window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

UD Trucks Quester Euro5 Masih Bisa Tenggak BioSolar Namun Tetap Irit BBM

Enda · 8 Des, 2023 09:01

UD Trucks Quester Euro5

UD Trucks Quester Euro5 diluncurkan di Tanah Air pada Maret 2022, atau sebulan sebelum pemerintah Indonesia menerapkan regulasi standar emisi Euro4 untuk kendaraan baru bermesin diesel. 

Selangkah lebih unggul dari para kompetitor terdekatnya yang menerapkan standar emisi Euro4, UD Trucks Quester Euro5 memiliki beberapa keunggulan lain.

"UD Trucks Indonesia telah banyak berinovasi untuk memenuhi kebutuhan industri komersial di Indonesia, salah satunya adalah melalui fitur baru yang ditawarkan dalam Quester Euro5,” kata Toshihiko Odawara, Presiden Direktur UD Trucks Indonesia di Jakarta, Kamis (7/12/2023).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Untuk dapat memenuhi regulasi standar emisi Euro5, dikatakan Sales Development UD Trucks Indonesia, Ali Umar, UD Trucks menyematkan teknologi yang dinamakan Selective Catalytic Reduction (SCR).

UD Trucks Quester Euro5

Selective Catalytic Reduction (SCR)

Disebutkan Ali bahwa teknologi SCR terbukti mampu menurunkan kadar emisi gas buang NOx yang dikenal cukup berbahaya bagi lingkungan.

“Menurunkan kadar NOx yang keluar dari mesin, SCR menampung cairan urea atau AdBlue yang kemudian cara kerjanya menyemprotkan ke gas buang yang terpisah dari mesin utama,” ujar Ali kepada wartawan.

Ditambahkan Ali, cairan AdBlue yang dibuat secara terpisah dari sistem ruang bakar ini tidak akan mengganggu performa mesin.

Baca juga: Masuki 10 Tahun, UD Trucks Quester Kini Makin Pintar

UD Trucks Quester Euro5 Tetap Bisa Pakai BioSolar

UD Trucks Quester Euro5

Mesin Quester Euro5

Diketahui sebelumnya, UD Trucks Quester pertama kali masuk ke Indonesia sudah menerapkan standar emisi Euro3.

"Untuk mesin UD Trucks Quester Euro5 apabila tidak menggunakan cairan AdBlue maka keluar emisinya standar Euro3.

Tapi dengan adanya teknologi SCR dengan menyemprotkan AdBlue ke gas buang ini melakukan treatmen sehingga standar Euro5,” tambah Ali.

Lebih lanjut Ali menyampaikan, dengan begitu Quester Euro5 aman menggunakan solar dengan kandungan sulfur tinggi seperti biosolar.

"Seperti diketahui untuk kendaraan solar yang dipakai berniaga umumnya menggunakan biosolar. Biosolar sendiri memiliki kandungan sulfur tinggi.

UD Trucks Quester Euro5 tidak sensitif terhadap solar bersulfur tinggi dan tidak merusak mesin. Beda dengan truck yang memiliki standar emisi Euro4, yang lebih rentan rusak apabila terus menerus menggunakan bisolar, terlebih jarang melakukan penggantian filter atau service,” jabarnya.  

Baca juga: Puluhan Unit UD Trucks Quester Euro 5 Diborong Tunas Rent dan BSA Logistics

Konsumsi BBM Lebih Irit dari Pesaingnya

UD Trucks Quester Euro5

Quester Euro5

Disampaikan Ali, untuk konsumsi bahan bakar UD Trucks Quester Euro5 terbilang irit bila dibandingkan pesaingnya.

"Berdasarkan pengetesan internal, konsumsi bahan bakar UD Trucks Quester Euro5 berada di angka 3 km/liter. Kalau pesaingnya yang Euro4 di kisaran 2km/liter sampai 2,5 km/liter,” serunya.

Punya Berbagai Fitur Unggulan

UD Trucks Quester Euro5

Quester Euro5 dilengkapi AC

Fitur unggulan yang dimiliki Quester Euro5, truk ini menggunakan setir dengan tampilan 4 spoke yang terlihat modern sekaligus nyaman saat digenggam.

Bukan cuma itu, truk ini juga dibekali AC dengan beberapa tombol pengaturan yang dapat memberikan kenyamanan terhadap pengemudi selama berkendara.

Dari segi keselamatan berkendara, Quester Euro5 telah dibekali Ani-lock Braking System (ABS) pada sistem pengereman di beberapa modelnya.

Ada pula Hub Reduction sebagai fitur optional yang memudahkan pengemudi agar selalu mendapatkan traksi ketika membawa beban berat saat melewati jalan rusak atau licin.

Oh iya, truk ini juga disematkan fitur Driver Coaching System.

UD Trucks Quester Euro5

Metercluster Quester Euro5

“Fitur ini mengajarkan driver secara real life supaya mengemudi secara efisien yang informasinya ditampilkan melalui MID pada metercluster.

Sebagai contoh apabila pengemudi memakai gigi yang tidak pas, maka sistem menyuruh untuk pengemudi menurunkan gear atau menaikan RPM.

Nanti juga akan menampilkan skor mengemudi yang bisa menjadi penilaian perusahaan,” ucap Ali.

Disisi lain, Quester Euro5 mempunyai fleet manajemen system berupa GPS yang bisa memantau kendaraan dan kebiasaan perilaku mengemudi, yang bermanfaat bagi pemilik truk dan pengemudi.

Baca juga: Curi Start, UD Truck Luncurkan Quester dengan Standar Euro5

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil