window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Nggak Cuma Seatbelt dan Airbag, Ini Fitur Keselamatan Standar yang Harus Ada di Mobil Modern

Yongki Sanjaya · 15 Jun, 2021 08:00

Nggak Cuma Seatbelt dan Airbag, Ini Fitur Keselamatan Standar yang Harus Ada di Mobil Modern 01

Fitur keselamatan di mobil dahulu kurang dipedulikan orang, dan bahkan memunculkan jargon 'no airbag, we die like a real man'. Seiring akses informasi yang semakin meluas, mendorong kesadaran pengendara akan pentingnya fitur keselamatan. Kini, mobil keluaran terbaru biasanya telah menyediakan seatbelt dan airbag sebagai fitur keselamatan minimum.

Sebab sebuah mobil harus dilengkapi dengan fitur keselamatan yang proporsional. Adanya standar minimum soal fitur keselamatan agar melindungi pengemudi dan penumpang saat berkendara. Meskipun harga mobilnya murah, namun fitur keselamatannya tidak boleh ala kadarnya.

Hal inilah yang juga terus menerus ditekankan oleh lembaga pengujian keselamatan kendaraan seperti ASEAN NCAP (New Car Assestment Program), Euro NCAP atau IIHS di Amerika. Jadi, lembaga tersebut mendorong supaya pabrikan mobil merancang kendaraan yang punya perlindungan optimal. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Anda sebagai calon pembeli atau pemilik mobil tak perlu bingung. Asean New Car Assesment Program (NCAP) telah menetapkan standar minimum fitur keselamatan mobil yang dijual di Asia Tenggara. 

Lantas, apa saja sih fitur keselamatan yang semestinya ada di mobil? Mari kita ulas lebih mendalam. 

Seatbelt, Fitur Keselamatan Wajib di Seluruh Mobil

Nggak Cuma Seatbelt dan Airbag, Ini Fitur Keselamatan Standar yang Harus Ada di Mobil Modern 01

Seatbelt adalah fitur dasar yang wajib ada di seluruh mobil. Seatbelt ini menahan badan pengemudi maupun penumpang supaya tetap berada di posisi tempat duduk saat terjadi benturan. Apabila tidak memakai seatbelt, maka pengemudi atau penumpang bisa terhempas ke depan karena efek gaya benturan yang ditimbulkan. 

Untuk itu, kamu harus selalu menggunakan sabuk pengaman setiap berkendara. Seiring perkembangan teknologi, sabuk pengaman terbaru sudah dilengkapi dengan pretensioner dan load limiter untuk menahan tubuh saat terjadi hentakan.

Airbag, Fitur yang Semakin Banyak Tersedia di Mobil Murah

Nggak Cuma Seatbelt dan Airbag, Ini Fitur Keselamatan Standar yang Harus Ada di Mobil Modern 02

Dahulu, airbag atau kantung udara adalah fitur keselamatan yang cukup mewah. Bahkan untuk ukuran mobil Jepang yang banyak beredar di Indonesia produksi 2000-an ke bawah banyak yang belum menyediakannya. Ambil contoh Suzuki Katana atau Toyota Kijang kotak belum pakai kantung udara pelindung ini. 

Kini, airbag sudah jadi fitur keselamatan yang lumrah di mobil penumpang, baik itu LCGC, city car atau SUV. Kantung berisi udara ini menahan agar tidak terjadi benturan langsung dengan dashboard mobil jika terjadi kecelakaan. Fitur yang satu ini sangat penting bagi keselamatan nyawa seseorang.

Saat ini semua mobil sudah dilengkapi dengan airbag, setidaknya di sisi pengemudi. Semakin banyak airbag yang disediakan, maka mobil tersebut semakin aman dikendarai.

Rem ABS, Fitur Keselamatan Untuk Mencegah Mobil Melintir

Nggak Cuma Seatbelt dan Airbag, Ini Fitur Keselamatan Standar yang Harus Ada di Mobil Modern 03

Sehebat apapun kamu mengemudi, ada kalanya kamu menghadapi situasi harus mengerem mendadak. Nah, saat dalam kondisi panik sebagian pengemudi akan menginjak rem sekuat-kuatnya dengan harapan mobil lekas berhenti.

Sialnya, seluruh ban mobil sudah berhenti namun mobil terus bergerak maju atau melintir karena ban kehilangan traksi. Nah, fitur ABS ini berfungsi menjaga traksi ban sehingga kita masih bisa mengendalikan mobil.

Namun, fitur ABS kurang diperlukan oleh pengemudi dengan jam terbang tinggi. Mereka bisa memakai teknik memijak pedal rem berulang-ulang yang lebih dikenal dengan istilah awam “dikocok”. Cara ini sebenarnya sama seperti cara kerja rem ABS namun jedanya sedikit lebih lambat. 

Crumple Zone Fitur Keselamatan yang Meminimalisir Efek Benturan

Nggak Cuma Seatbelt dan Airbag, Ini Fitur Keselamatan Standar yang Harus Ada di Mobil Modern 04

Crumple zone adalah bagian kendaraan yang sengaja dibuat mudah remuk dan dibanding bagian lainnya. Bagian ini sengaja dibuat rentan hancur agar dapat meredam energi kinetik atau menyerap seluruh gaya yang timbul akibat benturan saat tabrakan. 

Karena sudah lebih dulu diserap oleh crumple zone, efek energi benturan tidak sampai mengalir ke rangka kabin. Dengan demikian, kondisi bagian kabin penumpang bisa lebih aman.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil