window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mobil Listrik Kurang Ideal dengan Kondisi Iklim Panas Indonesia, Hoax Atau Fakta?

Yongki Sanjaya · 24 Jun, 2021 17:30

Mobil Listrik Kurang Ideal dengan Kondisi Iklim Panas Indonesia, Hoax Atau Fakta? 01

Banyak orang yang ingin membeli mobil listrik dengan segala kelebihannya. Namun pada masa peralihan ini ada kekhawatiran di benak sebagian calon konsumen bila ingin beli mobil listrik. Mereka akan mempertimbangkan soal harga, pengisi daya, baterai, atau suhu.

Ada rumor yang menyebut kalau mobil listrik tidak cocok untuk negara tropis karena paparan cuaca panas. Beberapa orang beranggapan bahwa cuaca panas seperti di Indonesia tidak cocok untuk mobil listrik.

Karena iklim tropis dengan panas terik disinyalir akan menyebabkan baterai lekas rusak.  Untuk itu kita perlu tahu bagaimana suhu mempengaruhi baterai mobil listrik. Jadi, kita bisa tahu apakah kabar tersebut adalah fakta atau isu bohong semata. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Teknologi Baterai di Mobil Listrik, Ringan dan Punya Kemampuan Menyimpan Listrik Tinggi

Mobil Listrik Kurang Ideal dengan Kondisi Iklim Panas Indonesia, Hoax Atau Fakta? 01

Saat ini, sebagian besar mobil listrik menggunakan baterai lithium-ion. Teknologi tersebut juga dapat ditemukan di ponsel, notebook, atau kamera.

Keunggulannya adalah bobotnya yang ringan, pengisian daya yang stabil, dapat memuat banyak daya, pengisian daya yang cepat, dan memiliki masa pakai yang lama.  Kelemahannya ialah baterai lithium harganya mahal.

Teknologinya beda jauh dengan aki mobil, walau keduanya sama-sama baterai. Aki mobil saat ini berbahan timbal-asam. Dibandingkan dengan baterai Lithium-ion, aki mobil bobotnya lebih berat dan memberikan daya yang lebih kecil.

Kegunaan dari aki mobil pun hanya sebatas memberi daya untuk menyalakan mobil, menghidupkan AC, menggerakkan kaca spion, atau pemutar radio. Karena fungsinya lebih sederhana, maka harganya pun lebih murah. 

Soal kekuatan, baterai lithium ini apakah buruk di suhu panas seperti Indonesia? 

Mobil Listrik Kurang Ideal dengan Kondisi Iklim Panas Indonesia, Hoax Atau Fakta? 02

Faktanya, baterai lithium-ion tidak terlalu bagus pada suhu rendah akan mengakibatkan daya baterai cepat habis. Efek lainnya yaitu pengisiannya juga lambat di suhu dingin. Sebaliknya dalam cuaca panas, baterai lithium-ion akan terisi daya dengan cepat dan daya lebih hemat keluar dari baterai. 

Prinsipnya sederhana, ada banyak bahan kimia di dalam baterai lithium-ion.  Molekul didalamnya akan bergerak di sepanjang kumparan untuk menemukan bahan kimia lain untuk bereaksi.  Dalam kondisi suhu tinggi, akan membantu antar molekul bereaksi lebih cepat.  

Mobil Listrik Kurang Ideal dengan Kondisi Iklim Panas Indonesia, Hoax Atau Fakta? 03

Artinya, lebih banyak reaksi kimia di suhu panas membuat baterai akan dapat menggunakan daya secara optimal. Tetapi dalam kondisi suhu rendah membuat pergerakan molekul jadi bergerak lambat. 

Inilah yang membuat baterai lithium-ion memproduksi daya rendah dan membuat proses pengisian berjalan lambat. 

Kalau dianalogikan saat kita berolahraga lari. Akan lebih mudah dan lincah bila kita lari dalam cuaca hangat ketimbang dalam cuaca dingin. Jadi, apakah isu lemahnya ketahanan baterai lithium-ion di suhu panas itu tidak terbukti? 

Baterai Mobil Listrik di Kawasan Tropis Indonesia Dirancang Lebih Tahan Panas

Mobil Listrik Kurang Ideal dengan Kondisi Iklim Panas Indonesia, Hoax Atau Fakta? 04

Analogi lain soal keterkaitan antara suhu udara dan kemampuan baterai ialah saat kita kadang sulit menghidupkan mesin di kondisi dingin. Kadang kita butuh beberapa kali melakukan starter mobil saat di pagi hari atau ketika lingkungan cukup dingin. Sebaliknya, mobil lebih mudah menyala saat kondisi lingkungan cukup hangat. 

Tentu isu ketahanan baterai ini sudah diantisipasi oleh pabrikan mobil listrik. Jadi kalau ada yang bilang cuaca panas tidak cocok untuk mobil listrik mungkin itu adalah hoax. 

Dengan kondisi iklim tropis yang relatif hangat, kalian jangan khawatir dengan kondisi lingkungan yang dingin. Kondisi ini masih dalam tahap toleransi kemampuan baterai. Walaupun ada potensi kinerjanya menurun, tapi tak signifikan seperti di Eropa ketika suhu dingin akibat turun salju. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil