window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Berkenalan Dengan Spacebar Quatro-P, Motor Listrik Lokal Nan Unik Seharga Rp 65 Juta

Sancez · 17 Jun, 2021 11:00

Pekan ini, produsen motor listrik asli Indonesia, Katalis Co. merilis varian terbaru dari motor andalannya yang berjuluk Spacebar Quatro-P. Motor tersebut merupakan edisi terbaru dari varian andalan Katalis Co. yakni Spacebar.

Berkenalan Dengan Spacebar Quatro-P, Motor Listrik Lokal Nan Unik Seharga Rp 65 Juta 01

Motor listrik Spacebar berukuran mini.

Jika dilihat sepintas, tampilan dan kepraktisan Spacebar Quatro-P mengingatkan kita akan sosok Honda Motocompo. Hal ini diwakili oleh dimensinya yang mungil.

Tengok saja ukuran totalnya yang memiliki panjang 1420 mm x lebar 200 mm x tinggi 1100 mm serta bobot hanya 60 kg. Agar ringkas kaki-kaki depan dan belakang sama-sama menggunakan ukuran roda 10 inci.

Baca juga : Ada Kubu Baru, Kymco Gandeng Felo dan Super Soco Bentuk Aliansi Motor Listrik

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Sisi kepraktisnya bisa ditengok dari sektor setangnya yang bisa dilipat. Inilah membuat motor tersebut makin ringkas dan dapat diangkut memakai mobil mungil sekalipun.

Berkenalan Dengan Spacebar Quatro-P, Motor Listrik Lokal Nan Unik Seharga Rp 65 Juta 01

Kepraktisan Spacebar Quatro-P mengingatkan pada sosok Honda Motocompo

Sementara bodi dan sasisnya dirancang dari bahan almunium 6061 yang dikenal kuat dan tahan karat. Bahan tersebut kerap ditemui di sepeda-sepeda jenis mountain bike bahkan road bike entry level saat ini.

Ini karena Honda Motocompo yang beredar di Jepang merupakan 'hadiah' dari pembelian Honda City hatchback di awal tahun 1980-an. Di Indonesia, Honda Motocompo masuk melalui beberapa importir dengan banderol yang terbilang gelap.

Baca juga : Catat! Mulai 2040, Indonesia hanya Jual Motor Listrik!

Kembali ke Spacebar Quatro-P, untuk sumber penggeraknya dipilih motor listrik. Bukan mesin bensin 50 cc seperti Honda Motocompo. Penggunaan motor listrik ini mengikuti tren ramah lingkungan yang kerap digaungkan pemerintah saat ini, yakni melalui PP Nomor 55 Tahun 2019.

Motor listrik tersebut berdaya 1.200 watt dan mampu mencapai kecepatan tertinggi 50 km/jam. Untuk peranti pendukungnya, terdapat baterai jenis Lithium 48 volt dengan daya jelajahnya 60 km. Cukup untuk membawa Spacebar Quatro-P sekadar berjalan di dalam komplek atau melakukan perjalanan dengan rute pendek.

Tampilan Ala Animasi Mecha Era 1980-an

Pemilihan warna dan grafis yang futuristis menjadi elemen menonjol pada Spacebar Quatro-P. Oleh Katalis, tampilan Spacebar Quatro-P terinspirasi oleh tampilan robot-robot mecha yang hadir di film animasi era 1980-an.

Berkenalan Dengan Spacebar Quatro-P, Motor Listrik Lokal Nan Unik Seharga Rp 65 Juta 02

Elemen grafisnya terinspirasi robot mecha di film animasi Jepang

Hal itu hadir dari dominasi warna merah, biru dan kuning. Elemen warna dan grafis pada varian ini disebut Katalis terinspirasi dari robot-robot raksasa nan canggih seperti Gundam, Patlabor dan Macross. Grafis tersebut hadir dengan tujuan memberikan nostalgia kepada pengendara akan kenangan manis masa kecil.

Baca juga : Subsidi Bakal Bikin Harga Motor Listrik Buatan India Semakin Murah, Indonesia Bagaimana?

Bekerja Sama Dengan Distro

Salah satu fakta unik dalam pengembangan Spacebar Quatro-P adalah Katalis Co. menggandeng distro Kamengski untuk urusan desain, khususnya dari model Spacebar.

Kolaborasi dua brand yang terkenal di dunia urban culture ini dirasa pas. Apalagi Kamengski dikenal dengan desain visualnya yang kerap menonjol.

Baca juga : Ford Dan BMW Investasi Baterai Motor Listrik Hingga Rp 1,8 Triliun, Ada Peluang Indonesia?

Menariknya, oleh Katalis Co. skuter Spacebar Quatro-P dikembangkan khusus untuk Pradhana Harsa sebagai konsumen pertama. Dari keterangan resminya, Chief Executive Officer Katalis, Gunanjar Barokah mengatakan jika Spacebar Quatro-P dirilis sebagai apresiasi tersebut.

"Ini kita lakukan sebagai bentuk komitmen Katalis untuk selalu memberikan yang terbaik bagi konsumen," katanya. Saat ini, Katalis memasarkan Spacebar yang dirilis awal 2021 dengan sistem pre-order. Harga jualnya Rp 65 juta per unit.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });