window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mobil Langka Rolls-Royce Silver Shadow II Milik Ratu Elizabeth II Ternyata Ada di Jakarta

Herdi · 1 Okt, 2023 19:03

Mobil Langka Rolls-Royce Silver Shadow II Milik Ratu Elizabeth II Ternyata Ada di Jakarta 01

Selama gelaran Indonesia Modification & Lifestyle Expo atau IMX 2023, dari sederet mobil yang sudah mengalami ubahan, terlihat sosok mobil super langka yaitu Rolls-Royce Silver Shadow II.

Ya, Rolls-Royce Silver Shadow II cukup menarik dibahas, karena selain langka, mobil yang dimiliki Ketua MPR Bambang Soesatyo juga punya nilai historis tersendiri.

Baca juga: Makin Sultan, Crstiano Ronaldo Dapat Hadiah Natal dari Pacar Rolls-Royce Dawn Convertible

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Rolls-Royce Silver Shadow II

Rolls-Royce Silver Shadow lansiran 1974 hadir di IMX 2023

Disebutkan mobil lansiran 1973 ini rupanya jadi salah satu mobil yang digunakan kerajaan Inggris, yaitu Ratu Elizabeth II saat berkunjung ke Tanah Air pada 15-22 Maret 1974 dalam rangka memperbaiki hubungan Indonesia dan Inggris. 

Tak hanya itu, saat diboyong ke Indonesia, Rolls-Royce Silver Shadow II dibawa bersama rombongan kerajaan dengan menggunakan kapal SS Northern Star.

Rolls-Royce Silver Shadow II

pernah digunakan Ratu Elizabeth II saat berkunjung ke Tanah Air

Mobil ini akhirnya digunakan Ratu Elizabeth II untuk melakukan mobilitas dan kunjungannya ke beberapa lokasi. 

Nah, selama digunakan di Indonesia, mobil ini tidak dibawa pulang ke Inggris, melainkan sengaja diberikan kepada Presiden Soeharto sebagai cinderamata.

Baca juga: 5 Mobil Cina Tiruan Mobil Mewah Eropa, Ada yang Mirip Rolls Royce dan Audi R8!

Rolls-Royce Silver Shadow II

Tampak belakang Rolls-Royce Silver Shadow II

Rolls-Royce Silver Shadow II juga sempat jadi 'mainan' Tommy Soeharto, hingga akhirnya unit tersebut muncul IMX 2023 menjadi tanggung jawab Bamsoet untuk merawatnya.

Usut punya usut, Bamsoet rupanya ingin mempertahankan seperti bentuk aslinya. Maka dari itu, dia tidak melakukan rombakan yang aneh-aneh, namun tetap memberikan kesan klasik.

Baca juga: Jay Z dan Beyonce Punya Rolls Royce Boat Tail yang Harganya Setara 2.225 Unit Daihatsu Sigra Tipe Tertinggi

Rolls-Royce Silver Shadow II

Velg Rolls-Royce Silver Shadow II

Hal ini pula yang membuat Bamsoet mempercayakan mobil langka tersebut ke salah satu bengkel restorasi spesialis mobil klasik Retouch Pro Autowerks yang bermarkas di Bandung, Jawa Barat.

Diketahui, berbagai perawatan termasuk proses detailing sehingga tampilan cat body tetap enak dipandang, hingga bagian eksterior maupun interior mempertahankan kesan klasik seperti kejayaan mobil mewah di masa nya. 

Rolls-Royce Silver Shadow II

Rolls-Royce Silver Shadow II

Rolls-Royce Silver Shadow II kini dimiliki Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Seperti diketahui, Rolls-Royce Silver Shadow II dibuat antara 1965-1980 dengan jumlah 25.142 unit di seluruh dunia. Di eranya, Rolls-Royce ini tetap jadi mobil-mobil yang cukup premium.

Nggak heran, kerajaan Inggris saja mau menggunakan Rolls-Royce Silver Shadow II untuk mobil dinas. 

Rolls-Royce Silver Shadow II

Lampu depan Rolls-Royce Silver Shadow II tampak klasik dengan desain melingkar

Pada bagian eksterior, mobil ini memang terlihat sangat panjang, seperti  5.270 mm, lebar 1.803 mm dan tinggi 1.518 mm. Alhasil tampilan memang mirip mobil-mobil limo.

Mobil ini juga sangat klasik namun tetap memberikan kemewahan seperti di masanya, ini terlihat dari penggunaan desain lampu berbentuk bulat, ditambah aksen krom pada bagian grill dan juga logo Rolls-Royce.

Rolls-Royce Silver Shadow II

Rolls-Royce Silver Shadow II

Demikian juga dengan interior, dimana pada bagian dashboard memiliki aksen kayu, ditambah beberapa fitur sudah canggih di masanya.

Untuk jantung pacu, mobil ini V8,  berpasitas 6.750 cc yang menghasilkan daya 189 Tk, yang disalurkan dengan transmisi matik empat percepatan. Perlu dicatat, meski tak sampai 200 Tk, namun dengan tenaga tersebut mobil ini di zamanya sudah cukup oke, mengingat teknologi belum secanggih seperti sekarang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Rolls Royce Wraith 6.6 L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil