window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Resmi Diperkenalkan di Indonesia, Spesifikasi BYD Seal Bikin Hyundai Ioniq 6 Jadi Terlihat Ketinggalan

Enda · 18 Jan, 2024 14:01

Spesifikasi BYD Seal

Sebagai pendatang baru di segmen mobil listrik, spesifikasi BYD Seal tidak bisa dipandang sebelah mata.   

Pabrikan otomotif asal Negeri Tiongkok yang fokus dalam industri Electric Vehicle (EV), Build Your Dreams (BYD) melalui PT BYD Motor Indonesia secara resmi memperkenalkan tiga produk andalannya di Tanah Air, yakni; BYD Atto 3, BYD Dolphin, dan BYD Seal, Kamis (18/1).

BYD Seal sendiri merupakan mobil listrik berjeniskan sedan yang secara ukuran mirip Toyota Camry dan Honda Accord dengan menempati segmen medium sedan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Di Indonesia, Seal berhadapan langsung dengan Hyundai Ioniq 6 yang sudah lebih dulu diluncurkan di ajang GIIAS 2023.

Hadir dalam tiga varian, yakni Dynamic RWD, Premium RWD dan juga Performance AWD, berikut spesifikasi BYD Seal.

Spesifikasi BYD Seal

Dimensi

Spesifikasi BYD Seal

Tampilan samping BYD Seal

Melihat data pada brosur, BYD Seal memiliki panjang keseluruhan mencapai 4.800 mm, lenar 1.975 mm dan tinggi 1.460 mm. Sedangkan untuk wheelbase mobil ini di angka 2.920 mm.

Hampir tiga meter untuk jarak sumbu rodanya mobil ini terbilang besar, dengan begitu menghasilkan ruang kabin yang luas.

Oh iya, untuk radius putar BYD Seal di angka 5,7 meter.

Dimensi BYD Seal
Keterangan BYD Seal
Panjang 4.800 mm
Lebar 1.875 mm
Tinggi 1.460 mm
Wheelbase 2.920 mm
Radius putar 5,7 meter

Baca juga: BYD Resmi Masuk Indonesia, 3 Mobil Listrik Jadi Jagoannya

Eksterior

Spesifikasi BYD Seal

Tampilan depan BYD Seal

Pembuatan BYD Seal terinspirasi dari keindahan seni laut yang merupakan bagian dari BYD Ocean Series.

Pada fascia mobil ini mengusung konsep desain X, dengan garis pinggang yang mengesankan dan dinamis bertema “Ocean Aesthetics” yang sepenuhnya menggambarkan kombinasi performa dan gaya.

Dengan bentuk yang dimiliki membuatnya tampak begitu sporty sekaligus proposional.

Terlebih pada sistem pencahayaannya mobil ini disematkan lampu utama LED Double-U Floating yang didesain tipis dan rampng, serta dapat mengurangi hambatan udara dari depan.

Di balik kapnya, mobil ini memiliki ruang penyimpanan barang berkapasitas 50 liter yang bisa digunakan untuk menaruh barang bawaan dengan jumlah cukup besar.

Memadukan desain sporty dan juga futuristik, dipadukan velg 19 inci two-tone model kipas.

Melihat daripada bagian atapnya, BYD Seal disematkan kaca panoramik berukuran besar yang dilapisi perak.

Berfungsi untuk meningkatkan visibilitas berkendara, kaca panoramiknya diklaim dapat menolak panas lebih baik.

Spesifikasi BYD Seal

Tampilan belakang BYD Seal

Untuk tampilan belakang, mobil ini disematkan stoplamp LED yang dibuat menyatu antara sisi kanan dan kiri dengan garnish di tengah.

BYD Seal pun memiliki bentuk tajam dan tegas pada bumper yang mempertegas kesan sporty pada mobil ini.

Selain di kap depan, pada bagasi mobil ini memiliki ruang penyimpanan barang berkapasitas 400 liter yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai barang bawaan dengan jumlah cukup banyak.

Interior

Spesifikasi BYD Seal

Interior BYD Seal

Interior BYD Seal mengusung konsep “Ocean Smart Comfy Cabin” dengan menyuguhkan nuansa mewah dan sporty, yang juga menampilkan kesan dinamis.

Center clusternya telah dilengkapi layar sentuh multimedia 15,6 inci dengan fungsi rotasi untuk yang mendukung resolusi tinggi serta konektivitas CarPlay serta Android Auto10.

Menariknya, untuk menjalankan fitur pada sistem hiburannya mobil ini bisa dilakukan melalui perintah suara.

Fitur hiburan dilengkapi dengan speaker HIFI Dynaudio yang berkelas berjumlahkan 12 yang menghasilkan kualitas suara tingkat atas.

Guna menampilkan beragam informasi seputar kendaraan, mobil ini disematkan meter cluster TFT LCD 10,25 inci yang dipadukan Windshield Head-Up Display (W-HUD), yang memproyeksikan informasi langsung ke kaca depan.

Teknologi ini terdapat varian Premium RWD dan Performance AWD yang dapat memberikan kemudahan dalam berkendara, terutama untuk melihat informasi penting saat berkendara.

Tak hanya itu, mulai dari tipe Dynamic untuk jok pengemudi dilengkapi pengaturam elektrik ke 8 arah, sedangkan kursi penumpang dapat diatur secara elektrik ke 6 arah, serta memiliki sistem ventilasi. 

Sedangkan sistem pemanas kursi tersedia untuk model Premium & AWD Performance yang joknya dilapisi kulit Courtesy.

Guna memberikan kenyamanan secara lebih, pada sisi pengemudi mendapatkan penyangga pinggang empat arah dan memory seat yang dapat menyesuaikan posisi duduk ideal.

Bicara jok baris kedua, mobil ini menganut pelipatan kursi 60:40 yang mana dapat memaksimalkan ruang ketika membawa barang dengan jumlah banyak.

Untuk fitur lainnya mobil ini telah tersematkan 2 wireless phone charging holders serta PM2.5 filter system, yang dapat menjaga kualitas udara di dalam kabin agar tetap segar.

Baca juga: Ini Pilihan Mobil Listrik BYD Yang Siap Tantang Wuling Binguo EV Hingga Hyundai Ioniq 6 di Indonesia

Fitur Keselamatan BYD Seal

Spesifikasi BYD Seal

BYD Seal dilengkapi ADAS

BYD Seal berhasil meraih 5 bintang sekaligus dalam uji tabrak yang dilakukan Euro NCAP.

Sistem keselamatan yang dimiliki mulai dari sistem keamanan baterai, blade battery, airbag, ADAS, dan kamera 360.

Untuk jumlah airbag yang dimiliki sebanyak 9 buah, sistem pengingat sabuk pengaman depan dan belakang, Traction Control System (TCS), Anti-lock Braking System (ABS), Brake Force Distribution Control System (EBD), Hill Hold Control (HHC) dan Automatic Vehicle Holding (AVH).

Sedangkan untuk fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang ada pada mobil ini mencakup; Predictive collision warning system (PCW), Automatic emergency braking system (AEB), Blind spot warning system (BSD), System to warn of objects moving when opening the door (DOW), System to assist when cars pass in blind spots while reversing (RCTA-B), dan Front Crossing Assistance (FCTA) system.

Ada pula, Traffic Sign Recognition (TSR) system, Adaptive cruise control (ACC) system, Intelligent Cruise Control (ICC),Automatic high beam assist (HMA) system, serta Fatigue driving warning system (DAW).

Baterai BYD Seal

Spesifikasi BYD Seal

Baterai BYD Seal diletakan di dasa kabin

BYD Seal dibenamkan BYD e-Platform 3.0 yang dirancang khusus untuk kendaraan listrik murni.

Penggunaan e-Platform 3.0 sendiri dapat meningkatkan efisiensi penggunaan baterai.

Dibangun dari Blade Battery yang merupakan inovasi milik BYD, varian Dynamic atau model entry-levelnya dibekali baterai 61,44 kWh, sedangkan Premium dan Performance memiliki kapasitas baterai 82,56 kWh.

Berdasarkan jarak tempuh menurut baterai yang digunakan, tipe Dynamic dapat menggerakan mobil sejauh 510 kilometer dalam kondisi baterai terisi penuh.

Untuk tipe Premium jarak tempuhnya sejauh 650 kilometer, dan performance 580 kilometer berdasarkan hasil tes WLTP.

Sebagai informasi, semua varian BYD Seal mendukung pengisian daya cepat DC bertegangan 150 kW, serta 11 kW AC (3 phase).

Dengan memanfaatkan pengisian daya cepat DC, untuk mendapatkan kondisi baterai dari 30% hingga 80% memerlukan 26 menit.

BYD Seal juga didukung sistem V2L yan berfngsi untuk menghidupkan berbagai perangkat elektronik saat melakukan aktifitas di luar rumah.

Performa BYD Seal

Spesifikasi BYD Seal

Tenaga BYD Seal tembus 530 PS 

BYD Seal Performance AWD dipadukan dua motor listrik yang dapat menggerakan semua roda dengan menghasilkan tenaga sebesar 530 PS dan torsi 670 Nm.

Sebagai tipe tengah, BYD Seal Premium mengandalkan motor listrik tunggal yang diletakan di belakang dengan perolehan tenaga maksimal 313 PS, serta torsi maksimal 360 Nm.

Kemudian untuk tipe terendahnya BYD Seal Dynamic menggunakan motor listrik tunggal yang diletakan di belakang dengan perolehan tenaga 204 PS dan torsi maksimal 310 Nm.

Performa BYD Seal
Keterangan Dynamic RWD Premium RWD Performance AWD
Sistem penggerak RWD RWD AWD
Tenaga (PS) 204 313 530
Torsi (Nm) 310 360 670
Daya baterai (kW) 61,44 82,56 82,56
Jarak tempuh (kilometer) 510 650 580
0-100 Km (detik)  7,5 5,9 3,8

Baca juga: Penjualan Mobil Listrik di Thailand Selama 2023 Naik 6x Lipat, BYD Jadi yang Terlaris 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Seal Dynamic 510 km

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia