window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Penyebab Setir Mobil Terasa Berat, Dari Power Steering Jadi Power Sepiring

Yongki Sanjaya · 28 Okt, 2021 13:30

Penyebab Setir Mobil Terasa Berat, Dari Power Steering Jadi Power Sepiring 01

Mobil penumpang umumnya telah dilengkapi dengan fitur power steering baik itu hidrolik atau elektrik. Kalau tidak ada power steering, putaran setir terasa berat dan bakal menguras energi saat kita memutarnya. Saat terasa berat, kita harus tahu apa penyebab ketidakberesan pada power stering di mobil kita.

Sebagian dari kita mungkin bingung kalau setir mobil terasa lebih berat dari biasanya. Hal ini tentunya sangat mengganggu kenyamanan ketika berkendara.

Oleh karena itu, jika mengalami setir mobil terasa berat, ada baiknya langsung periksa seluruh komponen yang berhungan dengan kemudi serta kaki-kaki kendaraan secara menyeluruh. Berikut ini beragam penyebab setir mobil terasa berat. Bikin power steering jadi power sepiring karena butuh tenaga besar buat nyetir. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ban Kempes Bikin Setir Berat, Kadang Narik Sebelah

Penyebab Setir Mobil Terasa Berat, Dari Power Steering Jadi Power Sepiring 01

Hal yang sering terjadi dan tak disadari oleh pemilik mobil saat setirnya berat yaitu karena ban kurang angin. Kadang, kurang angin ini kondisinya kempes sebelah. Ketika ban kurang angin atau pun kempes tentu mempengaruhi kinerja power steering jadi terasa berat. 

Kalau kondisinya agak kempes sebelah, setir mobil terasa berat dan narik ke salah satu sisi dimana ban tersebut kempes. Untuk itu, periksa tekanan angin dalam ban secara berkala.

Apabila kurang angin, tambahkan angin sesuai dengan tekanan yang dianjurkan pabrikan. Pengecekan tekanan angin ban sebaiknya dilakukan setidaknya satu minggu sekali. 

Power Steering Belt Getas, Bikin Putaran Setir Tidak Lincah

Penyebab Setir Mobil Terasa Berat, Dari Power Steering Jadi Power Sepiring 02

Penyebab lain setir mobil terasa berat dan kurang lincah salah satunya berasal dari steering belt yang sudah getas. Fungsi utama belt ialah untuk memutar pompa oli, agar dapat menghasilkan tekanan hidrolik. 

Kalau sudah getas, membuat permukaan pulley atau v belt menjadi lebih licin, alias tidak ngegigit. Kondisi getas bila dibiarkan bisa membuat v belt power steering putus. 

Saat komponen ini mengalami masalah misalnya putus, maka otomatis pompa oli power steering tidak dapat memutar pulley. Bila sudah begini, setir akan terasa lebih berat saat kondisi normal. 

Pompa Oli Power Steering Mampet dan Lemah, Bikin Putaran Setir Jadi Berat

Penyebab Setir Mobil Terasa Berat, Dari Power Steering Jadi Power Sepiring 03

Masih seputar sistem power stering hidrolik, penyebab lainnya yang bikin setir jadi berat yaitu Pompa Oli Power Steering yang mampet. Sumbatan pada pompa terjadi karena oli jarang diganti sehingga kotor. Bisa juga pemilik mobil menggunakan oli yang tidak sesuai rekomendasi.

Jika pompa oli tidak bekerja maksimal, dapat menghambat sirkulasi oli power steering. Hal ini dapat mengakibatkan tekanan hidrolik oli ke power steering rack jadi berkurang, sehingga beban setir jadi semakin berat.  

Masih seputar pompa power steering, jika kamu menemukan pompa power steering mengalami kondisi tekanannya lemah sebaiknya harus mengganti pompa dengan yang baru. Jangan menggunakan pompa yang bekas, karena akan sangat berisiko soal keawetan komponen.

Oli Power Steering Berkurang Banyak, Bikin Power Steering Jadi Power Sepiring

Penyebab Setir Mobil Terasa Berat, Dari Power Steering Jadi Power Sepiring 04

Jangan sepelekan kondisi oli power steering, karena bila berkurang apalagi sampai habis bikin setir berat. Kalau begini, makan jadi nambah sepiring untuk asupan tenaga ekstra memutar setir mobil. 

Sebaiknya pemilik mobil lakukan pengecekan pada bagian tabun reservoir oli di dalam ruang mesin. Apabila volume oli berkurang dari takaran semestinya, periksa jalur pompa oli karena dikhawatirkan terjadi bocor atau rembes. Tidak cuma itu, lambat laun oli biasanya akan mengalami degradasi akibat masa pakai. 

Cara mengatasi oli power steering kurang atau lewat masa penggantian bisa dilakukan dengan mengecek kualitas dari cairan pelumasnya. Apabila kondisinya sudah hitam, maka segeralah ganti dengan yang baru. 

Jika warnanya masih merah, maka harus menjaga volumenya senantiasa di batas maksimum. Pada umumnya, pergantian oli power steering dilakukan antara 25.000 sampai 30.000 Km.

Setelan Front Wheel Alignment atau FWA yang Kurang Tepat

Penyebab Setir Mobil Terasa Berat, Dari Power Steering Jadi Power Sepiring 05

Bagian roda depan tidak semuanya diset pada sudut 0 derajat, dan ada yang sudut chambernya sedikit miring. Pabrikan tentu sudah memperhitungkan sudut FWA ini secara presisi supaya membuat pengendalian setir tetap nyaman dan grip ban ke aspal tetap maksimal.

Apabila mobil terus dipakai, maka FWA akan berubah. Salah satu cirinya yaitu setir jadi terasa berat sebelah. Kalau sudah begini kamu perlu melakukan spooring dan balancing untuk mengatur ulang sudut roda depan dan menyeimbangkan roda mobil. 

Kesimpulan

Setir berat ini jelas mengganggu kenyamanan berkendara, karena membuat pengemudi harus mengeluarkan tenaga ekstra saat memutar setir. Saat kita mengalami hal tersebut, kita harus memeriksa satu persatu bagian kaki-kaki depan hingga bagian setir.

Saat mendapati kondisi setir mobil semakin lama semakin berat, jangan dibiarkan karena bisa saja jadi pertanda masalah di kaki-kaki. Jadi, segeralah periksa ke bengkel langganan saat mendapati kondisi itu. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil