window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tips Pilih Cover Mobil, Buat Kamu yang Sering Parkir Outdoor di Lapangan

Yongki Sanjaya · 3 Nov, 2021 16:00

Tips Pilih Cover Mobil, Buat Kamu yang Sering Parkir Outdoor di Lapangan 01

Keterbatasan lahan parkir terutama di kota besar menuntut sebagian pemilik mobil terpaksa memarkir mobilnya di lapangan parkir umum. Kondisi parkir di lahan terbuka akan sangat berpengaruh terhadap kondisi bodi mobil. Supaya cat dan bodi mobil tidak lekas kusam, berikut ini tips memilih cover mobil yang tepat untuk mobil kesayangan. 

Saat parkir di lahan terbuka, mobil terpaksa harus diparkirkan dengan kondisi terpapar cuaca yang ekstrem dan juga mudah terkena debu dan kotoran burung. Penggunaan sarung atau cover mobil akan sangat bermanfaat supaya body mobil tetap bersih.

Di pasaran cukup banyak tersedia cover mobil dari berbagai jenis bahan. Mulai dari parasut tipis, parasut tebal yang anti air, atau cover mobil sederhana yang cuma ditutup pakai terpal tenda. Kualitas cover mobil biasanya berbanding lurus dengan harganya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Semakin bagus bahan yang digunakan biasanya makin mahal harga cover mobil tersebut. Untuk itu, kita harus pintar memilah dan memilih seperti apa bahan cover mobil yang tepat dengan harga yang terjangkau.

Pilih Penjual yang Menawarkan Cover Sesuai Ukuran Mobil

Tips Pilih Cover Mobil, Buat Kamu yang Sering Parkir Outdoor di Lapangan 01

Cover mobil yang bagus tentunya harus proporsional dengan ukuran mobil yang diselimutinya. Kalau pakai cover universal, kadang ukurannya kekecilan atau kegedean. Kalau kegedean, ada potensi cover gampang terbuka saat ada angin kencang. 

Pilihlah cover mobil yang ukurannya sesuai dengan mobil kalian. Pemilihan cover mobil dengan ukuran yang terlalu kecil juga akan menimbulkan masalah.

Sebab, tidak akan membuat bodi mobil Anda tertutup sempurna. Biasanya pada sisi bawah mobil agak terbuka, sehingga dampaknya jika hujan, bodi bisa terkena cipratan air hujan atau debu.

Pilih Bahan Cover Mobil yang Mudah Kering

Tips Pilih Cover Mobil, Buat Kamu yang Sering Parkir Outdoor di Lapangan 02

Adanya sarung akan melindungi mobil dari percikan air hujan yang bisa merusak bodi mobil Anda. Hal terpenting dari sebuah sarung mobil yakni bahannya yang kuat dan juga melindungi dari guyuran hujan. 

Kamu akan menggunakan sarung tersebut selama berhari-hari untuk menutup mobil. Tak jarang, mobil kehujanan sehingga membuat covernya basah kuyup. 

Ada baiknya agar sesekali membuka dan mengeringkannya. Cover yang gampang kering akan menjaga kualitas dari cat mobil dari sisa bercak air. Pasalnya, bodi mobil dapat terhindar dari jamur sisa air hujan yang menempel. 

Banyak penjual cover mobil yang menawarkan bahan semi waterproof. Artinya, air masih bisa merembes kr dalam kalau misalnya diguyur hujan deras. Namun, bahan cover ini seperti penyaring sehingga air yang merembes tak kotor. Apabila cuaca panas, sisa air yang merembes ke dalam body mobil bisa lekas menguap dan kering.

Beda Lokasi Parkir, Beda Bahan Cover Mobil yang Digunakan

Tips Pilih Cover Mobil, Buat Kamu yang Sering Parkir Outdoor di Lapangan 03

Jika kamu sering memarkirkan mobil di lapangan atau tempat terbuka, sebaiknya memilih cover mobil dengan bahan taslan dan PVC karena lebih tahan air.

Dikutip dari laman Tunas Toyota, cover mobil outdoor minimal harus tahan air 85% dan juga tahan panas. Dengan demikian, tidak meninggalkan bekas noda luntur dari bahan cover itu sendiri atau bahkan meleleh terkena panas yang akan merusak body mobil. 

Sementara itu, jika kamu lebih sering memarkirkan mobil di dalam garasi indoor, sebaiknya pilih cover mobil berbahan fabric. Bahan kain memperlancar sirkulasi udara dan menghindari kelembaban pada mobil. Kelemahan dari cover ini yaitu harganya yang cenderung mahal.

Pilih Bahan Cover Mobil yang Tidak Luntur

Tips Pilih Cover Mobil, Buat Kamu yang Sering Parkir Outdoor di Lapangan 04

Tidak hanya jenis bahan, warna cover juga kerap kali menjadi pertimbangan orang dalam memilih sarung mobil. Sayangnya, material cover yang kurang bagus membuat warna yang kita pilih tidak jarang ada yang luntur dan mengenai bodi mobil. Jika sudah begini, Anda akan mengalami kerepotan karena akan meninggalkan bercak warna di body.

Cover Mobil yang Bagus, Ada Tali Pengencangnya

Cover mobil yang bagus adalah biasanya memiliki tali pengencang, seperti strap atau belt. Dengan begitu, kalian tidak perlu khawatir lagi cover mobil mendadak terlepas saat tertiup angin kencang. Adanya tali strap atau belt itu sendiri akan membuat cover mobil terikat kuat.

Cara Gampang Untuk Pemakaian dan Perawatan Cover Mobil

Tips Pilih Cover Mobil, Buat Kamu yang Sering Parkir Outdoor di Lapangan 05

Meskipun demikian, kamu juga perlu memperhatikan kebersihan cover mobil berbahan taslan atau PVC. Tidak jarang, ada embun atau sisa air hujan yang tak segera kering pada bagian dalam sarung mobil. Jika hal tersebut terjadi, segera lepaskan dan keringkan sarung mobil agar tidak muncul bercak-bercak jamur pada cat mobil.

Cover mobil juga perlu dicuci kalau misalnya sudah terlalu kotor, misalnya terkena bercak tanah atau kotoran hewan. Cara mencucinya bisa memakai mesin cuci seperti mencuci kain biasa, atau bawa ke laundry bila ogah repot dengan ukurannya yang besar. 

Hal yang menjadi pengalaman kami, cover berbahan tersebut pada sisi luarnya berbahan agak kasar, yang tak jarang gesekan-gesekan antara cover dengan bodi. Karena bahannya tersebut berpotensi membuat goresan halus di body mobil, sehingga harus sedikit hati-hati saat memasangnya. 

Pilih cover mobil yang kualitasnya baik biasanya memakai bahan dua lapis, dimana bahan bagian dalam yang telah melalui proses brushed atau proses sejenis lainnya. Tujuannya supaya membuat permukaan bagian dalamnya yang bersinggungan dengan body mobil menjadi sangat halus sehingga tidak menggores cat.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil