window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Adu Spesifikasi BYD Seal Vs Hyundai Ioniq 6, Pemain Baru Bisa Lebih Unggul

Enda · 19 Jan, 2024 14:01

BYD Seal Vs Hyundai Ioniq 6

Melihat data spesifikasi BYD Seal vs Hyundai Ioniq 6, ternyata BYD lebih unggul dibanding rivalnya yang sudah hadir lebih dulu.

Ya, mobil listrik Hyundai Ioniq 6 kedatangan pesaing terbarunya asal Negeri Tiongkok, yakni BYD Seal.

Sebagai kendaraan ramah lingkungan, secara penampilan BYD Seal memiliki bentuk yang tak kalah menarik dengan pesaing terdekatnya tersebut.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Untuk pasar Tanah Air BYD Seal ditawarkan dalam tiga varian, yaitu; Dynamic RWD, Premium RWD dan juga Performance AWD.

Bicara Ioniq 6, mobil listrik asal Negeri Gingseng itu di Indonesia hanya memiliki satu varian, yakni All-Wheel Drive (AWD).

Supaya sepadan, berikut komparasi spesifikasi BYD Seal vs Hyundai Ioniq 6 AWD.

Dimensi BYD Seal Vs Hyundai Ioniq 6 AWD

BYD Seal

Tampilan samping BYD Seal

BYD Seal memiliki panjang keseluruhan 4.800 mm, lebar 1.875 mm dan inggi 1.460 mm serta jarak sumbu roda 2.920 mm.

Bila dibandingkan dengan pesaing terdekatnya, secara dimensi Seal sedikit lebih kecil.

Seperti diketahui Ioniq 6 untuk panjang mencapai 4.855 mm, lebar 1.880 mm serta tinggi 1.495 mm dan wheelbase 2.950 mm.

Dimensi
Keterangan BYD Seal Hyundai Ioniq 6
Panjang 4.800 mm 4.855 mm
Lebar 1.875 mm 1.880 mm
Tinggi 1.460 mm 1.495 mm
Wheelbase 2.920 mm 2.950 mm

Baca juga: Resmi Diperkenalkan di Indonesia, Spesifikasi BYD Seal Bikin Hyundai Ioniq 6 Jadi Terlihat Ketinggalan

Hyundai Ioniq 6 Gunakan Velg Lebih Besar

Hyundai Ioniq 6

Velg 20 inci Hyundai Ioniq 6

Bicara mengenai desain eksterior, keduanya sama-sama mengusung desain yang futuristik, aerodinamis dan juga sporty.

Baik Seal maupun Ioniq 6 juga tersematkan panoramic sunroof dengan ukuran besar yang dapat meningkatkan visibilitas sekaligus gaya berkendara.

BYD Seal

BYD Seal

Eksterior BYD Seal

Mengusung konsep desain X, BYD Seal memiliki garis pinggang yang mengesankan dan dinamis bertema “Ocean Aesthetics” yang sepenuhnya menggambarkan kombinasi performa dan gaya.

Dengan bentuk yang dimiliki membuatnya tampak begitu sporty sekaligus proposional.

Terlebih pada sistem pencahayaannya mobil ini disematkan lampu utama LED Double-U Floating yang didesain tipis dan rampng, serta dapat mengurangi hambatan udara dari depan.

Memadukan desain sporty dan juga futuristik, dipadukan velg 19 inci two-tone model kipas.

Bentuk belakangnya mobil ini disematkan stoplamp LED yang dibuat menyatu antara sisi kanan dan kiri dengan garnish di tengah.

Tak hanya itu, mobil ini memiliki bentuk tajam dan tegas pada bumper yang mempertegas kesan sporty.

Hyundai Ioniq 6

Hyundai Ioniq 6

Eksterior Hyundai Ioniq 6

Hyundai Ioniq 6 hadir dengan mengusung konsep Electrified Streamliner yang menawarkan desain eksterior yang sleek dan futuristis. 

Ioniq 6 merupakan model kendaraan Hyundai dengan drag coefficient terendah, yaitu 0,21, yang menjadikannya sebagai salah satu BEV paling aerodinamis saat ini.

Kesan mewah dan futuristis mobil ini ditampilkan dari penggunaan desain lighting Parametric Pixels di lampu depan dan lampu belakang serta Parametric Pixel High-Mounted Stop Lamp pada rear spoiler.

Hyundai meneruskan komitmen berkelanjutan dengan menggabungkan fungsionalitas dan estetika dari Hyundai IONIQ 6 ke dalam aplikasi interior, khususnya dalam melakukan pewarnaan pada kendaraan. Pigment paint untuk body cladding IONIQ 6 dibuat dari sampah ban yang didaur ulang. 

Tampil stylish, Ioniq 6 didukung dengan penggunaan velg alloy berukuran 20 inci.

Fitur BYD Seal Lebih Komplit dari Hyundai Ioniq 6?

BYD Seal

BYD Seal

Interior BYD Seal

BYD Seal mengusung konsep “Ocean Smart Comfy Cabin” pada bagian interiornya dengan memanfaatkan BYD e-Platform 3.0 yang dirancang khusus untuk kendaraan listrik murni.

Dengan konsep yang diusungnya, Seal menyuguhkan nuansa mewah, dinamis, sporty dan juga lapang.

Seperti yang bisa dilihat pada center clusternya, mobil ini telah dilengkapi layar sentuh multimedia 15,6 inci dengan fungsi rotasi yang terasa begitu ergonomis guna menyesuaikan kebutuhan.

Tak hanya itu, head unitnya mendukung resolusi tinggi serta konektivitas CarPlay serta Android Auto10.

Selain itu pula untuk menjalankan fitur pada sistem hiburannya mobil ini bisa dilakukan melalui perintah suara.

Oh iya, fitur hiburan dilengkapi dengan speaker HIFI Dynaudio yang berkelas berjumlahkan 12 yang menghasilkan kualitas suara tingkat atas.

Guna menampilkan beragam informasi seputar kendaraan, mobil ini disematkan meter cluster TFT LCD 10,25 inci yang dipadukan Windshield Head-Up Display (W-HUD), yang memproyeksikan informasi langsung ke kaca depan.

Melihat fitur lainnya, mobil ini untuk jok pengemudi dibekali pengaturan elektrik ke 8 arah, sedangkan kursi penumpang dapat diatur secara elektrik ke 6 arah, serta memiliki sistem ventilasi. 

Ada pula sistem pemanas kursi dengan jok yang sudah dilapisi kulit Courtesy.

Guna memberikan kenyamanan secara lebih, pada sisi pengemudi mendapatkan penyangga pinggang empat arah dan memory seat yang dapat menyesuaikan posisi duduk ideal.

Bergeser ke jok belakang, tempat duduk pada baris keduanya menganut pelipatan kursi 60:40, yang mana dapat memaksimalkan ruang ketika membawa barang dengan jumlah banyak.

Untuk fitur lainnya mobil ini telah tersematkan 2 wireless phone charging holders serta PM2.5 filter system, yang dapat menjaga kualitas udara di dalam kabin agar tetap segar.

Dari segi keselamatan BYD Seal berhasil meraih 5 bintang sekaligus dalam uji tabrak yang dilakukan Euro NCAP.

Sistem keselamatan yang dimiliki mulai dari sistem keamanan baterai, blade battery, airbag, ADAS, dan kamera 360.

Untuk jumlah airbag yang dimiliki sebanyak 9 buah, sistem pengingat sabuk pengaman depan dan belakang, Traction Control System (TCS), Anti-lock Braking System (ABS), Brake Force Distribution Control System (EBD), Hill Hold Control (HHC) dan Automatic Vehicle Holding (AVH).

Sedangkan untuk fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang ada pada mobil ini mencakup; Predictive collision warning system (PCW), Automatic emergency braking system (AEB), Blind spot warning system (BSD), System to warn of objects moving when opening the door (DOW), System to assist when cars pass in blind spots while reversing (RCTA-B), dan Front Crossing Assistance (FCTA) system.

Ada pula, Traffic Sign Recognition (TSR) system, Adaptive cruise control (ACC) system, Intelligent Cruise Control (ICC),Automatic high beam assist (HMA) system, serta Fatigue driving warning system (DAW).

Baca juga: Perbandingan Spesifikasi BYD Atto 3 vs Chery Omoda E5, Rekan Senegara Siapa Lebih Hebat?

Hyundai Ioniq 6

Hyundai Ioniq 6

Interior Hyundai Ioniq 6

Hyundai Ioniq 6 mengusung platform E-GMP untuk memberikan kenyamanan maksimal di dalam kendaraan.

Terinspirasi dari bentuk kepompong (cocoon), mobil ini terasa luas berkat legroom yang lega dan lantai mobil yang sepenuhnya rata.

Adapun interior mulai dari baris depan mobil ini dilengkapi bridge-style open console yang bisa diatur untuk meletakkan perangkat atau menyimpan barang keperluan. 

Tak hanya itu, mobil ini juga terdapat glove box sebagai ruang penyimpanan yang efisien.

Di baris depan, untuk jok mobil ini memperoleh fitur Relaxation Comfort Seat di mana posisi bantalan kursi, sandaran kursi, dan penyangga kaki bisa diatur sesuai keinginan.

Selain itu juga kursi pengemudi dan kursi penumpang depan telah dilengkapi dengan pengaturan elektrik 10 arah, lumbar support, memory function, serta pendingin dan pemanas kursi.

Tampil elegan sekaligus nyaman, mobil ini memiliki Dual Color Ambient Lighting yang mana warna nya dapat disesuaikan dengan mood pengguna.

Dari segi hiburan mobil ini dibekali head unit layar sentuh berukuran 12,3 inci yang dibuat menyatu dengan meter clusternya, yang memiliki ukuran sama.

Sistem hiburannya sendiri mendukung beragam konektivitas yang ditawarkan dengan menghadirkan pengalaman hiburan secara immersive. 

Untuk audio mobil ini menggunakan 8 speaker BOSE Premium Audio System dengan External Amplifier yang dapat menghasilkan suara tingkat atas.

Pusat informasi berkendara Supervision Digital Cluster yang digunakan dipadukan Head-up Display, sehingga dapat menampilkan informasi berkendara lebih impresif.

Sebagai keselamatan berkendara, Ioniq 6 berhasil disematkan 6 airbag,Electronic Stability Control (ESC), Hill-start Assist Control (HAC), Multi Collision-avoidance Brake (MCB), Traction Control System (TCS), Vehicle Stability Management (VSM), Manual Speed Limit Assist (MSLA), Parking Distance Warning - 6 sensors Front & Rear with Guidance Display, serta Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Ada pula fitur Hyundai SmartSense bagian dari ADAS yang mencakup; Intelligent Front-lighting System (IFS), Forward Collision-Avoidance Assist 2 (FCA 2), lind-Spot Collision-avoidance Assist (BCA), Blind-Spot View Monitor (BVM), Driver Attention Warning (DAW) yang meliputi Leading Vehicle Departure Alert, Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist - Line/Road-Edge (LKA-L/R), Parking Collision-avoidance Assist-Reverse (PCA-R), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Rear Occupant Alert (ROA), Safe Exit Warning (SEW), Smart Cruise Control (SCC) with Stop & Go Function, dan Surround View Monitor (SVM). 

Jarak Tempuh BYD Seal Lebih Jauh Ketimbang Hyundai Ioniq 6

BYD Seal

Jarak tempuh BYD Seal Performance hingga 580 km

Dibangun dari Blade Battery yang merupakan inovasi milik BYD, BYD Seal Performance AWD berbekal baterai dengan kapasitas 82,56 kWh.

Berdasarkan hasil tes Worldwide Harmonized Light Vehicle Test Procedure (WLTP), jarak tempuhnya mobil listrik ini mencapai 580 kilometer.

Mendukung pengisian daya cepat DC bertegangan 150 kW, serta 11 kW AC (3 phase), dengan memanfaatkan pengisian daya cepat DC untuk mendapatkan kondisi baterai dari 30% hingga 80% memerlukan 26 menit.

Lantas bagaimana dengan Hyundai Ioniq 6? Menurut spesifikasi mobil ini dibekali baterai berkapasitas 77,4 kWh.

Untuk jarak tempuh yang dihasilkan, pengujian yang dilakukan WLTP mobil ini sanggup berjalan hingga 519 kilometer.  

Menggunakan metode pengisian DC cultra fast charging bertegangan 350 kW, untuk lama waktu pengecasan Ioniq 6 hanya butuh 18 menit dari kondisi 10% hingga 80%.

BYD Seal maupun Hyundai Ioniq 6 didukung sistem V2L yan berfungsi untuk menghidupkan berbagai perangkat elektronik saat melakukan aktifitas di luar rumah. 

Baterai
Keterangan BYD Seal Hyundai Ioniq 6
Kapasitas daya baterai 82,56 kWh 77,4 kWh
Jarak tempuh (WLTP) 580 Km 519 Km
Pengisian daya cepat 150 kW 350 kW
Lama waktu pengecasan 30-80% 26 menit 10-80% 18 menit

Performa BYD Seal Lebih Unggul Dibandingkan Hyundai Ioniq 6, 0-100 Km/jam Cuma 3.8 Detik!

BYD Seal

0-100 km/jam BYD Seal Preformance hanya 3,8 detik

BYD Seal Performance AWD dipadukan dua motor listrik yang dapat menggerakan semua roda dengan menghasilkan tenaga sebesar 530 PS dan torsi 670 Nm.

Dengan tenaga yang diperolehnya catatan waktu 0-100 km/jam nya mobil ini hanya butuh 3,8 detik.

Dibekali dua motor listrik, Ioniq 6 menghasilkan tenaga 239 kW (326 PS) serta torsi 650 Nm yang selanjutnya diteruskan ke semua roda.

Untuk akselerasi 0 sampai dengan 100 km/jam hanya butuh waktu 5,1 detik.

Performa
Keterangan BYD Seal Hyundai Ioniq 6
Sistem penggerak AWD AWD
Tenaga (PS) 530 326
Torsi (Nm) 670 650
0-100 Km (detik)  3,8 5,1

Baca juga: BYD Dolphin vs Neta V, Siapa yang Paling Menarik?

Kesimpulan

Perbandingan spesifikasi BYD Seal vs Hyundai Ioniq 6 sepertinya dimenangkan oleh BYD.

Seal tipe tertinggi punya daya motor listrik yang lebih besar dan kemampuan jelajah baterai yang lebih jauh ketimbang Ioniq 6.

Sekarang tinggal perihal harga, apakah BYD bisa lebih murah daripada Hyundai?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Hyundai Ioniq 6 Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia