencampur bahan bakar dan udara yang diledakkan di ruang bakar. Adanya unsur air dengan jumlah cukup besar pastinya membuat pembakaran bermasalah.

Namun jika air masuk ke ruang bakar melalui filter udara, maka mobil bermesin diesel pun akan mogok. Jadi istilah mobil diesel tahan banjir itu tidak sepenuhnya tepat. Jadi, pastikan tinggi air tidak melebihi filter udara bila ingin menerjang banjir.

Harus diingat, jika dalam keadaan tidak terdesak, jangan paksakan mobil kamu untuk terjang banjir. Apapun jenis mesin mobilnya, water hammer pun tetap menghantui saat coba menerjang banjir.

Kalau mobil kamu sejenis jip apalagi sudah pasang snorkel sih hajar saja, asal tetap hati-hati dan waspada. Asupan udara ke mesin kan sudah dihisap dari snorkel yang posisinya cukup tinggi.

Mitos Lain Seputar Mobil Bermesin Diesel 

Mitos Seputar Mobil Bermesin Diesel, Apa Benar Kuat Terobos Banjir?  02

Mesin diesel ini terus berkembang secara fenomenal. Mulai dari dicibir sebagai mesin kuli di bus atau truk, sehingga dianggap tidak cocok untuk mobil penumpang. Dan kini, mobil penumpang bermesin diesel malah jadi primadona. 

Wajar saja, di masa lalu mobil bermesin diesel konvensional identik dengan asap hitam. Bayangan semburan asap hitam ini biasanya identik dengan truk atau bus angkutan umum. 

Hal tersebut membuat orang berpikir mesin diesel itu jorok karena selalu mengepulkan asap berlebihan. Hal ini memunculkan asumsi kalau mesin diesel menghasilkan emisi lebih jahat.

Faktanya, penggunaan solar berkualitas dengan kadar sulfur rendah membuat asap tidak terlihat lagi. Didukung dengan mesin canggih, kandungan gas buangnya tidak berbahaya bagi lingkungan. 

Mobil Bermesin Diesel Masih Bising? 

Mitos Seputar Mobil Bermesin Diesel, Apa Benar Kuat Terobos Banjir?  03

Di masa lalu, mesin-mesin diesel lebih berisik dibandingkan mesin bensin. Hingga kini masih banyak orang menilainya seperti itu, namun sebenarnya mesin diesel modern telah jauh lebih senyap dibandingkan zaman dulu.

Hal ini tak lepas dari proses pencampuran udara bertekanan tinggi dan bahan bakar diesel yang menimbulkan ledakan yang kuat. Nah ledakan inilah yang kadang menimbulkan suara khas yang agak bising atau getaran besar. 

Seiring perkembangan teknologi, mesin diesel telah dipadukan dengan beberapa komponen pendukung seperti turbocharger, common rail, direct injection, dan peredaman semakin dimaksimalkan. Inovasi dari dudukan mesin dan peredaman bisa mengurangi suara berisik mesin diesel sampai kabin.

Kesimpulan

Mesin diesel berhasil menghadapi tuntutan zaman dan membalikkan ucapan dari kalangan yang sempat mencibirnya. Dengan segala kelebihan yang dimiliki, mobil bermesin diesel sekarang ini jadi paket komplit yang begitu menguntungkan.

Walaupun tidak disarankan, mesin diesel dinilai lebih bandel menerjang banjir. Demikian juga soal kelemahan lainnya yang kini sudah semakin sirna. Sudah siap hijrah ke mobil diesel?  

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil